Perbedaan Makna Leksikal Dan Gramatikal

Perbedaan makna leksikal dan makna gramatikal adalah pokok pembahasan materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dijelaskan dengan lengkap pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Makna Leksikal dan Makna Gramatikal yang akan diuraikan yakni antara lain sebagai berikut :

1. Pengertian / makna Leksikal.
2. Contoh makna Leksikal.
3. Pengertian / makna Gramatikal.
4. Contoh makna Gramatikal.
5. Tabel perbedaan makna leksikal dan makna gramatikal.

Didalam suatu komunikasi, interaksi ataupun hubungan yang berkaitan dengan orang lain, kalian pasti menggunakan kata-kata dalam berkomunikasi/ berinteraksi. Dalam mengucapkan dan menggunakan suatu kata-kata, kalian harus menyesuaikan dengan makna atau arti yang terkandung didalam kata-kata yang kalian gunakan tersebut.

Pada bahasa indonesia, suatu kata bisa saja mendapatkan arti/ makna yang baru yang diakibatkan oleh suatu proses-proses tertentu yang telah terjadi didalam kata tersebut. Adapun berikut ini adalah pengertian, definisi, arti/ makna leksikal dan makna gramatikal yang ada didalam suatu kata. Simak dan perhatikan perbedaan makna leksikal dan gramatikal yang dijelaskan sebagai berikut :
Perbedaan Makna Leksikal Dan Gramatikal

Makna Leksikal

Makna leksikal adalah suatu makna yang sifatnya berdiri sendiri, dengan kata lain bahwa makna yang sifatnya telah tetap dan tidak terikat dengan kata-kata yang lainnya. Makna leksikal biasanya juga sering disebut dengan makna kamus.
Baca juga Pengertian, Contoh Kalimat Imperatif, Deklaratif Dan Interogatif
Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti/makna leksikal adalah makna yang asli dari suatu kata yang sifatnya berdiri sendiri (tetap) dan tidak terikat dengan kata-kata lain yang ada didalam bahasa indonesia.

Contoh makna leksikal

1. Pesawat (adalah suatu alat transportasi jalur udara).
2. Sekolah (adalah suatu tempat untuk belajar dan menuntut ilmu).
3. Rumah (adalah sebuah bangunan untuk tempat tinggal).
4. Minum (adalah suatu aktifitas memasukan air kedalam mulut).

Makna Gramatikal

Makna gramatikal adalah suatu makna yang sifatnya berubah-ubah yang menyesuaikan dengan konteks penggunanya, yang dikarenakan akibat terjadinya proses gramatikal terhadap kata-kata tersebut misalnya seperti peng-imbuhan, pe-majemukan dan pengulangan.
Baca juga Pengertian, Ciri-Ciri Kata Kerja (Verba) Dan Contohnya
Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti/makna gramatikal adalah makna yang sifatnya berubah-ubah berdasarkan proses gramatikal, sesuai dengan konteks dan terikat dengan kata-kata lain yang mengikuti kata gramatikal.

Contoh makna gramatikal

1. Rumah makan (adalah rumah yang menyediakan dan menjual makanan berat, contoh nasi, soto dan lain-lain).
2. Rumah bersalin (adalah suatu tempat merawat dan membantu proses persalinan pada ibu hamil).
3. Berumah (adalah berarti memiliki rumah/ bertempat tinggal).
4. Berumah-rumah (adalah berarti suatu tempat yang terdiri dari banyak rumah (rumah yang lebih dari satu).

Berdasarkan dari penjelasan yang telah dibahas diatas, maka yang dapat disimpulkan perbedaan makna leksikal dan makna gramatikal adalah antara lain sebagai berikut :

Tabel perbedaan makna leksikal dan makna gramatikal
MAKNA LEKSIKAL MAKNA GRAMATIKAL
Makna asli Sesuai konteks
Bersifat tetap Berubah-ubah
Berdiri sendiri Terikat dengan kata-kata lainnya
Demikian pembahasan mengenai perbedaan makna leksikal dan makna gramatikal.