Loading...

Olahraga Permainan Tonnis Dan Materi Pembelajarannya Dalam PJOK

Loading...
Olahraga permainan tonnis dan bagaimana metode pembelajarannya adalah pembahasan yang akan di uraikan pada penjelasan artikel berikut dibawah ini. Materi belajar tentang olahraga permainan tonnis ini adalah termasuk kedalam kategori pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Adapun fokus pembahasan yang akan di jelaskan takni :

1. Pengertian / Definisi Olahraga Tonnis.
2. Alat dan Lapangan Permainan Tonnis.
3. Peraturan Olahraga Permainan Tonnis.
4. Teknik Dasar Permainan Olahraga Tonnis.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui Olahraga permainan tonnis dan bagaimana metode pembelajarannya didalam materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan serta menjadi portal referensi tugas maupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
Bentuk raket tonnis
Paddle Tonnis

Pengertian tonnis

Definisi tonnis adalah sebuah olahraga permainan bola kecil yang relatif baru. Olahraga tonnis merupakan perpaduan antara permainan badminton dengan permainan tenis lapangan. Olahraga permainan ini dapat dimainkan di dalam maupun diluar gedung sekolah.

Sekolah yang mempunyai halaman yang cukup luas dapat memainkan permainan tonnis ini. Tonnis merupakan suatu bentuk olahraga permainan untuk memperkenalkan gerakan dasar tenis lapangan. Permainan ini tergolong sangat murah, karna alat permainannya mudah di dapat ataupun dibuat sendiri.

Alat dan lapangan permainan tonnis

Alat pemukul dalam permainan tonnis adalah sejenis raket yang di namakan paddle. Raket ini terbuat dari kayu multipleks. Supaya mengurangi tekanan angin, raket ini di beri lubang lubang. Raket sederhana ini dapat di buat sendiri.

Bola yang digunakan berupa bola tenis lapangan untuk usia dini. Bola ini lebih ringan dan lebih lentur sehingga kalau di pukul lajunya tidak terlalu kencang. Ukuran lapangan permainan tonnis adalah sebagai berikut :

a. Panjang            : 13.40 m.
b. Lebar                :   6.10 m.
c. Tinggi net          :      80 cm.
d. Tinggi tiang net  :      85 cm.

Panjang net seukuran dengan net badminton, tetapi tingginya hanya 85 cm seukuran dengan tinggi net tenis lapangan.

Peraturan Permainan Olahraga Tonnis

Peraturan permainan tonnis hamper sama dengan bulu tangkis. Pemenang pertandingan adalah yang lebih dahulu meraih angka 21. Ketika terjadi rubber set akan di lanjutkan pertandingan set ketiga.

Jika terjadi deuce 20 – 20 , dicari keunggulan dua angka untuk menentukan kemenangan. Namun, kalau sampai terjadi deuce, 21-21, 22-22 , 23-23 sampai 24-24, atlet yang dapat mengumpulkan angka 25 lebih dahulu berhak memenangkan pertandingan.

Teknik Dasar Permainan Olahraga Tonnis

Dasar-dasar teknik permainan tonnis banyak mengambil dari teknik dasar tenis lapangan. Berikut beberapa teknik dasar yang perlu di kuasai ketika akan melakukan latihan permainan tonnis.

1. Cara memegang raket.
2. Sikap siap.
3. Teknik pukulan.

Ketiga teknik dasar permainan olahraga tonnis tersebut pada dasarnya memiliki kesamaan dengan teknik dasar dari olahraga tenis sehingga, jika anda sudah mahir dalam permainan tenis maka anda akan mudah dalam mempelajari teknik-teknik dari permainan tonnis ini. Demikian pembahasan mengenai Olahraga permainan tonnis dan bagaimana metode pembelajarannya, semoga bermanfaat.
Loading...
Loading...