Loading...

Materi Sejarah : Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan)

Loading...
Materi Sejarah tentang Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan)
Halo teman-teman dan sahabat Materi Belajar (MB) dimana pun kalian berada. Pada artikel dibawah ini saya akan memberikan materi sejarah tentang biografi pahlawan nasional Indonesia yang bernama Donald Izacus Panjaitan. Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjautan) adalah seseorang yang salah satu dari para tokoh pejuang yang mempertahankan harkat dan martabat serta keutuhan bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1948 sampai 1965.

Semoga bagi kalian yang sedang membutuhkan artikel ini untuk sebagai syarat melengkapi tugas sekolah, tugas perkuliahan bahkan untuk tugas akhir atau skripsi agar dapat bermanfaat. Berikut ini adalah penjelasannya.
Materi Sejarah : Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan)
Donald Izacus Panjaitan
Pahlawan Donald Izacus Panjaitan atau yang lebih dikenal dengan D.I.Panjaitan lahir di Balige, Tapanuli pada tanggal 9 Juni 1925. Ayah Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan) bernama Herman Panjaitan yang merupakan seorang pengusaha kecil dan ibunya bernama kan Dina Pohan.

Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan) pernah menempuh pendidikan di Hollandsch Inlandsche School (HIS) serta di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) yang kemudian setelah beliau menyelesaikan pendidikannya tersebut Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan) bergabung dan mengikuti pelatihan Gyugun, dan setelah selesai latihan, beliau kemudian ditugaskan menjadi anggota Gyugun di Pekan baru provinsi Riau. Setelah itu, Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan) beserta teman-temannya kemudian mendirikan dan membangun Pemuda Republik Indonesia (PRI) yang kemudian pada tahun 1945 mengalami perubahan yang menjadi Badan Keamanan Rakyat (BKR) dan dengan seiring nya waktu dan perkembangan dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) kemudian mengalami perubahan lagi menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan setelah itu kembali berubah lagi menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga sekarang.

Kemudian tepat pada tanggal 31 Maret 1946, Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan) mendapatkan pengangkatan jabatan yang di angkat menjadi seorang yang berpangkat Mayor pada Komandan Batalion I Resimen IV. Setelah itu Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan) berturut-turut menjabat lagi beberapa jabatan lainnya yakni seperti :
1. Komandan Pendidikan Divisi IX/Banteng di Bukit tinggi
2. Kepala Staf Umum Komandemen Tentara Sumatra
3. Pimpinan Perbekalan Perjuangan Pemerintahan Darurat RI (saat terjadi agresi militer Belanda)
4. Asisten IV Men/Pangad.

Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan) juga merupakan salah satu tokoh yang bersama-sama dengan para perwira tinggi Angkatan Darat lainnya yang menolak mengenai pembentukan angkatan kelima yang di usulkan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). 
Baca ini Peristiwa Gerakan 30 September Atau Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI)
Sehingga dengan demikian, Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia memberikan dan menganugerahi Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan) gelar sebagai Pahlawan Revolusi atas dasar dari Surat Keputusan (SK) oleh Presiden Nomor 111/KOTI/1965 pada tanggal 05 Oktober 1965. Itulah pembahasan Materi Sejarah tentang Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Donald Izacus Panjaitan (D.I.Panjaitan) yang dapat saya sampaikan
Loading...
Loading...