Loading...

TEKS ULASAN (Pengertian, Definisi, Struktur Serta Contoh Teks Ulasan)

Loading...
TEKS ULASAN merupakan pembahasan yang akan dijelaskan dibawah ini yang mana, materi pelajaran ini termasuk ke dalam materi pelajaran bahasa Indonesia tingkat kelas XI kurikulum tahun 2013. Di dalam pembahasan mengenai teks ulasan ini, akan dijelaskan mengenai definisi/pengertian, struktur serta contoh teks ulasan. Dan semoga pembahasan berikut dapat memecahkan tugas sekolah dalam materi pelajaran bahasa Indonesia anda.

Pengertian Teks Ulasan

Definisi teks ulasan adalah sebuah teks yang berisikan dengan ulasan-ulasan dan atau suatu penilaian atas suatu karya misalnya sebuah drama, film dan sebagainya. Kita harus bisa untuk bersikap kritis dalam mengulas sebuah drama atau film, karena bersikap kritis merupakan suatu hal yang mempunyai peranan sangat penting supaya ulasan-ulasan yang akan kita tulis dapat memberikan kontribusi untuk dan demi kemajuan dari drama maupun film tersebut.
TEKS ULASAN ( Review)

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks ulasan yaitu suatu bagian-bagian yang memiliki peranan yang dapat membangun sebuah teks yang kemudian akan menjadi suatu teks yang rampung/utuh. Dan dibawah ini adalah struktur yang dapat membangun sebuah teks ulasan yang terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman. Dan berikut penjelasan dari masing-masing struktur tersebut :

a. Orientasi
Isi dari orientasi ini adalah sebuah pengenalan mengenai gambaran umum (deskripsi) atas suatu karya drama dan atau film yang kemudian akan diulas. Adapun deskripsi atau gambaran umum tersebut menyajikan sebuah "latar belakang" untuk pembaca tentang apa saja yang kemudian akan diulas.

b. Tafsiran
Isi dari tafsiran ini adalah sebuah rincian gambaran tentang suatu karya drama dan atau film yang kemudian akan diulas. Adapun contoh tafsiran ini seperti bagian dari hasil karya, keunggulan, keunikan dan kualitas.

c. Evaluasi
Isi dari evaluasi ini adalah sebuah pandangan oleh si pengulas tentang hasil karya drama dan atau film yang telah di ulas. Adapun kegiatan ini dilakukan sesudah dilakukannya tafsiran yang dinilai cukup atas hasil karya drama dan atau film yang diulas. Pada tahap evaluasi ini, penulis kemudian akan menyebutkan pada bagian-bagian mana yang memiliki nilai lebih (bernilai kelebihan) dan atau bagian-bagian mana yang memiliki nilai kurang (bernilai kekurangan) oleh sebuah karya drama dan atau film.

d. Rangkuman
Isi dari rangkuman ini adalah sebuah kesimpulan atas ulasan yang telah dilakukan pada suatu karya drama dan atau film. Dalam hal ini juga berisikan atas komentar dari penulis, apakah hasil karya drama dan atau film itu memiliki nilai serta berkualitas untuk ditayangkan, di saksikan dan di tonton atau film itu tidak bernilai dan tidak berkualitas. Itu akan di lontarkan pada bagian rangkuman ini.

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini adalah beberapa contoh teks ulasan drama dan atau film yang ada di Indonesia yang di rangkum dan di kumpulkan dari beberapa sumber yang ada di internet yang lengkap dan telah disusun berdasarkab dengan struktur penataannya.

'Contoh teks ulasan film Di Balik 98 beserta strukturnya'

Orientasi (gambaran umum, deskripsi, latar belakang)
Film Di Balik '98 adalah sebuah film yang diproduksi oleh MNC Pictures yang menceritakan mengenai suatu kejadian kerusuhan yang telah terjadi tepat pada tahun 1998 silam. Seluruh rakyat dan masyarakat Indonesia pastinya telah mengetahui tentang peristiwa pada bulan Mei 1998 tersebut. Pada saat itu merupakan suatu saat dimana terjadinya krisis bagi tahta ke presidenan Soeharto dan juga masa Orde Baru. Akan tetapi didalam film Di balik 98, adapun dibalik panasnya situasi dan keadaan serta situasi politik, terdapat banyak kisah dan makna yang dapat dipetik nilai kemanusiaannya.

Tafsiran (rincian gambaran seperti keunikan dan keunggulan)
Di ceritakan dan di kisahkan, Diana (Chelsea Islan), adalah seseorang mahasiswi dari Trisakti yang kemudian memutuskan untuk bergabung kedalam anggota para demonstran. Masa kekuasaan Soeharto menurut mahasiswi tersebut (Diana) harus segera diakhiri.

Dengan memutuskan untuk bergabung kedalam anggota para demonstran adalah sebuah pilihan yang kurang tepat bagi mahasiswi tersebut (Diana), hal ini dikarenakan Diana yang tinggal pada saat ini bersama dengan seorang kakaknya yakni Salma (Ririn Ekawati), yang tak lain adalah seorang pegawai di Istana Negara, dan suaminya Salma yakni Bagus (Donny Alamsyah), adalah seorang yang berprofesi Letnan Dua, Angkatan Darat (AD). Disaat sejak krisis moneter bermula, Diana telah bergabung kedalam anggota gerakan gabungan seluruh mahasiswa Indonesia yang menuntut serta mendesak diturunkan nya presiden Soeharto di era kepemimpinan presiden tersebut.

Kejadian ini yakni salah satu bentuk dari sikap dan bentuk kegelisahan serta ketakutan yang di rasakan masyarakat, dan tingginya tingkat ketakutan masyarakat terjadi tepat pada tanggal 13 hingga 14 Mei, yang mana terdapat 4 orang mahasiswa yang tertembak mati (tewas) oleh para aparat keamanan yang sedang bertugas mengatasi rusuh 98. Di tengah peristiwa, kondisi dan situasi yang sangat tidak kondusif ini, presiden Soeharto bergerak dan memutuskan untuk pergi dalam rangka menghadiri KTT G-15 di Kairo, Mesir.

Adapun wakil presiden, B.J. Habibie di kejutkan dari kejadian penembakan yang telah terjadi di kampus Trisakti yang berujung dengan suatu kerusuhan besar. Kemarahan tersebut tidak di rasakan hanya oleh Diana maupun mahasiswa lainnya, akan tetapi kemarahan itu juga dirasakan kakak ipar Diana (Bagus). Mengetahui sang istri yang sedang menjalani hamil tua, Bagus tetap melaksanakan kewajiban dan perintah dari atasan untuk melakukan penjagaan keamanan pada titik titik lokasi di berbagai wilayah yang ada di Jakarta.

Hati bagus semakin gundah dan bercampur runyam disaat ia tahu bahwa istrinya sedang tidak berada di Istana Negara, yang disebabkan istrinya pergi dengan tujuan mencari Diana adiknya yang dalam beberapa hari tidak ada kabar dan informasi terkait dimana keberadaan serta Diana juga belum pernah pulang ke rumahnya.

Semuanya kian bertambah aneh saat ketika Daniel (Boy William) pacar Diana, yakni seorang dari keturunan Tionghoa, harus merasakan juga kepedihan hari demi hari diwaktu itu. Ayah dan adik Daniel juga menghilang tanpa jejak dalam kejadian kerusuhan 14 Mei.

Tidak hanya itu, Daniel pun hampir juga terjebak dalam aksi sweeping yang dilakukan oleh masyarakat setempat dalam melakukan penyaringan orang-orang yang bukan pribumi (Non Pribumi), yang waktu itu menjadi puncak issue rasial di Indonesia. Di sudut lain, rakyat sekelas gembel ataupun orang sulit serta pengemis pun juga harus turut serta merasakan bagaimana dampak dari kejadian politik yang terjadi, dan dampak buruknya bagi mereka.

Evaluasi (kelebihan dan atau kekurangan film)
Film yang dirilis pada awal tahun tepatnya 15 Januari 2015 ini bukanlah film yang berunsur politik, akan tetapi masuk kedalam kategori film drama keluarga, percintaan, dengan kerusuhan pada bulan Mei tahun 1998 yang menjadi latar belakang. Dan karena ini adalah film, memiliki paradigma yang berbeda dengan peristiwa kerusuhan Mei '98 tersebut. Dengan menyelipkan beberapa kisah fiksi yakni berupa kisah Diana, Daniel, dan yang lainnya, hal tersebutlah yang akan menjadikan film Dibalik '98 menjadi lebih lengkap, menarik dan sempurna.

Cerita genting Mei 1998 memang hingga saat ini masih terkenang cukup dengan baik, khususnya untuk mereka yang mengalaminya secara langsung kejadian tersebut. Akan tetapi Lukman Sardi, yakni sang sutradara, yang kemudian mencoba untuk mendeskripsikan permasalahan lain yang terdapat dalam film "Dibalik '98" untuk diketahui oleh masyarakat. Dengan kehadiran Chelsea Islan yang namanya sedang mengalami naik daun dan juga sedang terkenal, berbanding lurus dengan kualitas aktingnya yang semakin memumpuni.

Boy William juga tidak kalah hebatnya memainkan peran mahasiswa turunan Tionghoa yang turut merasakan kepahitan peristiwa 1998. Untuk penampilan oleh pemain, Dibalik 98 sudah memberikan sesuatu yang terbaik.

Rangkuman (kesimpulan layak atau tidak untuk di tonton)
Apabila anda belum mengetahui dan belum memahami bagaimana peristiwa dan kejadian Mei 1998, Anda disarankan untuk menyaksikan film tragedi di balik 98 ini, karena film ini juga akan menyajikan jawabannya. Kemudian film tragedi di balik 98 ini pun menceritakan bagaimana masalah yang terjadi tersebut akhirnya dapat terselesaikan dari pembicaraan empat mata yang dilakukan antara presiden dengan wakil presiden yang sampai akhirnya presiden Soeharto turun dari jabatannya. Dan kemudian yang menjadi nilai lebih yakni sesuatu yang tidak diduga adalah film tragedi di balik 98 ini juga menyajikan unsur komedi yang terdapat di dalamnya. 

'Contoh teks ulasan film Laskar Pelangi beserta strukturnya'


Orientasi (gambaran umum, deskripsi, latar belakang)
Film laskar pelangi merupakan salah satu film yang termasuk dalam film terbaik di dunia perfilm-an Indonesia atas karya Riri Riza. Film ini diangkat berdasarkan sebuah novel dengan judul yang mirip juga dengan karya dari Andrea Hirata yang telah di produksi sejak tahun 2008 silam.

Sejak awal mula kehadirannya di layar lebar, film laskar pelangi memiliki nasib yang sama dengan yang terjadi pada buku novelnya, yakni kedua-duanya mendapatkan perhatian yang sangat luar biasa oleh para penikmat karya seni di Indonesia, lebih spesifiknya yakni pecinta film. Hasil tersebut tak terlepas oleh tangan dingin dari seseorang yang berprofesi produser muda yang berbakat yakni, Mira Lesmana yang kemudian bekerjasama dengan Riri Riza yakni, merupakan salah satu produser terbaik juga yang ada di negeri Indonesia ini.

Tafsiran (rincian gambaran seperti keunikan dan keunggulan)
Sesuatu hal yang membuat film laskar pelangi ini menarik yakni terdapat pada para pemain (aktor maupun aktris) yang ditunjuk adalah asli anak–anak dari Belitung, yakni sebuah wilayah/daerah yang merupakan latar dari kisah pada novel aslinya tersebut. Para pemain kemudian memerankan masing-masing tokoh yang terdapat pada cerita tersebut, yakni seperti Ikal (yang diperankan oleh Zulfani), Lintang (yang diperankan oleh Ferdian), Mahar ( yang diperankan oleh Verrys Yamarno) dan begitu pula dengan tokoh lainnya yang terdapat dalam cerita tersebut.

Berdasarkan atas di tunjuknya pemeran tokoh asli dari anak-anak Belitung ini yang kemudian memberikan kesan cukup dalam yang dikarenakan dengan kemampuan para tokoh tersebut dalam berakting dengan sangat asli kesederhanaan (natural) dan hal tersebut dapat dukungan juga dari gaya mereka serta logat bicara mereka yang tak lain yakni penduduk asli.

Dalam film laskar pelangi dikisahkan suatu cerita 10 orang sahabat. Mereka semuanya bersekolah di sebuah sekolah yang kecil yakni SD Muhammadiyah yang terdapat di Pulau Belitung. Pada mulanya sekolah itu terancam akan ditutup yang dikarenakan kurangnya siswa/siswi yang melakukan proses belajar. Akan tetapi, dengan kegigihan serta keinginan kuat dari ke 10 anak-anak itu yang kemudian membuat sekolah tersebut gagal ditutup.

Keberhasilan upaya ini juga dukungan dan perjuangan oleh seorang guru yang sangat baik, yakni Bu Muslimah (yang diperankan oleh Cut Mini) dan Pak Harfanh (yang diperankan dengan baik oleh Ikranagara). Adapun selain dari mengkisahkan tentang persahabatan, film ini pula menyajikan kisah emosional mengenai Lintang yakni seorang anak yang miskin tapi sangat pandai. Akan tetapi dia harus bekerja keras untuk bertahan hidup demi beberapa adik-adiknya yang sesudah di tinggal mati oleh ayahnya di lautan.

Evaluasi (kelebihan dan atau kekurangan film)
Dengan pemilihan lokasi dan pengambilan gambar film yang banyak diambil dari luar ruangan, akibatnya efek dari gambar serta suara yang kemudian di hasilkan agak sedikit kurang jelas. Akan tetapi secara menyeluruh, film laskar pelangi ini sangat baik. Adapun sesudah pemutaran pertamanya, banyak dari para penonton yang kemudian tersanjung dengan film ini. Ini dikarenakan isi dari cerita yang menyuguhkan nuansa berbeda yang ada pada film di Indonesia yang notabenenya sedang dipopulerkan oleh film bergenre horor.

Ceritanya yang menarik dengan dukungan serta kemampuan natural dari para aktor maupun aktrisnya menjadi nilai plus. Tak hanya itu, latar belakang tempat film ini direkam sangat cantik dan baik karena dilatarbelakangi oleh keindahan dari Pulau Belitung dengan latar waktu beberapa tahun lampau, sehingga ini bisa membuat suatu promosi pariwisata daerah Belitung yang masuk dalam daerah baru berkembang.

Rangkuman (kesimpulan layak atau tidak untuk di tonton)
Oleh sebab itu, film laskar pelangi ini sangat layak untuk dikatakan sebagai salah satu dari film terbaik pada dunia perfilman yang ada di Indonesia. Film ini boleh ditonton oleh semua usia karena di dalamnya tidak ada adegan kekerasan ataupun unsur sensual.

Walau film ini diproduksi tahun 2008 silam, akan tetapi film ini masih bagus untuk ditonton secara berulang-ulang kapanpun dan dimanapun. Yang jadi pengharapan adalah semoga di waktu yang akan datang, agar semakin banyak produser film yang dapat termotivasi dalam pembuatan film dengan kualitas yang dapat menyamai bahkan dapat melebihi film ini.
Loading...
Loading...