Loading...

Alumnus Wajib Baca ! Segera Cek Nama Anda Di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti)

Loading...
Apakah anda seorang alumnus dari sebuah universitas di tanah air Indonesia ?, dan apakah anda telah mengecek dan telah mengetahui nama anda serta status kelulusan anda di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) ?. Ini ada kabar untuk anda semua bagi para alumnus universitas bahwa, coba anda luangkan waktu sejenak untuk mengecek status anda di web PDPT milik dikti yang beralamatkan dengan http://forlap.dikti.go.id , Bisa jadi anda termasuk salah satu dari ribuan lulusan kampus yang tidak terdaftar di Dikti.

Apabila benar, mau tidak mau anda diharuskan untuk kembali menyerahkan bukti sebuah fotokopi ijazah kepada pihak kampus anda masing-masing. Apabila anda tidak segera melakukan perbaikan dan atau perubahan data, maka ancaman yang bisa terjadi tidak main-main yakni, anda dapat kesulitan saat mendaftar pegawai negeri sipil (PNS) maupun perusahaan swasta. Dan berikut cara melakukan pengecekan status di web PDPT milik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti):

1. Silahkan kunjungi halaman resmi PDPT dikti yakni http://forlap.dikti.go.id
2. Kemudian setelah halaman resmi PDPT dikti terbuka, silahkan anda klik navigasi menu Pencarian Data Dan Pilih Profil Mahasiswa (mhs), atau lihat gambar berikut :
Pencarian Data Dan Pilih Profil Mahasiswa (mhs)
Lihat dan klik area yang ditandai
3. Selanjutnya, anda akan di bawa menuju halaman berikutnya yang berisikan dengan form yang wajib anda isi sesuai dengan identitas alumni masing-masing, atau dapat anda lihat seperti gambar berikut:
wajib anda isi sesuai dengan identitas alumni masing-masing
Isikan dengan profil masing-masing
Catatan : ikuti petunjuk seperti yang tertera di gambar, yang mana form perguruan tinggi diisi dengan universitas anda, form program studi dipilih sesuai dengan program studi yang telah anda pilih, form kata kunci di isi sesuai dengan nama anda atau nomor induk mahasiswa (nim) anda, dan pada form pengaman dapat anda isi sesuai dengan angka dan huruf sesuai dengan yang tertera dengan gambar. Kemudian klik Cari Mahasiswa

4. Dan setelah anda klik cari mahasiswa, maka akan muncul status anda di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) . Lihatlah dan perhatikan apakah status anda sudah lulus atau masih aktif atau terdapat double data !

Apabila data yang tampil tidak sesuai dengan data yang sebenarnya, contoh anda sudah lulus 2 tahun lalu sedangkan data yang tampil bahwa status anda masih aktif, maka segera anda menghubungi pihak kampus anda masing-masing dan segera perbaiki ulang data tersebut. Jika anda tidak melakukan perbaikan data, maka anda akan kesulitan untuk mendaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Karyawan Swasta di Perusahaan yang melakukan penelusuran rekam akademik calon pegawai. Oleh karena itu, segera cek dan lakukan perbaikan jika hal itu memang dibutuhkan untuk tidak mempersulit anda di kemudian hari. 
Loading...
Loading...