Definisi Iman Kepada Hari Akhir Beserta Fase Hari Kiamat

Definisi Iman Kepada Hari Akhir Beserta Fase Hari Kiamat
* Pengertian iman kepada hari akhir
Hari akhir atau sering disebut dengan hari kiamat merupakan suatu hari di penghujung zaman dengan terjadinya kerusakan yang amat dahsyat setelah alam semesta ini mengalami kehancuran secara menyeluruh. Didalam sikap dari seorang muslim terhadap hari akhir bukan hanya dengan mempercayai saja, melainkan harus di terapkan bersama ucapan dengan perbuatan dan tingkah laku dalam kehidupan setiap harinya.

Dengan meyakini hari kiamat atau hari akhir zaman, maka itu sudah termasuk di dalam ciri-ciri orang yang bertaqwa atau sering disebut dengan muttakin yakni melakukan dan menjalankan semua apa yang di perintahkan oleh Allah SWT serta menjauhi semua larangan apa yang Allah SWT perintahkan. Berikut ini adalah nama-nama lain dari hari kiamat atau hari akhir berdasarkan Firman Allah SWT di dalam Quran Surah Al-Baqarah ayat 4 yakni :
Baca juga Definisi Iman Kepada Rasul Beserta Sifat Dan Tugas-Tugasnya
Definisi Iman Kepada Hari Akhir Beserta Fase Hari Kiamat
    1. Yaumuddin yang berarti hari pembalasan.
    2. Yaumussa'ah yang berarti peristiwa yang menimpa seseorang.
    3. Yaumul Hisab yang berarti hari perhitungan.
    4. Yaumul Akhir yang berarti hari penghabisan.
    5. Yaumul Qiyamah yang berarti hari kehancuran.

Pada poin nomor lima (5) yaumul qiyamah apabila dilihat dari segi proses dan tingkatannya terdapat 2 macam fase yaitu :
1. Qiyamah Sugro yang berarti suatu kehancuran kecil
Contoh yang dapat diketahui dari qiyamah sugro atau kehancuran kecil yakni kematian, sakit, kecelakaan, gempa, tsunami, tanah longsor dan lain sebagainya.
2. Qiyamah Kubro yang berarti suatu kerusakan/kehancuran yang sangat besar dan dahsyat
Ini memiliki ciri dan pertanda bahwa seluruh alam semesta yang ada di jagat raya ini secara bersamaan dan serentak mengalami kehancuran total yang sifatnya menyeluruh seperti contoh berikut:
    a. Kehancuran matahari
    b. Kehancuran bulan
    c. Kehancuran bumi
    d. Kehancuran langit
    e. Kehancuran bintang dan seluruh alam semesta
sehingga dengan terjadinya qiyamah kubro ini pertanda kehancuran yang sangat dahsyat yang menyeluruh.
Definisi Iman Kepada Hari Akhir Beserta Fase Hari Kiamat
Baca juga Definisi Nikah Beserta Hukum, Rukun Dan Syarat Dari Pernikahan
Menurut Prof. Dr. A. Balguni Msc. Ph. D menjelaskan terdapat tiga skenario bagaimana peristiwa hari kiamat atau hari akhir zaman apabila ditinjau berdasarkan ilmu pengetahuan yakni:
* Skenario pertama adalah habisnya bahan bakar termonuklir seperti hidrogen yang terdapat di dalam matahari. Apabila reaksi dari termonuklir menjadi berkurang, maka yang terjadi di bumi akan membeku.
* Skenario kedua yakni habisnya hidrogen di bumi. Apabila berandai-andai, andai kata umat manusia dikaruniai oleh Allah SWT untuk dapat membangun kota tepatnya di bawah tanah.
* Skenario ketiga yaitu hasil dari pemikiran manusia yang secara ilimiah dimana nilai kebenaran nya yang relative atau dapat berubah-ubah (dinamis).
Berbicara mengenai kejadian dan peristiwa hari kiamat (qiyamah) menurut Al-Qur’an yang nilai dari kebenaranya adalah mutlak yakni sudah tetap dan benar di pastikan terjadi sebagaimana Firman Allah SWT yang terdapat di dalam Qur’an Surah Az-zumar ayat 18, Qur’an Surah Al-zalzalah ayat 1-2, Qur’an Surah Al-hajj ayat 1, dan Qur’an Surah Al-Qori'ah ayat 4-5.
Baca juga Surga Dan Neraka Beserta Nama Tingkatannya
Kapankah hari akhir atau hari kiamat akan terjadi? Itu semua menjadi rahasia dan hanya Allah SWT sang Maha Mengetahui. Nabi besar Muahammad SAW saja yang sebagai kekasih dan juga manusia pilihan Allah SWT tidak di beritahu tentang kapan waktu terjadinya hari akhir atau hari qiyamah (hari kiamat) itu karena hari kiamat akan datang secara tiba-tiba seperti firman Allah SWT yang terdapat di dalam Qur’an Surah Al-A'raf ayat 187 yang artinya : "Hari kiamat tidak akan terjadi kepada kita semua melainkan dengan cara tiba-tiba". Dan setelah hari kiamat (hari qiyamah) terjadi maka seluruh mahluk hidup yang ada di dunia termasuk manusia akan dimatikan oleh sang pencipta Allah SWT dan kemudian akan mengalami serta memasuki kehidupan yang baru di dalam alam baru pula yang disebut dengan alam Barzah. Alam barzah yakni alam diantara alam dunia dan alam akhirat, dan kemudian setelah alam barzah, seluruh manusia akan juga mengalami proses (fase) kehidupan di akhirat. Adapun nama dan proses hari akhir (fase hari kiamat) yakni sebagai berikut:
Definisi Iman Kepada Hari Akhir Beserta Fase Hari Kiamat
 ** Fase hari kiamat
1. Yaumul ba'ats yang berarti hari kebangkitan dan terdapat dalam Q.S Abatsa 1 ayat 21-22
2. Yaumul mahsyar yang berarti padang yang luas dan terdapat dalam Q.S Al-An'am ayat 22 / Q.S Yaasin ayat 52
3. Yaumu hisab yang berarti hari perhitungan dan terdapat dalam Q.S Al-Mujadillah ayat 61
4. Yaumul Mizan yang berarti hari timbanga atau pertimbangan dan terdapat dalam Q.S Al-Anbiya ayat 47
5. Yaumul Jaza yang berarti hari pembalasan dan terdapat dalam Q.S Al-Mu'mun ayat 17
6. Yaumul Fashla yang berarti hari keputusan dan terdapat dalam Q.S Al-Ghasiyyah ayat 1-10