Loading...

#5 Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli / Pakar

Pengertian pendekatan pembelajaran menurut ahli / pakar adalah fokus utama pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel dibawah ini. Adapun detail penjelasan yang akan di bahas didalam materi tentang pendekatan pembelajaran yakni :

1. Pengertian Pendekatan belajar.
2. #5 Teori dan konsep pendekatan pembelajaran.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui #5 Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli / Pakar, serta menjadi portal referensi tugas maupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia
#5 Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli / Pakar

Pengertian Pendekatan Pembelajaran

Kata pendekatan berasal dari kata "dekat" yang mempunyai arti seperti berikut :
  a. Pendek
  b. Tidak jauh (jarak atau antaranya)
  c. Hampir
  d. Akrab dan
  e. Menjelang

Sementara itu, pengertian pendekatan secara bahasa mempunyai arti sebagai berikut :
  a. Proses
  b. Cara dan
  c. Perbuatan mendekati.

Sedangkan pengertian pendekatan secara istilah yakni, pendekatan dapat diartikan sebagai pandangan falsafi tentang subject matter yang digunakan untuk mencapai tujuan.

Dengan demikian, dari penjelasan diatas mengenai pengertian pendekatan baik itu secara bahasa maupun istilah dapat disimpulkan bahwa arti pendekatan adalah cara pandang terhadap suatu subject matter. Misalkan cara pandang terhadap proses pembelajaran sehingga memunculkan istilah pendekatan pembelajaran (Novan Ardy Wiyani, 2013:165).

#5 Definisi, teori dan konsep pendekatan pembelajaran menurut para ahli

Adapun pendapat dari Wahjoedi (1999:121) mengenai pengertian pendekatan yang berpendapat bahwa arti pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar secara optimal.

Kemudian menurut Syaifuddin Sagala (2005:68) yang berpendapat mengenai pengertian pendekatan berpendapat bahwa pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan instruksional tertentu.

Selanjutnya konsep pendekatan menurut Syaiful (2003:62) berpendapat bahwa pendekatan adalah suatu pandangan guru terhadap siswa dalam menilai, menentukan sikap dan perbuatan yang dihadapi dengan harapan dapat memecahkan masalah dalam mengelola kelas yang nyaman dan menyenangkan dalam proses pembelajaran.

Pendapat yang senada kemudian dipertegas oleh Nurma (2009:1) bahwa, beliau berpendapat mengenai pengertian pendekatan yakni pendekatan lebih menekankan pada strategi dan perencanaan. Pendekatan juga dapat diartikan sebagai titik tolak dalam melaksanakan pembelajaran kerena pendekatan yang dipilih dapat membantu kita dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Lebih lanjut mengenai teori pendekatan menurut Sanjaya (dalam Rusman 2013:380) yang mengatakan bahwa pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk kepada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum.

Berdasarkan dari beberapa kajian terhadap pengertian pendekatan belajar, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan adalah sebuah langkah awal pembentukan suatu ide dalam memandang suatu permasalahan atau objek kajian. Jadi pendekatan ini juga akan menentukan arah dari pelaksanaan ide-ide tersebut guna menggambarkan dan mendeskripsikan perlakuan yang diterapkan terhadap masalah-masalah atau objek kajian yang akan ditangani.

Sehingga dapat dikatakan bahwa pendekatan pembelajaran adalah suatu titik tolak atau sudut pandang mengenai cara bagaimana mengelola proses kegiatan belajar dan perilaku dari para siswa agar dapat aktif melakukan tugas belajar agar dapat mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan. Demikian pembahasan mengenai pengertian pendekatan pembelajaran menurut para ahli / pakar.

Daftar Pustaka

Novan, Ardy Wiyani. 2013. DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDKAN: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Komptensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman.  2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Wahjoedi. (1999). Jurnal Iptek Olahraga. Jurnal. Jakarta : Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK (PPPITOR).
Nurma. 2009. Pengertian Metode dan Pendekatan.(uns.ac.id)
Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Syaiful Bahri, Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.