Loading...

POTENSI BLOG UNTUK GENERASI MUDA DALAM AKTIFITAS BLOGGING DEMI MENCAPAI KEBERHASILAN FINANSIAL

Potensi blog untuk generasi muda adalah pembahasan yang akan di jelaskan pada artikel dibawah ini, yang mana uraian kali ini akan dijelaskan secara rinci tentang bagaimana potensi blog untuk generasi muda dalam mencapai keberhasilan di era globalisasi. Pada era teknologi maju seperti sekarang ini, potensi blog memang sudah tidak bisa diragukan lagi dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan finansial. Bahkan sudah banyak juga dari kalangan generasi muda yang telah sukses dan baru memulai belajar (terjun ke dunia blogging) sejak dini, karena mereka tahu akan potensi yang besar yang dapat dihasilkan dari blog.

Dahulu, aktifitas bloging banyak dilakukan oleh para penulis (bloger) untuk berbagi berita, berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi tugas sekolah, tugas kuliah dan lain sebagainya kepada para pembaca seluruh dunia. Akan tetapi sejak diketahui bahwa aktifitas bloging dapat menghasilkan uang, membuat banyak pemuda pemudi yang tertarik dan kemudian terjun ke dunia per-bloggeran.
Potensi Blog Untuk Generasi Muda
Potensi Blog Untuk Generasi Muda
Hal ini dapat diketahui dengan banyaknya situs-situs baru, yang marak muncul seperti grup blogging dan ditambah lagi sering juga muncul di layar televisi para blogger sukses yang sudah banyak mencetak pundi-pundi uang ke rekening mereka. Para blogger yang sudah sukses profesi awalnya ada yang pernah menjadi buruh pabrik, tukang angon sapi/bebek, nelayan bahkan ada yang terkenal pengangguran oleh warga sekitarnya tetapi mampu mencetak puluhan juta setiap bulannya.

Adapun penghasilan para blogger sukses dapat melebihi diatas gaji pegawai atau karyawan, dan hal tersebut tentu menjadi bukti nyata bahwa blog mempunyai potensi yang sangat besar untuk generasi muda dalam mencapai keberhasilan finansial. Dan pada saat ini, orang-orang telah banyak menyadari akan potensi dari blog tersebut, terutama bagi mereka generasi muda baik itu yang masih menyandang status pelajar SMA, SMP bahkan ada yang masih duduk di bangku SD sekalipun.

Apa saja syarat untuk memulai aktifitas blogging ?

Walau aktifitas bloging memiliki potensi kesuksesan finansial yang sangat besar, akan tetapi didalam persyaratan untuk terjun ke dunia blog tidak mempunyai kriteria yang rumit. Yang dibutuhkan hanya ketekunan dalam belajar setiap prosesnya, kerajinan dalam membuat artikel yang bermanfaat, dan tekun dalam melakukan perbaikan pada permasalahan yang terjadi. Tak lupa juga yang wajib dipersiapkan yakni seperti :

a. Perangkat komputer atau laptop.
b. Modem / koneksi jaringan internet.
c. Artikel yang bermanfaat.
d. Waktu

Dengan persyaratan yang tidak begitu rumit, semua orang dapat terjun langsung kedalam aktifitas blogging selama ia mampu dalam mengurus blog tersebut hingga masa yang akan datang. Oleh karena itu, potensi blog dinilai sangat baik untuk generasi muda agar dapat menuangkan aspirasi, hobi, berbagi ilmu, sharing pengalaman dan juga sambil memanfaatkan blog sebagai mesin yang dapat menghasilkan uang yang sehingga sumber daya yang ada dan terbilang cukup mudah jika dipelajari jika dengan ulet dan tekun.

Apa saja yang dapat diperoleh dan di muat dalam aktifitas blogging ?

Adapun hal-hal positif yang dapat dimuat pada blog dan yang dapat kita raih seperti yang sudah dijelaskan diatas yakni seperti :

a. Hobi yang tersalurkan.
Dimana maksudnya adalah, bagi mereka yang mempunyai hobi menulis, maka aktifitas blogging sangat cocok untuk mereka karena sambil menulis, hobi tersalurkan dapat memperoleh keuntungan lebih jika hal yang dituliskan tersebut bermanfaat untuk orang lain.

b. Berbagi Informasi, Berita, Ilmu dan Pengalaman.
Aktifitas blogging juga dapat memuat berbagai macam konten yang bermanfaat untuk orang lain seperti saling berbagi informasi, berita, ilmu dan pengalaman.  Contoh blog yang dimaksud seperti :
  1. Blog tentang wisata, travel, objek memancing dan sebagainya .
  2. Blog tentang berita yang hangat terjadi di dalam/luar daerah penulis.
  3. Blog tentang berbagi ilmu seperti www.materibelajar.id
  4. Blog tentang berbagi pengalaman seperti blog tutorial, cara, daftar dan sebagainya.

c. Mendapatkan pengalaman baru dan juga sahabat baru.
Pastinya bagi mereka yang terjun kedunia blogging merasakan hal ini yakni mendapatkan pengalaman baru dan sahabat baru. Maksudnya adalah dengan anda terjun kedalam aktifitas blogging maka anda akan menemukan permasalahan-permasalahan baik itu pada html template, tata letak, kode skript dan lain sebagainya yang dapat menambah wawasan dan pengalaman baru anda mengenai hal yang baru anda temukan dan anda pelajari, yang pastinya anda akan terus menggali dan ingin menemukan solusi dari permasalahan yang anda rasakan tersebut.

Dengan permasalahan tersebut akan menimbulkan tanda tanya di pikiran anda dan mencoba untuk mencari group atau komunitas yang bisa membantu anda dalam permasalahan anda. Dengan demikian anda akan menemukan komunitas yang didalamnya berisikan dengan orang-orang yang memiliki profesi yang sama dengan yang anda lakukan, sehingga anda akan bertanya dan ada yang akan menjawab, memberikan solusi bahkan menuntun anda agar dapat memecahkan solusi tersebut yang kemudian anda akan menjalin keakraban dan menjalin tali silaturahmi kepada anggota-anggota se-profesi ngeblog tersebut. Itulah maksud dari menemukan pengalaman baru dan sahabat baru.

d. Penghasilan tambahan.
Mengingat sekarang ini pengguna internet diseluruh dunia semakin besar dan semakin pesat bertambah, hampir di seluruh dunia orang-orang mencari informasi, berita, tips cara, materi belajar, dan lain sebagai nya melalui internet. Sehingga hal tersebut menjadi faktor pendukung didalam potensi blog untuk meraih keberhasilan finansial terbilang sangat besar. Dimana semakin banyak pengguna internet, maka peluang blog yang telah dibuat akan semakin berpeluang mendapat kunjungan dari para pengguna internet, dan hal itu bagus untuk blog tersebut.

Semakin banyak jumlah kunjungan ke blog tersebut dari para pengguna internet, maka semakin besar peluang blog tersebut akan tenar, dikenal orang-orang dan bahkan akan dijadikan sumber referensi pengetahuan oleh para pembaca dengan melakukan bookmark, mengikuti update artikel melalui email dan sebagainya. Dan bila pengunjung blog tersebut stabil dengan angka pengunjung tinggi (traffik tinggi), maka hal tersebut akan mengundang bagi para pengusaha toko, online shop dan sebagainya untuk memasang iklan pada blog tersebut. Intinya adalah semakin banyak pengunjung sebuah blog maka pihak jasa pengiklan akan menghubungi anda untuk menitipkan iklan pada blog yang anda miliki.

Akan tetapi, permasalahan yang banyak dirasakan oleh para bloger itu sendiri adalah mereka merasa sulit untuk meningkatkan pengunjung (mendatangkan pengunjung) pada blog yang dimiliki tersebut. Padahal jika belajar dengan serius, tekun dan tak lupa belajar pada pengalaman master-master blogger yang sudah profesional dan sudah pengalaman pada bidang blogging tersebut. Oleh karena itu, untuk pemula yang baru terjun ke dunia blogging wajib untuk memperhatikan hal-hal tersebut yang telah terpaparkan diatas agar tidak berhenti di tengah jalan dalam menekuni aktifitas blogging dalam meraih kesuksesan finansial, dan itulah potensi blog untuk generasi muda yang harus diperhatikan.

Apa saja hal yang harus dipelajari dalam aktifitas blogging ?

Adapun didalam aktifitas blogging yang harus dipelajari dengan tekun dan giat yakni :

1. Seo Onpage
2. Seo Offpage
3. Promosi

Ketiga hal tersebut wajib dipelajari agar pengunjung blog semakin meningkat agar dapat menunjang eksistensi blog anda menjadi jawara pada peringkat 1 (pejwan/pageone/serp).


Hal lain yang perlu anda ketahui tentang blog !

Didalam aktifitas pembuatan blog sendiri, ada platform yang berbayar (self host) dan ada juga yang gratisan seperti blogger (blogspot). Dan yang paling populer digunakan banyak kalangan bloger yakni blogspot/blogger milik google. Hal tersebut dikarenakan pastinya tanpa ada dipungut biaya sedikitpun alias gratis, mudah digunakan dengan tampilan standar, dan sangat cocok bagi para pemula dalam dunia blogging.

Akan tetapi, apabila anda sudah mahir dalam blogging dan ingin memiliki blog yang lebih profesional serta mandiri, maka anda dapat membuat blog dengan type self host yang berarti anda membayar sewa untuk domain dan hostingan pada penyedia layanan hosting.

Dan pastinya, dari segi fitur dan keunggulan blog gratisan dengan blog self host pastinya berbeda. Blog self host memiliki banyak keunggulan dan fitur tersendiri daripada yang gratisan. Blog self host yang biasa digunakan yakni pada platform wordpress. Dan yang perlu anda ketahui bahwa platform wordpress juga ada yang gratis yakni wordpress.com dan platform wordpress self host yang berbayar yakni wordpress.org. Terserah dari anda sendiri mau memilih yang mana, karena sifatnya sama-sama memiliki tujuan yang sama yakni menciptakan sebuah blog yang berpotensi menghasilkan uang.

Oleh karena itu, semua tergantung dari kebutuhan dan kekuatan keuangan dari anda sendiri, maka yang terpenting jangan anda sia-siakan peluang potensi blog untuk generasi muda dalam mencapai keberhasilan pada era teknologi maju seperti sekarang ini. Rutin melakukan postingan bermanfaat dan berkualitas, rajin dan tekun belajar, dan memiliki semangat yang tinggi untuk berjuang serta memiliki motivasi yang tinggi merupakan kunci kesuksesan anda para generasi muda mulai dari sekarang. Bukan hanya aktifitas blogging, melainkan aktifitas-aktifitas lainnya juga harus anda terapkan seperti yang tertera diatas agar anda dapat sukses dalam mencapai keberhasilan finansial didalam kehidupan anda.

Kesimpulan dan saran

Belajarlah selalu, jangan menyerah dan jangan cepat putus asa jika anda menginginkan keberhasilan dalam mengelola blog dengan mendapatkan pengunjung / traffik yang banyak. Karena memang kejenuhan itu pasti selalu hadir didalam setiap aktifitas kita didalam kehidupan yang berarti bukan hanya ngeblog. Tentukan tujuan awal anda dalam terjun ke dunia bloging, jangan patah semangat dan katakan anti mundur agar anda bisa sukses pada masa muda anda karena, tidak ada sesuatu yang didapatkan dengan cara yang cepat atau instan, rasakan dan pelajari setiap prosesnya demi kesuksesan finansial anda kedepannya.

Semoga artikel potensi blog untuk generasi muda dalam mencapai keberhasilan pada era teknologi maju dapat menginspirasi anda semua, dan juga bermanfaat.