Loading...

Teks Prosedur Kompleks (Pengertian / Definisi, Struktur, Kaidah Kebahasaan Dan Contoh Teks Prosedur)

Loading...
Teks prosedur kompleks adalah materi pelajaran bahasa indonesia yang akan di uraikan dibawah ini, yang mana materi ini merupakan materi sekolah menengah atas (SMA) kelas X. Dan yang akan dijelaskan yakni teks prosedur kompleks yang terdiri dari pengertian (definisi), struktur teks, kaidah kebahasaan serta contoh teks prosedur kompleks. Semoga pembahasan ini dapat membantu dan anda jadikan referensi dalam mengerjakan tugas dan sebagainya.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Definisi teks prosedur adalah tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu kegiatan / aktifitas (Kamus Besar Bahasa Indonesia / KBBI). Sehingga, suatu teks prosedur dapat memberitahu kan kepada kita tentang bagaimana sesuatu kegiatan dikerjakan dengan melalui serangkaian langkah-langkah atau tindakan-tindakan sesuai dengan aturan dan tata cara yang di tuliskan. Dan adapun informasi dari teks prosedur di sajikan berdasarkan urusan kejadian yang sifatnya logis.
Teks Prosedur Kompleks (Pengertian / Definisi, Struktur, Kaidah Kebahasaan Dan Contoh Teks Prosedur)
Teks Prosedur Kompleks

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Adapun struktur teks ini adalah cara-cara atau bagian bagaimana teks itu dibangun. Dan struktur teks prosedur kompleks disusun atas bagian tujuan, bagian material dan kemudian bagian langkah-langkah. Dan berikut penjelasan lebih jelasnya.
1. Bagian tujuan
Bagian ini berisikan dengan tujuan dari pembuatan teks prosedur itu sendiri atau dengan kata lain yakni hasil akhir yang akan diraih. Hal ini dapat ditandai yakni dengan berupa judul.
2. Bagian material
Bagian ini berisikan dengan informasi mengenai alat-alat / bahan-bahan yang akan dibutuhkan nantinya. Akan tetapi teks prosedur tidak mesti semuanya memiliki bagian ini. Biasanya bagian ini dapat ditandai pada resep masakan.
3. Bagian langkah-langkah
Bagian ini berisikan dengan bagaimana cara-cara yang digunakan/ditempuh agar bisa meraih tujuan. Dan pada bagian ini umumnya tidak bisa dirubah urutannya.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Adapun ciri-ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks prosedur yaitu banyak mengandung konjungsi, mengandung kalimat perintah (kata kerja yang imperatif), verba material dan juga tingkah laku serta partisipan manusia yang secara umum. Dan penjelasan lebih jelasnya sebagai berikut ini.

1. Konjungsi
Maksud dari konjungsi adalah pada teks prosedur banyak menyatakan waktu (berupa kegiatan) misalnya :
    a. Setelah itu
    b. Lalu
    c. Kemudian
    d. Selanjutnya
Sehingga kata-kata macam itu muncul sebagai bagian dari konsekuensi oleh langkah-langkah / cara-cara penggunaan sesuatu yang sifatnya kronologis.
2. Kata kerja imperatif / perintah
Didalam teks prosedur sering ditemukan kalimat perintah. Adapun konsekuensi dari adanya kalimat perintah ini juga sering terdapat adanya pemakaian kata kerja imperatif. Maksud dari kata kerja imperatif adalah sebuah kata yang menyatakan sebuah perintah atau sifatnya keharusan dan juga bersifat larangan.
3. Verba material dan tingkah laku
Maksud dari verba material adalah hal yang mengacu kepada suatu tindakan fisik sedangkan untuk verba tingkah laku adalah sebuah tindakan yang dilakukan/dilaksanakan dengan berupa ungkapan.
4. Partisipan manusia
Maksud dari partisipan manusia adalah umumnya kita cukup melakukan pemeriksaan apakah didalam teks prosedur kompleks yang kita sunting adanya partisipan dari manusia dan kemudian partisipan manusia tersebut tidak secara khusus.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Prosedur pembuatan SKCK baru atau perpanjangan masa berlaku SKCK
=> Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
1. Sebelum melakukan pendaftaran pada ruang tertentu di kantor kepolisian terdekat, kita sebagai pemohon harus membaca prosedur yang telah di tetapkan pada papan informasi.
2. Hal yang harus dipenuhi yakni 
    a. Membawa surat pengantar dari kantor kelurahan tempat domisili pemohon.
    b. Membawa fotocopy KTP/SIM sesuai dengan surat pengantar kelurahan.
    c. Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK).
    d. Membawa pas foto terbaru berkerah dan berwarna yang berukuran 4x6 (4 lembar).
    e. Pemohon SKCK diwajibkan menggunakan helm standar bila menggunakan sepeda motor, pakaian yang rapi, sopan dan dilarang menggunakan celana pendek.
3. Kemudian pemohon datang ke ruang pendaftaran dan mengisi formulir daftar riwayat hidup yang telah disediakan di kantor polisi dengan jelas dan benar.
4. Pemohon diwajibkan untuk membawa map merah sebanyak 3 buah (untuk laki-laki) dan map biru sebanyak 3 buah (untuk perempuan).
5. Apabila perlengkapan dan persyaratan telah lengkap, maka dapat segera menyerahkan permohonan ke bagian pendaftaran. Dan setelah itu tunggulah, akan dilakukan pengecekan berkas dan pemohon dapat menunggu di ruang yang telah disediakan hingga nama sipemohon akan dipanggil oleh petugas pelayanan, yang berarti SKCK anda sudah jadi.

=> Memperpanjang masa berlaku SKCK
1. Sebelum melakukan pendaftaran pada ruang tertentu di kantor kepolisian terdekat, kita sebagai pemohon harus membaca prosedur yang telah di tetapkan pada papan informasi.
2. Hal yang harus dipenuhi yakni
    a. Membawa lembar SKCK lama yang asli (max telah habis masanya selama 1 tahun).
    b. Membawa fotocopy KTP/SIM.
    c. Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK).
    d. Membawa pas foto terbaru berkerah dan berwarna yang berukuran 4x6 (4 lembar).
  e. membawa map merah sebanyak 3 buah (untuk laki-laki) dan map biru sebanyak 3 buah (untuk perempuan).
    f. Pemohon SKCK diwajibkan menggunakan helm standar bila menggunakan sepeda motor, pakaian yang rapi, sopan dan dilarang menggunakan celana pendek.
3. Apabila perlengkapan dan persyaratan telah lengkap, maka dapat segera menyerahkan permohonan ke bagian pendaftaran. Dan setelah itu tunggulah, akan dilakukan pengecekan berkas dan pemohon dapat menunggu di ruang yang telah disediakan hingga nama sipemohon akan dipanggil oleh petugas pelayanan, yang berarti SKCK anda sudah jadi.
Loading...
Loading...