Loading...

Materi Sejarah : Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Abdul Haris Nasution

Loading...
Materi Sejarah tentang Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Abdul Haris Nasution
Halo teman-teman dan sahabat Materi Belajar (MB) dimana pun kalian berada. Pada artikel dibawah ini, saya akan memberikan materi sejarah yang berisikan tentang biografi pahlawan Indonesia yang bernama Abdul Haris Nasution.

Abdul Haris Nasution adalah seseorang yang salah satu dari para tokoh pejuang yang mempertahankan harkat dan martabat serta keutuhan bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga bagi kalian yang sedang membutuhkan artikel ini untuk sebagai syarat melengkapi tugas sekolah, tugas perkuliahan bahkan untuk tugas akhir atau skripsi agar dapat bermanfaat. Berikut ini adalah penjelasannya.
Materi Sejarah : Biografi Pahlawan Indonesia Abdul Haris Nasution
Pahlawan Abdul Haris Nasution
Pahlawan Abdul haris nasution lahir di Huta Pungut pada tanggal 03 Desember 1918, kota Nopan Tapanuli Selatan. Setelah beliau tamat pendidikan dari Hollandsch Inlandsche School (HIS), Ia melanjutkan pendidikan lagi ke Hollands Inlandsche Kweekschool di bukit tinggi yang kemudian setelah itu dilanjutkan lagi ke kota Bandung. Selanjutnya tepat pada tahun 1940 beliau memulai untuk memasuki pendidikan militer di Corps Opleiding Reserve Offocieren (CORO). Kemudian setelah Negara Republik Indonesia dinyatakan merdeka, Abdul haris nasution bergabung menjadi salah satu anggota Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan sejak saat itu Abdul haris nasution mempunyai banyak posisi yang di emban yakni seperti berikut :

a. Kepala Staf Komandemen Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Provinsi Jawa Barat
b. Panglima Divisi Siliwangi
c. Komando Divisi III
d. Panglima Tentara Teritorial jawa
e. Wakil Panglima Besar Angkatan Perang
Abdul haris nasution juga termasuk dalam salah satu objek dari sasaran Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau di singkat dengan G-30-S/PKI namun beliau berhasil dalam meloloskan diri pada peristiwa tersebut dan tidak pada anaknya yakni Ade Irma Suryani Nasution, ia meninggal.
Baca ini Peristiwa Gerakan 30 September Atau Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI)
Kemudian selanjutnya pada zaman orde baru, Abdul haris nasution juga penah menjabat menjadi sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) dan disaat beliau mulai memasuki masa pensiun pada tahun 1972, Abdul haris nasution naik pangkat dan diangkat sebagai Jendral Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI). Abdul haris nasution wafat pada tanggal 05 september 2000 dan beliau di makamkan di jakarta tepatnya di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Dari pemerintah, Abdul haris nasution di beri anugerah gelar Pahlawan Nasional yang berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 073/TK/2002. Materi Sejarah tentang Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Abdul Haris Nasution
Loading...
Loading...