Loading...

#6 Organ Pokok Tumbuhan Dan Fungsinya

Loading...
#6 organ pokok tumbuhan dan fungsinya adalah pokok pembahasan materi pelajaran biologi yang akan dijelaskan secara lengkap pada materi berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai materi organ tumbuhan, macam-macam organ pokok tumbuhan yang akan dijelaskan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian organ.
2. #6 organ pokok tumbuhan dan fungsinya masing-masing.

Pengertian organ

Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang secara bersama-sama melakukan fungsi khusus. Pada umumnya organ pokok tumbuhan terdiri atas :
1. Akar.
2. Batang.
3. Daun.
4. Bunga.
5. Buah.
6. Biji.
Berikut penjelasan mengenai #6 organ pokok pada tumbuhan.
#6 Organ Pokok Tumbuhan Dan Fungsinya

#6 organ pokok tumbuhan dan fungsinya masing-masing

Organ-organ tumbuhan beserta fungsinya antara lain sebagai berikut :

Akar
Pengertian akar adalah suatu bagian utama pada tumbuhan (bagian pokok tumbuhan) selain daun dan batang yang tumbuh didalam tanah yang menuju ke pusat bumi. Adapun sifat-sifat dari akar adalah antara lain sebagai berikut :

1. Bagian utama dari tumbuhan yang biasanya terletak didalam tanah.
2. Akar yang berada didalam tanah tersebut tumbuh mengarah ke inti bumi atau disebut juga dengan geotrop dan atau mengarah ke air dengan kata lain disebut hidrotrop.
3. Akar meninggalkan udara dan juga meninggalkan cahaya.

Fungsi akar
Akar mempunyai fungsi yang diantaranya yakni sebagai berikut :
1. Memperkuat berdirinya tumbuhan.
2. Menyerap air, garam, dan mineral dari dalam tanah serta mengalirkannya ke batang.
3. Menyimpan makanan cadangan, misalnya pada wortel.
4. Pada sebagian tumbuhan, akar berfungsi sebagai alat perkembang-biakan vegetatif.

Akar berkembang membentuk sistem akar. Didalam sistem akar terdapat dua macam yakni antara lain :
1. Akar tunggang
Akar tunggang terdapat pada tumbuhan Dicotyledoneae.
2. Akar serabut
Akar serabut terdapat pada tumbuhan Monocotyledoneae.

Pada ujung akar terdapat tudung akar yang disebut dengan kaliptra. Adapun fungsi dari kaliptra adalah melindungi akar dari tekanan dan gesekan-gesekan.

Batang
Pengertian batang adalah suatu bagian tumbuhan yang menghubungkan antara akar dengan daun. Pada umumnya, batang berbentuk silindris dan tumbuh tegak diatas tanah. Pada batang biasanya terdapat cabang dan ranting.

Fungsi batang
Fungsi batang bagi tumbuhan adalah antara lain sebagai berikut :
1. Sebagai alat transportasi dari akar ke daun atau sebaliknya.
2. Menyokong berdirinya tumbuhan.
3. Menyimpan makanan cadangan, misalnya tebu dan sagu.
4. Batang yang berklorofil dapat digunakan sebagai fotosintesis.

Lapisan-lapisan pada batang
Seperti yang terdapat pada akar, batang juga terdiri atas beberapa lapisan yang akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Lapisan Epidermis
Epidermis berfungsi sebagai pelindung. Epidermis terdiri dari satu lapisan sel yang tersusun sangat rapat. Pada bagian luar terdapat kutikula yang berfungsi untuk melindungi batang dari kekeringan.
2. Lapisan Korteks
Korteks terdiri dari beberapa lapisan sel yang susunannya tidak begitu rapat sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran gas.
3. Lapisan Endodermis
Endodermis tersusun atas satu lapisan sel yang mengandung zat tepung sehingga sering disebut floeoterma atau sarung tepung.
4. Lapisan Stele (silinder pusat)
Stele adalah bagian terdalam dari batang. Pada stele terdapat pembuluh angkut (xilem dan floem). Pada batang Dicotyledoneae, antara xilem dan floem terdapat kambium. Kambium keluar membentuk floem atau pembuluh kulit kayu, sedangkan kambium kedalam membentuk xilem atau pembuluh kayu. Sementara itu, pada batang Monocotyledoneae tidak terdapat kambium.

Daun
Pengertian daun adalah suatu organ tumbuhan yang memiliki fungsi utama untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis. Selain itu, fungsi daun adalah sebagai tempat pengeluaran air dengan cara penguapan dan respirasi. Berikut adalah struktur yang melapisi daun dimulai dari atas :

Struktur lapisan pada daun
1. Epidermis atas
Epidermis atas terkadang dilapisi oleh kutikula.
2. Jaringan palisade parenkim/jaringan tiang/jaringan pagar
Bagian ini mengandung banyak klorofil.
3. Berkas pembuluh
Terdapat xilem dan floem yang berfungsi sebagai alat transportasi dan penguat daun dalam bentuk tulang daun.
4. Jaringan spons parenkim/bunga karang
Bagian ini mengandung sedikit klorofil.
5. Epidermis bawah
Bagian ini terdapat stomata.
Baca ini Sistem Jaringan Tumbuhan Dan Fungsinya

Bagian-bagian daun
Secara morfologi daun terdiri dari :
1. Helaian daun (lamina).
2. Tangkai daun (petiolus).
3. Pelepah daun (folius).

Daun tumbuhan dikotil umumnya memiliki daun dengan susunan tulang daun menyirip dan menjari. Sedangkan daun tumbuhan monokotil umumnya memiliki susunan tulang daun sejajar atau melengkung.

Bunga
Pengertian bunga adalah suatu organ perkembangbiakan pada tumbuhan. Adapun didalam bunga terdiri atas beberapa bagian, antara lain yaitu kelopak, mahkota, putik, dan benang sari. Berikut penjelasannya.

1. Kelopak
Kelopak memiliki fungsi sebagai penopang mahkota bunga dan melindungi bunga ketika masih kuncup. Warna kelopak biasanya hijau seperti helaian daun.
2. Mahkota
Bunga biasanya dikenali karena warnanya yang indah. Bagian yang berwarna itulah yang dinamakan dengan mahkota. Mahkota bunga terdiri dari sel-sel yang disebut nektaria pada bagian pangkalnya. Nektaria ini menghasilkan cairan manis dan lengket yang disebut sebagai nektar. Nektar inilah yang dapat menarik serangga atau hewan lain untuk membantu proses penyerbukan.

3. Putik
Putik adalah alat kelamin betina pada bunga. Putik tersusun atas kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Dibakal buah inilah terjadi pembuahan sehingga menghasilkan biji.
4. Benang sari
Benang sari adalah alat kelamin jantan pada bunga. Benang sari terdiri atas kepala sari dan tangkai sari. Pada kepala sari terdapat serbuk sari yang merupakan sel gamet jantan.

Apabila putik dan benang sari telah masak, maka akan terjadi proses penyerbukan (polinasi). Selanjutnya terjadilah proses pembuahan (fertilisasi) yang akan menghasilkan buah dan biji.

Buah
Buah terbentuk dari bakal buah. Buah sejati adalah buah yang seluruhnya terbentuk dari bakal buah. Sementara itu, buah semu dapat terbentuk dari bakal buah dan bagian lain dari bunga. Buah semu misalnya buah jambu monyet (Anacardium occidentale).

Bagian-bagian buah
Buah biasanya tersusun atas tiga bagian, yaitu antara lain sebagai berikut :
1. Kulit buah.
2. Daging buah.
3. Lapisan dalam buah.

Biji
Biji berfungsi untuk mempertahankan kelestarian jenis tumbuhan dialam. Bisa dibayangkan jika tumbuhan tidak memiliki biji, maka tumbuhan tersebut segera punah karena tidak dapat memperbanyak dirinya. Biji tumbuh dan berkembang dari bakal biji.

Demikian pembahasan mengenai #6 organ pokok tumbuhan dan fungsinya.
Loading...
Loading...