#3 Pengertian Prestasi Belajar Matematika Menurut Para Ahli/Pakar

#3 pengertian prestasi belajar matematika menurut beberapa para ahli atau pakar adalah pokok pembahasan materi pelajaran matematika yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Definisi Prestasi Belajar Matematika didalam belajar pendidikan matematika yakni antara lain :

1. Definisi prestasi.
2. Teori konsep prestasi belajar.

Dan setiap teori konsep menurut para ahli atau pakar juga akan dilengkapi dengan daftar pustaka atau referensi dari kutipan-kutipan tersebut. Berikut penjelasannya.

Definisi prestasi

Prestasi berasal dari bahasa Belanda yaitu “prestatie” yang berarti suatu keberhasilan dan pencapaian seseorang dalam melakukan kegiatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti prestasi adalah suatu hasil yang telah diraih, dicapai dan didapatkan atas kegiatan yang telah dilakukan serta prestasi identik dengan pencapaian / keberhasilan.
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Ahli/Pakar

Teori konsep prestasi belajar

Berikut ini adalah #3 teori konsep prestasi belajar menurut ahli/pakar yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

Definisi prestasi menurut Arifin (2009: 3) yang menyatakan bahwa prestasi adalah hasil dari kemampuan, keterampilan dan sikap seseorang dalam menyelesaikan suatu hal. Didalam teori prestasi menurut Arifin ini mengartikan prestasi yakni suatu usaha yang telah dilaksanakan menurut batas kemampuan dari pelaksanaan usaha tersebut.

Prestasi merupakan akhir dari usaha yang melalui proses pendidikan dan pelatihan tertentu yang telah dicapai. Prestasi yang dicapai sering mendatangkan konsekuensi-konsekuensi berupa imbalan imbalan yang bersifat material psikologis dan sosial.

Adapun pengertian prestasi belajar menurut Tirtonagoro (2001: 43) yang menyatakan bahwa prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar mengajar yang dalam bentuk simbol, angka, huruf, atau kalimat yang dapat mencerminkan hasil usaha yang sudah dicapai oleh anak dalam periode tertentu.

Sedangkan prestasi belajar menurut Arifin (2009: 3) yang menyatakan bahwa prestasi belajar adalah kemampuan, keterampilan dan sikap dalam menyelesaikan suatu masalah”.
Baca juga : Pengertian, Pembelajaran Matematika
Atas dasar-dasar teori prestasi menurut para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika adalah suatu hasil atau pencapaian yang berasal dari usaha belajar siswa yang dapat dinyatakan kedalam bentuk nilai-nilai, yang mana nilai-nilai tersebut dapat menggambarkan pencapaian dari setiap siswa/anak sebagai wujud hasil belajar matematika pada periode tertentu. Demikian pembahasan mengenai #3 pengertian prestasi belajar matematika menurut beberapa para ahli atau pakar.

Daftar pustaka

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sutratinah, Tirtonegoro. 2001. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.