Materi Fisika : Definisi Intensitas, Rumus Dan Taraf Intensitas Bunyi Serta Penerapan Gelombang Bunyi

Materi Fisika tentang Definisi Intensitas, Rumus Dan Taraf Intensitas Bunyi Serta Penerapan Gelombang Bunyi
Halo sahabat MB dimana pun anda berada, di bawah ini saya akan memaparkan tentang materi fisika yang berisikan dengan pengertian intensitas, rumus intensitas bunyi dan taraf intensitas bunyi serta penerapan gelombang bunyi. Semoga bagi kalian yang sedang membutuhkan artikel ini untuk sebagai syarat melengkapi tugas sekolah, kuliah bahkan untuk tugas akhir/ skripsi agar dapat bermanfaat. Berikut ini adalah penjelasannya.

* Pengertian Intensitas
Kata Intensitas diartikan sebagai suatu energi yang di pindahkan dalam tiap satuan waktu dan tiap satuan luas. Dan diketahui bahwa energi tiap satuan waktu adalah pengertian daya maka intensitas dapat juga di katakan sebagai daya tiap satuan luas. Sehingga intensitas dapat dirumuskan secara matematis adalah seperti dibawah ini:
Materi Fisika : Definisi Intensitas, Rumus Dan Taraf Intensitas Bunyi Serta Penerapan Gelombang Bunyi
           I = P/A
    ==> Keterangan:
    I  = Intensitas bunyi (W/m2)
    P = Energi tiap waktu atau daya (W)
    A = Luas (m2)
Materi Intensitas MB
Apabila isotropik atau lebih diketahui dengan sumber bunyi yang memancarkan bunyi tersebut ke segala arah yang besar nya sama, luas tersebut yang dituju memiliki kesamaan pada luas permukaan sebuah bola. Sehingga persamaan pada intensitas dapat di tulis seperti :
           I = P/4πR2

* Pengertian Taraf Intensitas Bunyi
Adapun pengertian taraf intensitas bunyi merupakan logaritma yang membandingkan antara intensitas bunyi terhadap dengan intensitas ambang. Sehingga taraf intensitas bunyi dapat dirumuskan secara matematis adalah seperti dibawah ini:

           TI = 10 log I/Io
   ==> Keterangan:
    TI = Taraf intensitas bunyi (dB)
      I = Intensitas bunyi (W/m2)
    Io = Intensitas ambang pendengaran manusia (10^-12 W/m2)
Dan untuk contoh n buah pada sumber bunyi seperti terdapat n sirine yang dihidupkan secara bersamaan, maka adapun besar nya taraf intensitas bunyi nya dapat di tulis dengan:
           TIn = TI1 + 10 log n
Apabila di dengar pada 2 titik jarak yang saling berbeda maka, besar nya intensitas bunyi pada titik yang kedua dapat di tulis dengan:  
           TI = TI1 + 20 log (RA/RB)

* Penerapan Gelombang Bunyi
Pemanfaatan dari gelombang ultrasonik sangat banyak untuk macam-macam keperluan dan kebutuhan seperti :
a. Untuk mengukur kedalaman dari laut.
b. Pada kacamata khususnya kacamata tunanetra (terdapat alat pengirim dan alat penerima ultrasonik.
c. Pada alat kedokteran seperti pada pemeriksaan ultrasonografi (USG)

==> Manfaat Cepat Rambat Bunyi
Adapun manfaat dan fungsi dari cepat rambat bunyi pada kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:
a. Pada cepat rambat gelombang bunyi ini bisa di manfaatkan oleh Nelayan untuk dapat mengetahui waktu siang hari dan malam hari.
b. Pada waktu malam hari, suara akan lebih sangat jelas terdengar daripada waktu siang hari, dan ini dikarenakan bahwa kerapatan udara yang terjadi pada waktu malam hari lebih rapat di bandingkan dengan pada waktu siang hari.

==> Manfaat Resonasi
Adapun manfaat dari resonasi pada kehidupan sehari-hari adalah seperti pada alat musik sebagai berikut :
a. Gendang
b. Beduk
c. Seruling dan lain sebagainya

==> Manfaat pemantulan bunyi
Adapun manfaat dari pemantulan bunyi pada kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :

a. Mendeteksi lapisan-lapisan pada batuan yang mengandung endapan minyak
b. Dapat juga menentukan tingkat kedalaman pada laut yakni pada sebuah dinding kapal yang tepatnya pada bagian bawah kapal dapat dipasang sebuah osilator atau alat sumber getaran dan di dekat dengan sumber getaran tersebut dipasang juga sebuah alat yang dapat menerima getaran atau hidrofon.
c.  Dapat melakukan survei geofisika seperti menentukan suatu lokasi, mendeteksi serta meng-klasifikasi gangguan yang terjadi pada bumi atau disebut dengan dapat meng-informasikan struktur-struktur pada bumi.

Dan juga pada prinsip dari pemantulan ultrasonik bisa difungsikan untuk mengatur tingkat ketebalan pada pelat logam serta dapat pula mendeteksi retak-retak yang terjadi pada struktur logam. Itulah Materi Fisika tentang Definisi Intensitas, Rumus Dan Taraf Intensitas Bunyi Serta Penerapan Gelombang Bunyi