Loading...

TEKS IKLAN (Pengertian, Struktur, Fungsi Dan Kaidah Kebahasaan Serta Contoh Teks Iklan)

Loading...
TEKS IKLAN adalah pembahasan yang akan diuraikan dalam materi pelajaran bahasa indonesia dibawah ini, yang mana materi ini merupakan materi sekolah menengah atas (SMA) kelas XII. Dan teks iklan yang akan dijelaskan yakni memuat pengertian atau definisi teks iklan, struktur teks, fungsi, kaidah kebahasaan serta contoh teks iklanDari jaman dahulu hingga jaman sekarang didalam kehidupan kita sehari-hari, sudah tentu pasti sering mendengar bahkan melihat yang namanya iklan.

Iklan bisa anda temukan di setiap sudut kota seperti baliho, banner. Di media elektronik , iklan dapat anda jumpai seperti di televisi (tv) , radio, situs web dan banyak lagi, Bahkan iklan juga bisa anda temukan di media cetak seperti koran maupun majalah. Oleh karena itu, iklan sudah pasti ada dan selalu menemani kita semua didalam kehidupan.

Pengertian Teks Iklan

Definisi teks iklan adalah sebuah media atau wadah cara mempromosikan / memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada para konsumen, karena cara ini memiliki daya jangkau yang luas serta masif, sehingga sangat baik untuk proses pengenalan sebuah produk untuk konsumen.
contoh teks iklan
Contoh teks iklan
Adapun target tujuan dari iklan adalah untuk mengenalkan sebuah produk-produk baru maupun produk yang sudah lama, baik itu berupa barang ataupun berupa jasa untuk konsumen (masyarakat) agar dapat menarik perhatian konsumen untuk bisa mengenali produk yang dipasarkan, membeli sampai menggunakan /mengkonsumsi dari produk-produk yang di pasarkan.

Sejak televisi banyak beredar, persaingan pada bidang periklanan semakin pesat, akan tetapi yang menjadi primadona target produsen di dalam mengiklankan produk-produknya adalah media cetak, yang mana didalam media cetak memiliki pangsa pasar tersendiri sehingga para produsen setia menggunakannya.

Struktur Teks Iklan

Di dalam teks iklan dibawah ini yang akan dibahas dan dipelajari yakni mengenai promosi produk barang dan produk jasa. Dengan diberikan contoh lengkap nantinya diharapkan anda dapat dengan mudah untuk mengerti bagaimana bentuk serta contoh teks iklan produk dengan berbagai produk berikut dibawah. Adapun didalam sebuah teks iklan, terdapat struktur yang terdiri atas judul, nama produk dan penjelasan mengenai produk tersebut. Berikut penjelasannya. 

a. Judul
Judul didalam teks iklan berada pada bagian yang paling atas, akan tetapi tidak seluruhnya iklan menampilkan judul, sebagian menampilkan nama produk tepat di bagian paling atas dari teks iklan tersebut.

b. Nama produk
Pada bagian ini di dalamnya berisi dengan nama produk yang akan di promosikan atau diiklankan.

c. Penjelasan mengenai produk
Pada bagian ini di dalamnya berisikan dengan penjelasan singkat / deskripsi tentang produk yang akan di promosikan / diiklankan, yang mana dalam hal ini meliputi seperti :

1. Spesifikasi detail produk
2. Cara untuk bisa mendapatkan produk yang dipromosikan / diiklankan
3. Alamat yang bisa dikunjungi
4. Contact person atau nomor telephone yang bisa dihubungi. 

Fungsi Teks Iklan

Didalam pengertian teks iklan yang secara sederhana, dapat diartikan sebagai sebuah pesan yang memberikan penawaran sebuah produk dengan target tujuannya adalah masyarakat sebagai para konsumen melalui suatu media, baik itu media cetak maupun media elektronik. Akan tetapi untuk bisa melihat letak perbedaannya dengan pengumuman yang biasa, iklan lebih merujuk kearah bagaimana agar bisa membuat masyarakat / konsumen membeli produk yang di iklankan. Dan dibawah ini adalah beebrapa fungsi dari iklan, yakni sebagai berikut :

a. Sebagai sebuah informasi
Maksudnya adalah untuk bisa menyampaikan informasi mengenai suatu produk baru, ciri-ciri dari produk dan sebagainya.

b. Sebagai persuasi
Maksudnya adalah iklan berfungsi untuk mengarahkan para masyarakat (konsumen) untuk membeli produk yang diiklankan.

c. Sebagai reminder
Maksudnya adalah suatu iklan dapat mengingatkan para masyarakat (konsumen) mengenai produk-produk tertentu supaya bisa menggunakan selalu produk-produk yang di iklankan tersebut.

Ciri Kebahasaan Teks Iklan

Di dalam teks iklan, terdapat juga ciri-ciri kebahasaan yang dapat memberikan perbedaan dengan beberapa teks lainnya. Dan berikut ini adalah ciri-ciri kebahasaan didalam teks iklan yakni :

  a. Iklan menggunakan slogan
Yang dimaksud dengan slogan adalah sebuah kalimat-kalimat atau perkataan yang sifatnya mudah di ingat atau mudah di hafal, menarik perhatian, dan mencolok dalam penyampaian iklan yang di promosikan. Didalam bagian slogan terdiri atas empat (4) hingga lima (5) kata yang mempunyai daya tarik yang sangat kuat bagaikan magnet dan tentu pastinya mudah di ingat supaya, pesan yang terkandung di dalamnya dapat sampai ke masyarakat / orang-orang yang membaca atau melihat dan atau para konsumen dari iklan yang di promosikan.

Pada bagian iklan, slogan lebih mengarah pada susunan kata atau pernyataan, deskripsi singkat tentang suatu produk barang ataupun jasa layanan agar publik dengan mudah untuk mengingatnya. Peranan slogan sangat penting di dalam dunia jasa periklanan, dengan adanya sebuah slogan, suatu produk iklan akan sangat cepat diingat dan mudah untuk dihafal serta dapat lebih terkenal. Biasanya slogan juga banyak digunakan dan banyak ditemui di saat adanya kampanye-kampanye instansi pemerintahan maupun partai, contoh kampanye anti korupsi pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kampanye Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA), tidak menerima gratifikasi di kantor-kantor pelayanan pemerintahan dan masih banyak lagi yang bisa di temui.

Kreatifitas dalam membuat kalimat slogan sangat wajib diperhatikan agar tidak termakan oleh zaman supaya, masyarakat dengan semakin mudahnya dalam mengingat dan menghafal kalimat slogan yang terdapat dalam iklan yang di promosikan tersebut. Keberhasilan didalam menggunakan slogan dapat dilihat dan diukur dengan cara seberapa dalam masyarakat (konsumen) mengetahui slogan yang tertera. Jika slogan berhasil merasuk ke fikiran masyarakat (konsumen) maka, hanya dengan mendengar kalimat slogan pada sebuah iklan, masyarakat (konsumen) dengan cepat mengetahui dan mengenali jenis produk apa yang menggunakan kata/kalimat slogan tersebut. Contoh slogan “sekali libas nyamuk tewas”, dengan mendengar kalimat tersebut pastinya anda sudah bisa menebak jenis produk dan merek apa yang dimaksud tanpa anda melihat produk pada iklan itu lagi..

  b. Kalimat Persuasif
Yang dimaksud dengan kalimat persuasif adalah sebuah kalimat yang mempunyai tujuan utama agar bisa membujuk serta meyakinkan para pembaca (calon pembeli) supaya bisa menerima dan menjalankan ide dari penulis untuk suatu hal yang ditujukan. Contoh ”bergabunglah bersama kami BANK MB dan perbanyaklah transaksi anda dengan aman, mudah dan cepat”. Sehingga kalimat persuasif yang ada didalam slogan iklan tersebut adalah aman, mudah dan cepat.

  c. Menggunakan Subjek Orang Pertama
Subjek yang biasanya digunakan didalam teks iklan adalah subjek orang pertama tunggal (jamak), contoh kami, saya, dan aku untuk mengganti instansi (pihak) yang memasang iklan. Kemudian pada teks iklan tersebut, subjek orang pertama jamak yang digunakan, contoh kami. Sehingga subjek orang pertama tunggal jamak adalah ciri kebahasaan didalam teks iklan. 

Contoh Teks Iklan Produk

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks iklan produk barang maupun jasa seperti iklan berniaga (penjualan), iklan lowongan kerja (loker), iklan jasa, iklan promosi dan iklan rumah. Dengan adanya contoh iklan berikut, diharapkan anda bisa menilai dan bisa membedakan apa saja yang di iklankan.
contoh teks iklan produk
Contoh teks iklan produk
Seperti gambar yang tertera diatas, jenis iklan tersebut adalah iklan produk.
Contoh teks iklan penjualan
Contoh teks iklan penjualan
Seperti gambar yang tertera diatas, jenis iklan tersebut adalah teks iklan penjualan.
Contoh teks iklan jasa
Contoh teks iklan jasa
Seperti gambar yang tertera diatas, jenis iklan tersebut adalah teks iklan jasa.
Contoh teks iklan niaga
Contoh teks iklan niaga
Seperti gambar yang tertera diatas, jenis iklan tersebut adalah teks iklan niaga.
Contoh teks iklan lowongan
Contoh teks iklan lowongan
 Seperti gambar yang tertera diatas, jenis iklan tersebut adalah teks iklan lowongan.
Loading...
Loading...