Loading...

Inilah Beberapa Tahapan Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli

Loading...
Inilah Beberapa Tahapan Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli 
* Tahapan - tahapan pemberdayaan masyarakat
- Menurut Sumaryadi (2005:11) pemberdayaan masyarakat adalah "upaya mempersiapkan masyarakat seiring dengan langkah upaya memperkuat kelembagaan masyarakat agar mereka mampu mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan dalam suasana keadilan sosial yang berkelanjutan". Selain itu pemberdayaan masyarakat juga pada dasarnya sebagai berikut :

1. Membantu pengembangan manusiawi yang autentik dan integral dari masyarakat lemah, rentan, miskin perkantoran, masyarakat adat yang terbelakang, kaum muda pencari kerja, kaum cacat dan kelompok wanita yang didiskriminasikan atau dikesampingkan.
2. Memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat tersebut secara sosial ekonomis sehingga mereka dapat lebih mandiri dan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup mereka, namun sanggup berperan serta dalam pengembangan masyarakat.
Baca juga Inilah Beberapa Definisi Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli
- Menurut Sumaryadi (2005:97-98) menggambarkan konsep pemberdayaan dalam tiga tahapan nya itu tahapan politis, organisasi, dan individu. Adapun tiga tahapan tersebut dapat di jelaskan sebagai berikut :
    a. Politis dan Nasionalis
Pemberdayaan secara perlahan melekat dalam bahasa kita setiap hari sebagaimechanism of self-help for people (mekanisme bantuan dari dan bagi orang lain). Hal ini didasarkan pada asumsi bahwa justru orang yang ingin mengubah sesuatu mengenai keadaan mereka saat ini adalah diri mereka sendiri. Ketergantungan pada orang lain secara perlahan-lahan diganti oleh ketergantungan pada diri sendiri. Oleh karena itu, pada tingkat nasional self-dependency movement(gerakan pada kemampuan diri sendiri) terus mendapat tempat. Alasan lain dan lebih pragmatis adalah bahwa ilmu ekonomi dari dorongan terhadap efisiensi yang lebih besar mendorong pemerintah. Organisasi dari masyarakat untuk mencari cara-cara alternatif untuk menjadi lebih efisien, yang merupakan tanggapan terhadap meningkatkan daya dan ancaman pelayanan alternatif dari para pesaing.
Inilah Beberapa Tahapan Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli
    b. Organisasi
Pemberdayaan mempunyai daya tarik. Selalu ada pencarian akan gagasan-gagasan dan konsep baru dari pemberdayaan lebih baru, lebih segar dari pada banyak teori peningkatan dan motivasi kerja yang sudah usang. "Organisasi seperti total quality, habitual improvement, self-sirected team work, internal costumer, competence management dan sebagainya. Banyak prilaku faktor pemberdayaan dan ketidakberdayaan terkandung dalam nilai-nilai, prilaku, sistem, prosedur dan budaya organisasi perubahan-perubahan harus dilakukan pada tingkat yang berada diluar pengaruh individu.Mereka tidak mungkin terjadi tanpa perencanaan dan pelepasan yang menyeluruh dari kekuatan oleh manager senior organisasi.
    c. Individu
Proses pemberdayaan berbeda untuk setiap individu. Ada yang lama, ada juga yang disingkat prosesnya. Bila pemberdayaan efektif, hasilnya sangat inspirasional, individu sudah mengubah kehidupan mereka mencapai tujuan dan target yang terjangkau yang mereka anggap tidak mungkin. Mereka sudah membuka jalan bagi perkembangan dan pertumbuhan yang menguntungkan mereka maupun organisasi bila tim individu yang di berdayakan secara kolektif berkerja sama maka sinergi tercapai.
Baca juga Tugas Dan Fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Beserta Definisinya
- Menurut Adisasmita (2006:35) pemberdayaan masyarakat adalah upaya pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya masyarakat pedesaan yang lebih efektif dan efesien seperti:
1. Aspek masukan atau input (SDM, dana, peralatan/sarana,data, rencana, teknologi).
2. Aspek proses (pelaksanaan, monitoring dan pengawasan.
3. Aspek keluaran dan output (pencapaian sasaran, efektivitas dan efisiensi). 
Berdasarkan beberapa konsep diatas, maka dapat disimpulkan yang dimaksud dengan pemberdayaan adalah upaya untuk membangun serta meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak mampu melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan dengan mendorong, memotivasi dan membangkitkan kesadaran dan dapat dijelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat berarti meningkatkan kemampuan atau meningkatkan kemandirian masyarakat dari yang kurang berdaya menjadi lebih berdaya. Itulah Inilah Beberapa Tahapan Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli 

Daftar Pustaka / Sumber Data:
Sumaryadi, I Nyoman, 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: CV Citra Utama.
Raharjo, Adisasmita. 2006. Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Loading...
Loading...