Loading...

Pengertian, Jenis, Ciri Kata Ganti (Pronomina) Dan Contohnya

Loading...
Pengertian, jenis, ciri-ciri dan contoh kata ganti (pronomina) adalah pembahasan utama materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dijelaskan dengan lengkap pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Kata Ganti (Pronomina) yang akan diuraikan yakni antara lain sebagai berikut :

1. Pengertian kata ganti (pronomina).
2. Jenis-jenis kata ganti (pronomina).
3. Ciri-ciri kata ganti (pronomina).
4. Contoh kata ganti (pronomina).

Pengertian kata ganti (pronomina)

Kata ganti atau disebut juga dengan pronomina adalah suatu jenis kata pengganti yang merujuk atau mengacu pada nomina lain (kata benda lain).
Pengertian, Jenis, Ciri Kata Ganti (Pronomina) Dan Contohnya
Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata ganti (pronomina) adalah kata pengganti yang merujuk ke nomina lainnya yang digunakan untuk menggantikan suatu benda atau sesuatu yang di bendakan.
Baca juga Pengertian, Ciri-Ciri Kata Benda (Nomina) Dan Contohnya

#6 Jenis kata ganti (pronomina)

Didalam kata ganti (pronomina) kemudian terbagi menjadi enam jenis. Adapun #6 jenis kata ganti (pronomina) adalah kata ganti orang (persona), kata ganti kepemilikan, kata ganti penunjuk, kata ganti penghubung, kata ganti tanya dan kata ganti tak tentu. Berikut penjelasannya :

#1. Kata ganti orang (pronomina persona)
Kata ganti orang atau disebut juga dengan kata ganti persona adalah suatu jenis kata ganti yang berfungsi menggantikan nomina. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata ganti orang (persona) adalah kata ganti yg digunakan dan berfungsi untuk menggantikan posisi nomina.

6 bentuk kata ganti orang (persona)
Adapun didalam kata ganti orang (persona) kemudian terbagi lagi menjadi enam bentuk yakni kata ganti orang pertama tunggal, kata ganti orang pertama jamak, kata ganti orang kedua tunggal, kata ganti orang kedua jamak, kata ganti orang ketiga tunggal dan kata ganti orang ketiga jamak. Berikut contoh #6 bentuk kata ganti (persona) :

1. Kata ganti orang pertama tunggal
Contohnya adalah seperti saya dan aku.
2. Kata ganti orang pertama jamak
Contohnya adalah seperti kita dan kami.
3. Kata ganti orang kedua tunggal
Contohnya adalah seperti anda dan kamu.
4. Kata ganti orang kedua jamak
Contohnya adalah seperti kalian.
5. Kata ganti orang ketiga tunggal
Contohnya adalah seperti ia, dia dan beliau.
6. Kata ganti orang ketiga jamak
Contohnya adalah seperti mereka.

#2. Kata ganti kepemilikan (pronomina posesiva)
Kata ganti kepemilikan adalah suatu jenis kata ganti yang digunakan dan berfungsi untuk menyatakan kepunyaan (kepemilikan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata ganti kepemilikan adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan milik, kepemilikan dan kepunyaan. Contoh kata ganti kepemilikan adalah sebagai berikut :

a. Pulpen aku menjadi pulpenku.
b. Pulpen kamu menjadi pulpenmu.
c. Pulpen dia menjadi pulpennya.
d. Pensil aku menjadi pensilku dan lain sebagainya.

#3. Kata ganti penunjuk (pronomina demonstrativa)
Kata ganti penunjuk adalah suatu jenis kata ganti yang digunakan dan berfungsi sebagai penunjuk suatu lokasi, benda ataupun tempat yang letaknya jauh maupun dekat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata ganti penunjuk adalah kata ganti yang digunakan untuk menunjuk sesuatu, baik itu benda, lokasi ataupun tempat (sebagai penunjuk). Contoh kata ganti penunjuk adalah sebagai berikut :

a. Ini.
b. Itu.
c. Disini.
d. Disitu / disana dan lain sebagainya.

#4. Kata ganti penghubung (pronomina relativa)
Kata ganti penghubung adalah suatu jenis kata ganti yang digunakan dan berfungsi sebagai penghubung antara induk kalimat dengan anak kalimat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata ganti penghubung adalah kata ganti yang digunakan untuk menghubungkan antara induk kalimat dengan anak kalimat. Contoh kata ganti penghubung adalah sebagai berikut :

a. Waktu.
b. Tempat.
c. Lokasi.
d. Yang dan lain sebagainya.

#5. Kata ganti tanya (pronomina interogativa)
Kata ganti tanya adalah suatu jenis kata ganti yang digunakan dan berfungsi sebagai penanya atau peminta informasi sesuatu peristiwa atau kejadian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata ganti tanya adalah kata ganti yang digunakan untuk menanyakan dan meminta informasi suatu hal. Contoh kata ganti tanya adalah sebagai berikut :

a. Apa.
b. Mana.
c. Siapa.
d. Kapan dan lain sebagainya.
Baca ini Pengertian, Contoh Kalimat Imperatif, Deklaratif Dan Interogatif
#6. Kata ganti tak tentu
Kata ganti tak tentu adalah suatu jenis kata ganti yang digunakan dan berfungsi sebagai penunjuk dan pengganti orang maupun benda yang jumlah (quantity) nya banyak serta tak menentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata ganti tak tentu adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan dan menunjukkan orang maupun suatu barang/benda yang jumlahnya banyak dan tidak menentu. Contoh kata ganti tak tentu adalah sebagai berikut :

a. Para.
b. Sesuatu.
c. Masing-masing.
d. Semua dan lain sebagainya.
Baca juga Pengertian, Contoh Kata Umum Dan Khusus

Ciri-ciri kata ganti (pronomina)

Kata ganti (pronomina) bisa diketahui apabila mengetahui ciri-ciri yang ada didalam kata ganti tersebut. Adapun berikut ini adalah #4 ciri-ciri kata ganti (pronomina) yang akan dijelaskan sebagai berikut, simak dan perhatikan :

1. Biasanya kata ganti (pronomina) berada pada posisi fungsi dari subjek (S) dan Objek (O) pada suatu kalimat, tetapi sering juga pada kalimat tertentu berada di posisi predikat (P) didalam suatu kalimat.
2. Kata ganti (pronomina) letaknya bisa berubah-ubah, dengan kata lain tidak tetap.
3. Kata ganti (pronomina) tidak mengacu hanya satu konteks, melainkan menyesuaikan konteks kalimat. Karena acuannya bisa berubah-ubah serta berpindah-pindah dengan menyesuaikan konteks dari suatu kalimat.
4. Kata ganti (pronomina) biasanya mengikuti siapa yang menjadi pembicara dan siapa yang menjadi pembaca maupun siapa yang di bicarakan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, jenis dan contoh kata ganti (pronomina).
Loading...
Loading...