Lirik Dan Makna Lagu Rasa Sayange

Lirik dan makna lagu rasa sayange atau juga rasa sayang sayange adalah pembahasan utama materi pelajaran Seni Budaya yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Pokok pembahasan mengenai lagu nusantara rasa sayange ini yakni menceritakan seputar makna isi lagu rasa sayange, lirik lagu rasa sayange dan artinya, lirik lagu rasa sayange beserta notnya dan arti lagu rasa sayange didalam belajar pendidikan Seni dan Budaya yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Lirik lagu daerah rasa sayange.
2. Siapa pencipta lagu rasa sayange.
3. Lagu rasa sayange berasal dari daerah mana.

Lagu rasa sayange

Lagu nusantara rasa sayange merupakan sebuah lagu khas daerah dari salah satu oleh sekian banyaknya warisan budaya di Indonesia dalam bentuk karya lagu. Rasa sayang sayange atau rasa sayange adalah sebuah lagu daerah berbahasa asli melayu Ambon dan berasal dari daerah provinsi Maluku serta Paulus Pea diyakini sebagai pencipta lagu rasa sayange.
Lirik Lagu Rasa Sayange Beserta Notnya
Rasa Sayang Sayange

Lagu rasa sayange ini tergolong kedalam lagu anak anak, dimana lagu ini selalu dinyanyikan sejak dahulu kala oleh masyarakat Maluku dengan secara turun-temurun guna mengungkapkan rasa kasih sayang mereka kepada lingkungan mereka dan sosialisasi antara masyarakat.

Saat lagu ini didengar, layaknya seperti pantun atau sajak yang bersahut-sahutan dan ini adalah tradisi lisan masyarakat Maluku. Bagaimana sejarah lagu rasa sayange dapat tercipta, berikut penjelasan makna dan artinya.

1. Judul : Rasa sayange atau rasa sayang sayange.
2. Pencipta lagu rasa sayange diyakini adalah seseorang yang bernama Paulus Pea kelahiran 1907.
3. Bahasa : Melayu Ambon.
4. Asal Etnik : Maluku.

Lirik lagu daerah rasa sayange dalam bahasa Melayu Ambon

- Refrain -
Rasa sayang’e, rasa sayang sayang’e.
Eee liat Ambon jauh, rasa sayang sayang’ee.

- Bait -
Mana kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari.
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri.
Si Amat mengaji tamat, mengaji Qur'an di waktu fajar.
Biar lambat asal selamat, takkan lari gunung dikejar.
Kalau ada sumur diladang, boleh kita menumpang mandi.
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi.

Makna dan arti lagu rasa sayange secara singkat

Lagu rasa sayange adalah sebuah lagu khas daerah maluku yang terbilang kedalam lagu anak-anak yang dinyanyikan oleh masyarakat Maluku untuk menyatakan rasa peduli dan kasih sayangnya pada lingkungan serta sosialisasi diantara masyarakat secara turun-temurun sejak dahulu kala.


Demikian pembahasan mengenai lirik dan makna lagu rasa sayange atau rasa sayang sayange. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi dalam mengetahui rasa sayang sayange lagu daerah nusantara, makna lagu rasa sayange dan penciptanya, ceritakan makna isi lagu rasa sayange, lirik lagu rasa sayange dan artinya, makna lagu rasa sayange, lirik lagu rasa sayange beserta notnya, pencipta lagu rasa sayange, sejarah lagu rasa sayange dan makna lagu rasa sayange secara singkat.