Loading...

#3 Pengertian, Tujuan Persalinan Normal Menurut Para ahli

Loading...
#3 pengertian / definisi, tujuan persalinan normal menurut para ahli lengkap dengan daftar pustakanya adalah pokok pembahasan materi kesehatan yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun pembahasan mengenai Persalinan didalam belajar pendidikan kebidanan yang akan diuraikan dengan rinci yakni sebagai berikut :

1. Pengertian persalinan menurut para pakar.
2. Tujuan persalinan normal.

Pengertian persalinan menurut para ahli

Berikut ini adalah #4 pengertian persalinan menurut pakar/ahli yang dapat dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut :
#3 Pengertian, Tujuan Persalinan Normal Menurut Para ahli
Baca juga : Asuhan Kehamilan Dan Persalinan Dengan Penyakit Jantung
1. Menurut Bagus, I (2008)
Konsep persalinan menurut Bagus yang menyatakan bahwa persalinan adalah proses yang alami yang akan berlangsung dengan sendirinya, tetapi persalinan pada manusia setiap saat terancam penyulit yang membahayakan ibu maupun janinnya sehingga memerlukan pengawasan, pertolongan dan pelayanan dengan fasilitas yang memadai.

2. Menurut Wiknjosastro (2009)
Menurut Wiknjosastro yang mengartikan bahwa persalinan adalah proses membuka dan menipisnya serviks, dan janin turun ke dalam jalan lahir.

3. Menurut Manuaba (2010)
Kemudian menurut Manuaba yang menyatakan bahwa persalinan adalah proses pengeluaran hasil konsepsi (janin dari uri) yang telah cukup bulan atau dapat hidup diluar kandungan melalui jalan lahir, dengan bantuan atau tanpa bantuan.

4. Menurut Varney (2010)
Hal senada yang diungkapkan oleh varney yang menyatakan bahwa definisi persalinan adalah rangkaian proses yang berakhir dengan pengeluaran hasil konsepsi oleh ibu yang dimulai dengan kontraksi persalinan sejati, yang ditandai oleh perubahan progesif pada serviks, dan di akhiri dengan kelahiran plasenta.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsep (janin dan uri) yang telah cukup bulan atau dapat hidup diluar kandungan dengan melalui jalan lahir atau jalan yang lain, dengan bantuan atau tanpa bantuan (kekuatan sendiri).

Tujuan persalinan normal

Tujuan persalinan normal adalah tercapainya kelangsungan hidup dan kesehatan yang tinggi bagi ibu serta bayinya, melalui upaya yang terintegrasi dan lengkap namun menggunakan intervensi seminimal mungkin sehingga prinsip keamanan dan kualitas layanan dapat terjaga pada tingkat yang seoptimal mungkin.
Pendekatan seperti ini berarti bahwa didalam asupan persalinan normal harus ada alasan yang kuat dan bukti manfaat apabila akan melakukan intervensi terhadap jalannya proses persalinan yang fisiologis/alamiah.

Demikian pembahasan mengenai #3 pengertian / definisi, tujuan persalinan normal menurut para ahli.

Daftar pustaka (referensi)

Bagus,i. 2008. Mehamami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Arca.
Winkjosastro,h. 2009. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan bin Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Manuaba,I.B.G. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.
Varney,H. 2010. Buku Ajar Asuhan kebidanan. Edisi. 2. Jakarta: EGC
Loading...
Loading...