Loading...

Bentuk Pelayanan Publik Dalam Administrasi Negara Menurut Para Ahli

Loading...
Belajar materi pelajaran pelayanan publik (Bentuk pelayanan publik didalam Administrasi Negara)

Bentuk pelayanan publik dalam administrasi negara menurut para ahli adalah topik pembahasan yang akan di uraikan pada artikel kali ini, yang mana akan dijelaskan mengenai bagaimana bentuk-bentuk dari pelayanan publik didalam administrasi negara itu dengan berdasarkan pendapat serta teori dan konsep oleh beberapa para ahli di bidangnya. Menurut  Moenir (dalam Wijayanto, 2007:190) menyebutkan bahwa terdapat 3 bentuk pelayanan umum, yaitu sebagai berikut:

1. Layanan dengan Lisan
Dilakukan oleh petugas dibidang Humas, bidang layanan informasi dan bidang-bidang lain yang tugasnya memberikan penjelasan atau keterangan-keterangan kepada siapapun yang memberikan dengan syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku pelaksanaan pelayanan, yaitu:
a. Masalah yang termasuk dalam bidang tugas.
b. Mampu memberikan penjelasan tentang apapun yang perlu, dengan jelas,sehingga memuaskan bagi mereka yang ingin memperoleh kejelasan mengenai sesuatu.

2. Layanan dengan Tulisan
Pada dasarnya pelayanan melalui tulisan sangat efesien terutama dari segi jumlah maupun dari segi peranannya dan juga sangat baik bagi layanan jarak jauh karena faktor biaya dan faktor kecepatan baik dalam pengelolaan masalah maupun dalam proses penyelesaiannya. Layanan tulisan terdiri dari dua golongan ,yaitu:
a. Layanan berupa petunjuk, Informasi dan sejenisnya yang ditunjukkan pada orang-orang yang berkepentingan.
b. Layanan berupa reaksi tertulis atau permohonan, laporan, pemberitahuan dan lain sebagainya.

3. Layanan melalui Perbuatan
Pada umumnya layanan dalam bentuk perbuatan, dilakukan oleh petugas-petugas yang mempunyai keahlian dan keterampilan karena sangat menentukan terhadap hasil perbuatan dan pekerjaan. Adapun berikut ini adalah faktor-faktor yang mendukung dari layanan perbuatan, yaitu seperti berikut:
a. Adanya kesungguhan dalam melakukan pekerjaan dengan motif mulia.
b. Adanya keterampilan khusus untuk menangani pekerjaan tersebut.
c. Disiplin dalam hal waktu, prosedur, metode yang telah ditentukan.
Gambar Bentuk Pelayanan Publik
Gambar Bentuk Pelayanan Publik
Dan dari ketiga bentuk pelayanan publik seperti itulah yang menjadi dambaan dan harapan oleh setiap orang yang sedang ingin berurusan dengan badan/instansi yang bertugas di masyarakat. Kemudian apabila hal-hal tersebut dapat dipenuhi dan dapat diterapkan oleh para petugas yang bekerja maupun yang menjabat pada sebuah posisi, maka masyarakat akan merasa puas dan dampak kepuasan itu terlihat pada masyarakat sangat menghargai kepada pengawai yang bertugas.

Daftar Pustaka
Wijayanto, Anjar. 2007. Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Malang: Univ.Merdeka
Loading...
Loading...