Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas

Atlas adalah pokok utama pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan tentang Atlas yang akan di bahas didalam materi pelajaran Geografi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian Atlas.
2. Jenis Atlas.
3. Manfaat Atlas.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui apa itu atlas, apa saja jenis-jenis atlas dan apa manfaat dari peta serta menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Pengertian Atlas, Jenis AtlasDan Manfaat Atlas.

Pengertian Atlas

Arti atlas adalah kumpulan peta yang dibukukan, yang mana kumpulan-kumpulan peta tersebut dapat mencakup seluruh peta dunia maupun sebagian saja. Peta dunia yang berbentuk dari atlas modern pertama oleh Ortelius-Theatrum Orbis Terrarum pada tahun 1570.

Definisi lain mengenai atlas yakni atlas merupakan kumpulan-kumpulan dari peta yang kemudian disatukan kedalam model buku, yang mana kumpulan peta yang tersaji dalam bentuk buku tersebut berisikan dengan informasi mengenai geografi, batas-batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi. Dan semua informasi tersebut tersaji dalam satu bentuk buku peta yang disebut dengan atlas.

Adapun didalam atlas kemudian dapat dibedakan menjadi beberapa jenis dan macam yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

Jenis Atlas

1. Berdasarkan menurut jenisnya, atlas dibagi menjadi tiga jenis. Adapun #3 jenis atlas yang dimaksud yakni sebagai berikut :

a. Atlas umum
Atlas umum adalah atlas yang memberikan informasi secara umum tentang kenampakan geografi di permukaan bumi. Contoh jenis atlas umum adalah atlas nasional, atlas regional dan atlas dunia.
b. Atlas khusus
Atlas khusus adalah atlas yang hanya memuat satu jenis informasi saja sesuai dengan judulnya. Contoh atlas khusus adalah atlas penduduk dan atlas geologi.
c. Atlas semesta
Atlas semesta adalah atlas yang memaparkan keadaan semesta alam yang antara lain yang berhubungan dengan tata surya, galaksi dan perbintangan serta peredaran benda-benda angkasa.

2. Berdasarkan menurut tujuan dan isinya, atlas kemudian dibedakan menjadi tiga jenis. Adapun #3 jenis atlas menurut tujuan dan isinya yang dimaksud yakni sebagai berikut :

a. Atlas referensi
Atlas referensi adalah atlas yang digunakan untuk mengetahui kenampakan geografi dan batas negara (batas wilayah).
b. Atlas pendidikan atau atlas sekolah.
c. Atlas tematik
Atlas tematik adalah atlas yang berisi dengan peta-peta dengan tema tertentu. Contoh atlas tematik adalah peta persebaran penduduk, peta pertanian, peta pariwisata dan lain sebagainya.
Baca juga Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta

Manfaat Atlas

Fungsi atlas dapat digunakan untuk beberapa keperluan didalam kehidupan seperti berikut :

1. Menunjukan lokasi suatu tempat dalam pemetaan suatu wilayah.
2. Menginformasikan luas, posisi dan letak suatu lokasi atau wilayah.
3. Menunjukan relief-relief kenampakan bumi di suatu wilayah atau daerah.