Loading...

Cara Pendaftaran SBMPTN 2016

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 dibuka pada tanggal 25 April melalui jalur pendaftaran online. Adapun cara update terbaru mengenai pendaftaran SBMPTN dan apa saja persyaratan yang harus anda persiapkan, dapat anda lihat pada situs ini atau bisa juga langsung menuju situs resmi yang beralamatkan dengan sbmptn.or.id.

Setelah dilaksanakan tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), maka kini waktu yang sangat tepat bagi anda lulusan SMA/SMK sederajat agar bisa mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri secara nasional. Perlu diketahui bahwa, didalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri, kuota penerimaan jumlah calon mahasiswa yang ditetapkan memang tergolong sangat sedikit jika dibandingkan dengan kuota penerimaan SNMPTN.

Walau demikian, dengan mengikuti jalur tes SBMPTN ini, tidak akan menghentikan niat kalian dalam berjuang untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri yang kalian harapkan karena, SBMPTN dapat kalian jadikan sebagai jalur pengganti bagi anda yang belum bisa lulus SNMPTN atau yang tidak sempat ikut andil dalam program SNMPTN.
SBMPTN 2016
Mengenai persyaratan dalam mengikuti test seleksi bersama ini tidak berbeda jauh dengan persyaratan pada tahun sebelumnya, yang mana yang paling mutlak yakni calon peserta wajib dinyatakan lulus oleh pihak sekolah. Jika anda tidak dinyatakan lulus oleh pihak sekolah anda, maka anda tidak dapat melakukan pendaftaran. Berikut ini adalah persyaratan umum pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri.

Ketentuan Dan Persyaratan Umum SBMPTN 2016

SBMPTN 2016 adalah seleksi yang dilakukan oleh  PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Adapun ketentuan dan persyaratan SBMPTN yakni :

1. Telah dinyatakan lulus mengikuti Ujian Nasional (UN) yang ditandai dengan ijasah atau surat keterangan hasil ujian (SKHU) dari sekolah dengan di bubuhi pas photo berwarna dan dicap oleh pihak sekolah.
2. Memiliki kesehatan yang baik, sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studi (prodi) yang diambil.

Penerimaan SBMPTN :
Lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2016, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Sebelum kalian melakukan pendaftaran, siapkan segala bahan perlengkapan untuk melengkapi persyaratan yang telah di tetapkan oleh panitia SBMPTN yang tertera pada situs resmi SBMPTN. Dan mengenai daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pastinya anda sudah tahu akan masuk ke perguruan tinggi negeri mana yang menurut anda baik dan cocok untuk anda seperti :

1. UI
2. UGM
3. ITB
4. ITS
5. UB
6. UNPAD
7. UPI
8. UNDIP
9. UNNES
10. IPB
11. UNHAS
12. UNMUL Dan lain sebagainya.


Jenis Ujian Dan Soal SBMPTN

Mengenai soal tertulis yang akan di berikan saat waktu ujian di masing-masing kota yakni sebagai berikut :

1. Test Kemampuan Dan Potensi Akademik
Test ini bertujuan untuk mengukur kemampuan daya otak anda. Soal dari test ini berisi mengenai test analisa logika.

2. Test Kemampuan Dasar Jurusan IPA / IPS
Test ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan anda secara umum yang terbagi atas :

    a. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek)
Test ini terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
    b. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum)
Test ini terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

3. Test Keterampilan
Test ini ditujukan bagi mereka yang mendaftar pada jurusan cabang Olahraga dan Seni.

Kelompok Ujian SBMPTN

Mengenai kelompok ujian SBMPTN, terbagi menjadi 3 (tiga) bagian yakni sebagai berikut :

1. Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
2. Kelompok Ujian Soshum  dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
3. Kelompok Ujian Campuran  dengan materi ujian  TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Setiap calon peserta SBMPTN dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum dan atau Campuran. (Pilih yang mana menurut anda cocok dengan pilihan anda).

Catatan : Khusus untuk peserta CBT hanya dibolehkan untuk mengikuti kelompok ujian Saintek atau kelompok ujian Soshum (Pilih salah satunya, dan dilarang mengambil yang campuran).

Alur Mekanisme Pendaftaran SBMPTN

Berikut ini adalah alur dalam melakukan pendaftaran SBMPTN dari awal hingga akhir, simak baik-baik :

1. Pastikan anda telah melakukan pembayaran sebesar Rp. 200.000. Metode pembayaran yang dapat anda lakukan yakni dengan cara : 
    a. Melalui bank Mandiri atau bank BNI secara langsung.
    b. Dengan melakukan Transfer via ATM Mandiri.
    c. Bisa juga melalui sms banking atau internet banking Mandiri.

2. Simpan struk pendaftaran tersebut dengan baik dan jangan sampai hilang. Setelah itu login ke situs resmi pendaftaran Online SBMPTN  yakni pendaftaran.sbmptn.or.id dan isi form dengan tepat sesuai yang diperintahkan.

3. Untuk yang telah melakukan login, langsung lakukan pendaftaran untuk KAP dengan membuka link pendaftaran.sbmptn.or.id/daftarkap.php.

4. Kemudian buka portal pendaftaran SBMPTN dengan link pendaftaran.sbmptn.or.id

5. Lakukan pengisian formulir sesuai dengan identitas dan surat keterangan lulus (SKL).
6. Jangan lupa melakukan upload pasphoto sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.
7. Kemudian setelah itu cetak bukti pembayaran melalui link situs resmi SBMPTN.
8. Akhir dari proses pendaftaran, anda harus mencetak Kartu Peserta SBMPTN. Dan selanjutnya klik tombol keluar dari halaman situs tersebut.

Perlengkapan yang harus diperhatikan

Hal-hal yang harus anda dipersiapkan untuk dibawa pada saat test berlangsung yakni :

1. KTP atau KK yang asli
2. Surat keterangan kelulusan (SKL) atau SKHU yang asli dan sudah di legalisir.
3. Struk bukti pembayaran dan kartu peserta SBMPTN yang sudah dicetak/di print.

Jadwal Ujian SBMPTN 2016

1. Jadwal  Ujian Tertulis
Ujian tertulis baik untuk Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Mei 2016

2. Jadwal Ujian Keterampilan
Ujian  Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan atau Kamis pada tanggal 1 dan atau 2 Juni 2016.

Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2016

Hasil test ujian akan diumumkan pada hari Selasa, 28 Juni 2016 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses pada laman resmi SBMPTN di http://www.sbmptn.ac.id.

CATATAN !!!
Bagi para peserta SBMPTN harus sudah memastikan lokasi dan tempat test anda 1 hari sebelum test dilaksanakan. Apabila test dilakukan pada hari selasa, maka pengecekan lokasi dan tempat bisa dilakukan pada hari senin.

Demikian pembahasan mengenai Cara Pendaftaran SBMPTN, semoga dapat membantu dan dapat memberikan anda semua petunjuk bagi para calon peserta SBMPTN. Kami dari keluarga besar Materi Belajar (MB) Blog mengucapkan selamat atas kelulusan yang diraih pada tingkat SMA/SMK dan semoga kalian semua lulus pada test SBMPTN dengan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan target anda, Amin.