Loading...

Definisi Teori, Konsep Dan Managemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Loading...
Definisi Teori, Konsep Dan Managemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
*Pengertian dari Teori dan Konsep
Dalam usaha penulisan sebuah skripsi tentunya akan melalui proses awal sampai pada proses kualitas akhir pasti akan dilandasi suatu disiplin ilmu yang tentunya akan mempunyai bobot relevansi dan tentu saja tidak terlepas dari teori yang dapat memberikan arah penjelasan bagi hubungan materi dan bermacam-macam aspek serta pemecahannya.

Untuk itu data yang didapat dari penelitian harus mempunyai dasar-dasar teori sebagai pedoman ilmiah. 
Baca juga Tujuan Dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
- Hoy & Miskel (dalam Sugiyono 2006:55) menyatakan, Teori adalah seperangkat konsep, asumsi, generalisasi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan dan menjelaskan perilaku dalam berbagai organisasi.
- Konsep menurut Usman dan Akbar (2003:8), menyatakan bahwa konsep dipakai oleh peneliti untuk menggambarkan abstraksi suatu gejala sosial atau gejala alamiah. konsep juga dapat disebut sebagai generalisasi dari sekelompok gejala tertentu sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai gejala yang sama.

- Sedangkan konsep menurut Umar (2004:51), konsep merupakan sejumlah teori yang berkaitan dengan suatu objek. Konsep diciptakan dengan menggolongkan dan mengelompokkan objek-objek tertentu yang mempunyai ciri-ciri yang sama. Dengan demikian menurut penulis konsep merupakan penggabungan beberapa teori yang berkaitan dengan objek suatu penelitian. Hal ini guna mempermudah suatu penelitian.

Dengan mengetahui teori dan konsep dalam suatu penelitian maka di harapkan penelitian yang akan dilakukan tidak mengambang dan terlalu melebar dari pokok bahasan yang akan di teliti. Selain itu pengumpulan dan penyusuan teori-teori  serta data-data yang terkait dalam penelitian ini disesuaikan dengan maksud dan tujuan penelitian. Berikut ini adalah teori dan konsep yang mendukung dalam penelitian ini antara lain:
* Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen telah didefinisikan dalam berbagai pengertian namun secara umum merupakan suatu kegiatan pengelolaan sumber-sumber yang ada tersedia dalam organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Seorang pimpinan tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada bawahan yang membantu menyelesaikan pekerjaan. Banyak para ahli memberikan pengertian yang bebeda-beda mengenai manajemen, tetapi pada dasarnya memiliki tujuan dan maksud yang sama seperti beberapa pendapat berikut ini:

- Menurut Handoko (2003: 8) mendifinisikan manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan pengguna sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Definisi Teori, Konsep Dan Managemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
- Menurut Ahyani (2000: 2) definisi manajemen atau yang sering pula disebut pengelolaan atau tata laksana adalah merupakan suatu proses dari perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, serta pengendalian.

Berdasarkan beberapa pendapat yang telah dikemukakan diatas maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa manajemen merupakan suatu ilmu seni dan rangkaian proses yang mengatur pemanfaatan, perencanaan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi Manajemen sumber daya manusia adalah suatu bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan. Unsur manajemen sumber daya manusia adalah
Baca juga Definisi Pembinaan Sumber Daya Manusia Dengan Objek Pegawai Di Dalam Organisasi Menurut Para Ahli
manusia yang merupakan tenaga kerja pada perusahaan. Dengan demikian, fokus yang dipelajari manajemen sumber daya manusia ini hanyalah masalah yang berhubungan dengan tenaga kerja manusia saja. Manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi, karena manusia menjadi perencana, pelaku dan penentu terwujudnya tujuan organisasi.

Tujuan tidak mungkin terwujud tanpa peran aktif karyawan meskipun alat-alat yang dimiliki perusahaan begitu canggihnya. Alat-alat canggih yang dimiliki perusahaan tidak ada manfaatnya bagi perusahaan, jika peran aktif karyawan tidak diikutsertakan. Mengatur karyawan adalah sulit dan kompleks, karena mempunyai pikiran, perasaan, status, keinginan dan latar belakang yang heterogen yang diatur kedalam organisasi.

Karyawan tidak dapat diatur dan dikuasai sepenuhnya seperti musik, modal atau gedung. Manajemen sumber daya manusia adalah bagian dari manajemen. Oleh karena itu teori-teori manajemen menjadi dasar pembahasannya mengenai pengaturan peranan manusia sedemikian rupa sehingga terwujud tujuan perusahaan, kepuasan karyawan, dan masyarakat. Agar manajemen sumber daya manusia lebih jelas, maka akan diberikan pengertian manajemen sumber daya manusia menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

- Menurut Nasution (2000: 5) mendefinisikan manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas tenaga kerja, pengembangan, integrasi dan pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi dan masyarakat.

- Menurut Soeprihanto (2000: 3) definisi manajeman sumber daya manusia adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap pelaksanaan fungsi-fungsi pengadaan atau penarikan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, dan pemeliharaan tenaga kerja dengan maksud membantu kearah tercapainya tujuan organisasi/perusahaan/ individu/dari para pekerja dan masyarakat.

- Sedangkan menurut Boone dan Kurtz (2002: 245) menyatakan bahwa human resources management is the organizational function of planning of human resources needs, recruitment, selection, development, compentation, and evaluation.
Baca juga Sistem Karier Dalam Pembinaan Pegawai Pada Organisasi Menurut Para Ahli
Apabila diterjemahkan secara bebas, manajemen sumber daya manusia adalah fungsi perencanaan dari kebutuhan sumber daya manusia yang meliputi organisasi, perekrutan, pemilihan, pengembangan, ganti rugi dan evaluasi. Berdasarkan beberapa pendapat yang telah dikemukakan diatas maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah merupakan pelaksanaan berbagai aktivitas yang dilakukan secara efektif dan efisien terhadap karyawan mulai dari perencanaan sampai dengan pemutusan terhadap karyawan agar tujuan individu, organisasi maupun masyarakat dapat tercapai. Definisi Teori, Konsep Dan Managemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Daftar Pustaka / Sumber Data :
* Cahyani, Ati. 2005. Dasar-Dasar Organisasi Dan Manajemen. Jakarta: PT Grasindo.
* Gomes, Cardoso Faustino. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi, Yogyakarta.
* Hasibuan, P.S. Melayu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta
* Irianto Jusuf. 2001. Tema-Tema Pokok Manajemen Sumber Daya Manusia, Insan Cendikia, Jatim.
* Martoyo, Susilo. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.
* Musanef. 2000. Manajemen Kepegawaian di Indonesia. Jakarta: Haji Masagung.
* Rachmawati, Ike Kusdyah. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV Andi Offsite.
* Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Mandar Maju, Bandung.
* Tangkilasan, Nogi S. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Birokrasi Publik. Yogyakarta: Lukman Office.
* Yuniarsih, Tjuju dan Suwatno. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Loading...
Loading...