Loading...

Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga

Loading...
Definisi keluarga dan fungsi keluarga adalah pembahasan yang akan dijelaskan dengan detail pada materi pelajaran dibawah ini. Dan yang menjadi fokus pembahasan yang akan dijelaskan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian Keluarga Inti.
2. Pengertian Keluarga Besar.
3. Tipe Keluarga Besar.
4. Fungsi Keluarga.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan anda didalam mengetahui definisi dan fungsi keluarga, serta menjadi portal referensi tugas ataupun makalah bagi para pelajar di seluruh tanah air Indonesia.

Keluarga Inti dan Keluarga Besar

a. Pengertian Keluarga Inti
Keluarga inti adalah keluarga yang terdiri dari suami (Ayah), istri (Ibu), dan anak-anak sebagai keturunan mereka atas dasar ikatan perkawinan dan hubungan darah. Konsep keluarga diatas bisa diartikan juga dengan keluarga sempit. 
Konsep Keluarga Besar 

b. Pengertian Keluarga Besar
Keluarga besar adalah perluasan dari keluarga inti, yang tetap mendasarkan ikatan perkawinan dan hubungan darah sebagai penentu siapa saja yang termasuk dalam keluarga besar, tapi saat ini pengikat dalam konsep keluarga besar tidak lagi terpancang dari dua faktor tersebut, tetapi banyak faktor lain yang mengikat siapa saja yang termasuk anggota keluarga besar, seperti :

1. Etnis
2. Sejarah leluhur
3. Agama
4. Tradisi
5. Solidaritas dan lain-lain.

Dari banyaknya definisi keluarga besar berdasarkan hubungan pengikat yang lain, konsep keluarga yang hakiki menjadi kabur, hal ini akan berpengaruh terhadap kegiatan penelitian, kehidupan sosial, dan norma-norma yang ada dalam keluarga maupun masyarakat.
Baca juga Definisi Keluarga Sehat dan Keluarga Sejahtera

Tipe-Tipe Keluarga Besar

Keluarga besar dapat dibedakan menjadi 3 (Tiga), yaitu :

1. Keluarga Besar Patrilineal
Tipe keluarga ini lebih mengunggulkan garis keturunan pihak ayah (laki-laki) daripada perempuan, maka pihak perempuan dianggap lebih rendah dan selalu didiskriminasikan.

2. Keluarga Besar Matrilineal
Keluarga matrilineal lebih mengunggulkan dan mengutamakan garis keturunan dari pihak ibu, laki-laki hanya dianggap sebagai pemberi bibit guna kelangsungan penerus generasi.

3. Keluarga Besar Parental (Parental)
Keluarga bilateral mempunyai otoritas yang sama terhadap peran ayah dan ibu, keluarga ini tidak membedakan status laki-laki dan perempuan.

Fungsi Keluarga

Keluarga mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu :
1. Sebagai penerus generasi.
2. Sebagai pembentuk sistem nilai budaya.
3. Sebagai pendidik, pembimbing, dan pembina.

Demikian pembahasan mengenai Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga, semoga bermanfaat.
Loading...
Loading...