Loading...

Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Menurut Para Ahli

Loading...
Alasan timbul dan pengendalian persedian adalah pembahasan yang akan diuraikan pada penjelasan dibawah ini. Pembahasan ini masuk kedalam aspek materi pelajaran ekonomi manajemen operasional. Adapun fokus pembahasan yang akan di jelaskan pada artikel ini yakni :

1. Alasan timbulnya persediaan.
2. Pengendalian persediaan.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan anda didalam mengetahui alasan timbulnya persediaan dan pengendalian persediaan menurut para ahli serta menjadi portal referensi tugas ataupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Menurut Para Ahli
Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian 

Alasan Timbulnya Persediaan

Menurut Schroeder (2000 : 6) ada empat alasan untuk mengadakan persediaan :

1. Untuk berlindung dari ketidakpastian
Dalam sistem persediaan, terdapat ketidakpastian dalam pemasokan, permintaanan tenggang waktu pesanan. Stock pengaman dipertahankan dalam persediaan untuk berlindung dari ketidakpastian tersebut.

2. Untuk memungkinkan produksi dan pembelian ekonomis
Sering lebih ekonomis untuk memproduksi bahan dalam jumlah besar. Dalam kasus ini, sejumlah besar barang dapat diproduksi dalam periode waktu yang pendek, dan kemudian tidak ada produksi selanjutnya yang dilakukan sampai jumlah tersebut hampir habis.

3. Untuk mengatasi perubahan yang diantisipasi dalam permintaan dan penawaran
Ada beberapa tipe situasi dimana perubahan dalam permintaan atau penawaran dapat diantisipasi. Salah satu kasus adalah dimana harga atau ketersediaan bahan baku diperkirakan untuk berubah.
Baca juga TEORI PERSEDIAAN
Sumber lain antisipasi adalah promosi pasar yang direncanakan dimana sejumlah besar barang jadi dapat disediakan sebelum dijual. Akhirnya perusahaan - perusahaan dalam usaha musiman sering mengantisipasi permintaan untuk memperlancar pekerjaan.

4. Menyediakan untuk transit
Persediaan dalam perjalanan (transit inventories) terdiri dari bahan yang berada dalam perjalanan dari satu titik ke titik yang lainnya. Persediaan - persediaan ini dipengaruhi oleh keputusan lokasi pabrik dan pilihan alat angkut.

Secara teknis, persediaan yang bergerak antara tahap-tahap produksi, walaupun di dalam satu pabrik, juga dapat digolongkan sebagai persediaan dalam perjalanan. Kadang-kadang persediaan dalam perjalanan disebut persediaan pipa saluran karena ini berada dalam pipa saluran distribusi.


Pengendalian Persediaan

Menurut pendapat Assauri (2004:176) pengendalian persediaan adalah salah satu kegiatan dari urutan kegiatan - kegiatan yang berurutan erat satu sama lain dalam seluruh operasi produksi perusahaan tersebut sesuai dengan apa yang telah direncanakan lebih dahulu baik waktu, jumlah, kuantitas, maupun biayanya.

Menurut Rangkuti (2004:25) pengawasan persediaan adalah salah satu fungsi manajemen yang dapat dipecahkan dengan menerapkan metode kuantitatif”.

Sedangkan menurut Handoko (2000:333) pengendalian adalah fungsi manajerial yang sangat penting karena persediaan fisik banyak perusahaan melibatkan investasi rupiah terbesar dalam persediaan aktiva lancar”.
Baca juga Teori Manajemen Produksi Dan Operasional
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengendalian persediaan adalah suatu aktivitas untuk menetapkan besarnya persediaan dengan memperhatikan keseimbangan antara besarnya persediaan yang disimpan dengan biaya - biaya yang ditimbulkannya. Demikian pembahasan mengenai alasan timbul dan pengendalian persedian menurut para ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

Roger, Schroeder. 2000. Pengembilan Keputusan Dalam Suatu Fungsi Operasi, Edisi Ketiga. Erlangga: Jakarta.
Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. CP-FEUI: Jakarta.
Rangkuti, F. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Handoko, T. Hani. 2000. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 7. BPFE: Yogyakarta.
Loading...
Loading...