Loading...

Kelebihan - Kekurangan Pendekatan Inkuiri Terhadap Proses Belajar

Kelebihan dan kekurangan pendekatan inkuiri adalah pembahasan utama yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Adapun pokok-pokok yang akan dibahas didalam materi psikologi belajar tentang keunggulan dan kelemahan pendekatan pembelajaran inkuiri yakni sebagai berikut :

1. Kelebihan Pendekatan Inkuiri.
2. Kekurangan Pendekatan Inkuiri.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui kelebihan pendekatan pembelajaran Inkuiri dan kekurangan pendekatan pembelajaran Inkuiri serta menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan Inkuiri

Kelebihan Pendekatan Inkuiri

Berikut dibawah ini adalah lima kelebihan dari pendekatan inkuiri didalam proses pembelajaran. Adapun #5 kelebihan dan keunggulan pendekatan pembelajaran inkuiri adalah sebagai berikut :

1. Dapat membantu para peserta didik dalam mengembangkan kesiapan dan serta penguasaan keterampilan didalam proses kognitif.

2. Para peserta didik dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan baru secara perorangan atau individual sehingga mudah dapat dipahami dan mengendap didalam pola pemikirannya.
3. Para peserta didik bisa termotivasi dan kemudian bangkit dalam gairah belajar dengan melakukan proses kegiatan belajar lebih giat dan giat lagi.
4. Dapat memberikan suatu peluang agar dapat berkembang serta maju dengan sesuai kemampuan dan atau minat masing-masing peserta.
5. Dapat menambah serta memperkuat akan kepercayaan terhadap diri sendiri dengan cara proses menemukan sendiri pembelajaran, hal tersebut terjadi karena suatu pembelajaran itu berpusat pada peserta itu sendiri dengan peran dari guru yang terbilang sangat terbatas bahkan kurang.
Baca ini Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Ahli

Kekurangan Pendekatan Inkuiri

Selain yang telah disebutkan diatas yakni keunggulan dari pendekatan pembelajaran inkuiri, terdapat juga kelemahan-kelemahan yang pastinya sering dihadapi pada proses pembelajaran inkuiri, baik itu secara konsep maupun secara teknis. Adapun kelemahan-kelemahan pendekatan pembelajaran inkuiri adalah sebagai berikut :

1. Model pendekatan inkuiri tergolong susah untuk diterapkan pada perencanaan pembelajaran yang dikarenakan kebiasaan siswa saling terbentur didalam belajar.
2. Terkadang pada proses mengimplementasikan pendekatan inkuiri, sangat diperlukan waktu yang tergolong cukup panjang, sehingga sangat sering sekali para guru sulit untuk menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
3. Pada pendekatan inkuiri, bidang sains sangat membutuhkan banyak hal seperti fasilitas-fasilitas yang menunjang untuk menguji ide-ide.
4. Pendekatan inkuiri juga berfokus pada kriteria keberhasilan belajar yang ditentukan berdasarkan oleh kemampuan dari para siswa dalam menguasai materi pelajaran, sehingga startegi pembelajaran berdasarkan pendekatan inkuiri ini akan sulit di terapkan dan di implementasikan oleh setiap guru.
Baca juga Pengertian Pendekatan Inkuiri
Demikian pembahasan mengenai kelebihan (keunggulan) dan kekurangan (kelemahan) pendekatan inkuiri.