Pengertian Bola Voli, Teknik Dasar Dan Cara Bermain Bola Voli

Pengertian bola voli, teknik dasar dan cara bermain bola voli adalah pokok pembahasan materi pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Bola voli adalah suatu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan dengan 6 pemain di setiap grupnya.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar bola voli yakni apa itu permainan bola voli, arti bola voli, teknik dasar bola voli dan bagaimana cara bermain bola voli yang tentu saja akan dibahas dalam materi pelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan rohani dalam pembagian tiga point utama sebagai berikut diantaranya :

1. Pengertian bola voli.
2. Teknik dasar permainan bola voli.
3. Cara bermain permainan bola voli.

Pengertian Bola Voli, Teknik Dasar Dan Cara Bermain Bola Voli

Definisi bola voli

Makna permainan bola voli adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan, dimana masing-masing grup mempunyai pemain dengan jumlah 6 orang. Olahraga bola voli dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball sebagai induk organisasi internasional), sedangkan di Indonesia olahraga bola voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Teknik dasar permainan bola voli

Perlu diketahui bahwa didalam permainan bola voli terdapat beberapa teknik dasar yang harus diketahui sebelum permainan bola voli berlangsung yang diantaranya adalah yakni sebagai berikut :

1. Teknik dasar gerakan service.
2. Teknik dasar gerakan passing.
3. Teknik dasar passing bawah.
4. Teknik dasar passing bawah satu tangan.
5. Teknik dasar passing bawah dua tangan.
6. Teknik dasar blocking atau menghadang bola voli.
7. Teknik dasar smash atau spike.


Cara bermain bola voli

Adapun cara memainkan permainan bola voli ini adalah antara lain yakni diantaranya sebagai berikut :

1. Pilihlah para pemain anda dengan jumlah 6 pemain
Setiap tim harus memiliki 1 hingga 3 baris pemain. Barisan pertama yang paling dekat dengan net. Sedangkan barisan belakang paling dekat dengan batas belakang lapangan permainan. Pemain yang berada di pojok kanan belakang adalah pemain yang akan melakukan service.

2. Service bola dari belakang garis di punggung lapangan
Jika anda melakukan service dari depan garis, maka angka tidak akan dihitung. Dengan tidak terhitungnya angka disebabkan oleh salah kaki atau foot fault. Bola diharuskan untuk melambung melewati net (boleh menyentuh) dan harus melayang dibagian dalam lapangan agar nilai service yang di lakukan utuh. Setiap pemain yang melakukan service diberi kesempatan sekali untuk melakukan service per rotasi.

3. Kembalikan bola jika anda berada ditim yang menerima bola
Secara teknis, anda dapat memukul bola dengan bagian tubuh apa saja, selama bola tidak jatuh ke lantai. Para pemain boleh melintas melebihi garis lapangan, tapi bolanya tidak. Hal itu disahkan saja dalam permainan bola voli ini.

4. Lanjutkan memukul bola dengan bolak-balik melintasi net sampai terjadi fault atau kesalahan
Adapun contoh suatu kesalahan yang dilakukan pemain seperti, bola menyentuh lantai, bola terlempar keluar lapangan, pemain menyentuh net, kaki pemain berada di bawah net, pemain memukul bola dua kali berturut-turut serta tim memukul bola 4 kali tanpa melempar ke tim lawan.

5. Service bola lagi
Tim yang telah berhasil memenangkan angka terakhir, maka berhak untuk melakukan service bola. Jika tim anda menggapai bola maka diharuskan untuk pemain yang berada di belakang agar mundur sedikit guna bersiap-siap untuk menghadapi serangan.

6. Selanjutnya, teruslah bermain sampai anda mencapai batas
Dalam satu kali pertandingan lamanya tiga set. Setiap pemain harus bergantian mengisi kedua posisi lapangan setiap kali memulai set.

Demikian pembahasan mengenai pengertian bola voli, teknik dasar dan cara bermain bola voli. Semoga uraian diatas bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu bola voli, pengertian bola voli, makna bola voli, definisi bola voli, arti bola voli, teknik dasar permainan bola voli dan bagaimana cara bermain bola voli.