Pengertian Atom, Ion, Dan Molekul Serta Peranan Ion Dalam Kehidupan

Pengertian atom, ion, dan molekul serta peranan ion dalam kehidupan adalah pembahasan utama materi pelajaran kimia yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Partikel Materi didalam belajar pendidikan kimia yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian atom.
2. Pengertian ion.
3. Pengertian molekul.
4. Peranan ion dalam kehidupan.

Pengertian atom

Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat unsur tersebut. Atom merupakan partikel dasar penyusun materi. Materi yang terdiri atas atom unsur yaitu unsur murni. Contohnya adalah seperti besi, aluminium, emas dan perak.

Para ilmuwan menggambarkan bentuk atom dalam sebuah model atom. Model atom pertama kali dikemukakan oleh John Dalton dengan postulatnya seperti sebagai berikut :

a. Setiap materi terdiri atas partikel terkecil yang disebut atom.
b. Atom tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil.
c. Atom-atom satu unsur sama tapi berbeda dengan atom unsur lain.
d. Senyawa adalah materi yang terdiri atas dua jenis atom atau lebih dengan perbandingan tertentu.
e. Reaksi kimia adalah penataan ulang atom-atom.

Atom terdiri atas inti atom dan dikelilingi oleh elektron yang bergerak menurut orbit tertentu. Hampir semua massa atom terpusat di inti atom yang berupa proton dan neutron.
Pengertian atom dan lambang atom
Lambang sebuah atom ditulis sebagai berikut :
#rumus lambang atom
Keterangan :
A : nomor massa.
Z : nomor atom.
Nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron.
Nomor atom = jumlah proton = jumlah elektron.
Jumlah neutron = Nomor massa – Nomor atom.

Pengertian ion

Atom selain bergabung membentuk molekul dapat juga membentuk ion. Ion adalah atom yang memiliki muatan listrik. Ada dua jenis muatan ion, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Muatan positif (kation)
Muatan positif atau biasa yang disebut kation. Kation terbentuk karena elektron pada atom tersebut berpindah ke atom yang lain. Contoh muatan positif (kation) adalah seperti : atom Na melepaskan 1 elektron menjadi ion Na+. Reaksinya : Na -> Na+ + e-.

2. Muatan negatif (anion)
Muatan negatif atau biasa yang disebut anion. Anion terbentuk karena atom tersebut menerima elektron dari atom yang lain. Contoh muatan negatif (anion) adalah seperti : atom CI menangkap 1 elektron menjadi ion CI-. Reaksinya : CI + e -> CI-.

Senyawa yang terbentuk dari kation dan anion disebut senyawa ionik. Senyawa ini memiliki titik leleh yang lebih tinggi. Hal ini karena ikatan kimia yang terjadi antara ion positif dan ion negatif sangat kuat sehingga untuk memutuskannya diperlukan energi yang lebih besar.

Pengertian molekul

Molekul adalah partikel yang merupakan gabungan dari dua atom atau lebih. Molekul dituliskan sebagai rumus kimia yang menunjukkan jenis dan banyak atom penyusun molekul tersebut. Molekul merupakan partikel penyusun senyawa.

Sebagai contoh, gas karbon dioksida hasil pembakaran mengandung berjuta-juta molekul karbon dioksida. Rumus kimia karbon dioksida adalah CO2. Hal ini berarti tiap molekul karbon dioksida mengandung satu atom karbon dan dua atom oksigen.

a. Molekul unsur
Molekul unsur adalah gabungan antara unsur-unsur sejenis. Unsur-unsur pembentuk molekul unsur adalah unsur nonlogam. Molekul unsur dibedakan menjadi empat, yaitu sebagai berikut :

#4 jenis molekul unsur

1. Molekul unsur monoatomik
Molekul unsur monoatomik adalah molekul unsur yang terdiri dari satu atom unsur sejenis. Contoh molekul unsur monoatomik adalah seperti : Ca, Na, K, dan Cu.
2. Molekul unsur diatomik
Molekul unsur diatomik adalah molekul unsur yang terdiri atas dua atom sejenis. Molekul unsur ini umumnya dimiliki unsur-unsur berwujud gas. Contoh molekul unsur diatomik adalah seperti : O2, H2, CI2, dan I2.
3. Molekul unsur tetraatomik
Molekul unsur tetraatomik adalah molekul unsur yang terdiri atas empat atom unsur sejenis. Molekul unsur ini dimiliki oleh atom P, As, dan Sb. Bentuk molekulnya P4, As4, dan Sb4.
4. Molekul unsur oktaatomik
Molekul unsur oktaatomik adalah molekul unsur yang terdiri atas delapan atom unsur sejenis. Molekul unsur ini dimiliki oleh atom S. Bentuk molekulnya S8.

b. Molekul senyawa
Molekul senyawa adalah gabungan antara unsur-unsur berbeda jenis. Contoh molekul senyawa adalah seperti air (H2O), karbon dioksida (CO2), dan gula (C6H12O6).
Baca juga : Pengertian Molalitas Dan Fraksi Mol Lengkap Dengan Rumusnya
c. Molekul dalam kehidupan sehari-hari
1. Air
Air tersusun oleh satu atom oksigen dengan dua atom hidrogen.
2. Oksigen
Udara adalah molekul oksigen. Oksigen dihasilkan oleh reaksi fotosintesis. Oksigen dalam suhu kamar berupa gas.
3. Metana
Metana adalah gas alam yang memiliki sifat tidak berbau dan mudah terbakar.

Peranan ion dalam kehidupan

Kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari adanya ion-ion. Ketika seseorang sakit diare, akan banyak kehilangan cairan tubuh, cairan tubuh tersebut harus segera digantikan dengan minum oralit. Ketika seseorang kehausan, maka disarankan minum minuman isotonik.

Diare adalah suatu penyakit yang ditandai dengan meningkatnya frekuensi buang air besar lebih dari tiga kali sehari disertai adanya perubahan bentuk dan konsistensi tinja penderita. Bahaya utama diare adalah kematian yang disebabkan karena tubuh banyak kehilangan air dan garam yang terlarut yang disebut dehidrasi.
Baca juga : Larutan Penyangga Dalam Ilmu Kimia
Selain oralit, dehidrasi dapat dilakukan dengan minum minuman isotonik. Minuman isotonik adalah minuman yang didalamnya terkandung ion-ion seperti yang terdapat dalam cairan tubuh manusia. Pada minuman mengandung ion positif Na+, K+, Ca2+, Mg2+ dan ion negatif CI-, sitrat3-, laktat-.

Demikian pembahasan mengenai pengertian atom, ion, dan molekul serta peranan ion dalam kehidupan.