Loading...

#5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Alam, Benda , Hewan, Lingkungan Dan Sekolah)

Loading...
#5 contoh teks laporan hasil observasi dengan tema alam, benda, hewan, lingkungan serta sekolah merupakan tiga pokok pembahasan materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Teks Laporan Hasil Observasi didalam belajar pendidikan bahasa indonesia ini telah sesuai dengan struktur dan kaidah yang berdasarkan dengan 5W+1H (what, when, where, why, who dan how). Sehingga yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian teks laporan observasi.
2. #3 struktur teks laporan observasi.
3. #5 kaidah teks laporan observasi.
4. #5 contoh teks laporan observasi tentang alam, benda, hewan, lingkungan serta sekolah.

Pengertian teks laporan observasi

Teks laporan observasi adalah sebuah teks yang didalamnya berisikan klasifikasi tentang suatu jenis/macam hal dengan atas dasar kriteria tertentu, yang mana sifat dari teks laporan observasi itu sendiri bersifat global (umum) dan juga bersifat universal (merata/adil).
#5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Alam, Benda , Hewan, Lingkungan Dan Sekolah)
Baca juga : TEKS ULASAN (Pengertian, Definisi, Struktur Serta Contoh Teks Ulasan)

#3 struktur teks laporan observasi

Adapun didalam isi teks laporan observasi, terdapat tiga struktur yakni antara lain sebagai berikut :
1. Definisi/pengertian umum.
2. Deskripsi bagian.
3. Deskripsi manfaat.

#5 kaidah teks laporan observasi

Dibawah ini adalah lima kaidah kebahasaan yang terdapat didalam isi teks laporan observasi yang dapat membedakan antara teks laporan observasi dengan jenis teks lain. Berikut penjelasan dan uraian ke #5 kaidah kebahasaan teks laporan observasi :

1. Teks laporan observasi adalah sebuah hasil penelitian / pengamatan yang tergolong terbaru dan update.
2. Bersifat merata, tanpa memandang suku, agama dan ras (universal).
3. Bahasa yang di gunakan didalam teks laporan observasi adalah bahasa Indonesia yang baik, benar dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) serta juga sesuai dengan kamus besar bahasa indonesia (KBBI).
4. Objek yang di bahas didalam teks laporan observasi merupakan objek tunggal (satu).
5. Didalam teks laporan observasi tidak terdapat adanya bagian penutup yang ditulis oleh penulis/pengarang.
Baca juga : Langkah Penulisan Teks Prosedur Kompleks Dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Contoh teks laporan observasi

Berikut ini adalah lima contoh teks laporan observasi dengan tema alam, benda, hewan, lingkungan serta sekolah. Simak dan perhatikan #5 contoh teks laporan observasi berikut ini :

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam

Macam-macam Hujan
Hujan merupakan proses turunnya air dari langit menuju permukaan bumi yang terbentuk dari berbagai tahapan yang sistematis dan merupakan suatu keadaan yang terjadi secara berulang. Yang dimaksud dengan berulang adalah air yang turun dari langit, akan kembali naik menuju langit melalui proses penguapan. Hujan banyak jenisnya. Di Indonesia terdapat tiga macam jenis hujan yakni antara lain seperti hujan frontal, hujan orografis dan hujan zenith.

Hujan frontal adalah hujan yang disebabkan oleh bertemunya angin musim panas yang membawa uap air yang lembab dengan udara dingin bersuhu rendah sehingga menyebabkan pengembunan di udara yang pada akhirnya menurunkan hujan.

Hujan orografis adalah hujan yang diakibatkan oleh adanya uap air yang terbawa atau tertiup angin hingga naik ke atas pegunungan dan membentuk awan. Ketika awan telah mencapai titik jenuh maka akan turun hujan.

Hujan zenit adalah hujan yang penyebabnya adalah suhu yang panas pada garis khatulistiwa sehingga memicu penguapan air ke atas langit bertemu dengan udara yang dingin menjadi hujan. Hujan zenit terjadi di sekitar daerah garis khatulistiwa saja.

Biasanya, hujan di Indonesia terjadi pada saat muson barat yakni tepatnya pada bulan Oktober hingga April, akan tetapi pada saat ini hujan di Indonesia sudah tidak menentu yang mungkin disebabkan oleh perubahan iklim dari pemanasan global.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Benda

Jenis-Jenis Minuman
Minuman adalah segala sesuatu yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cair. Minuman dapat dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, penggunaan pewarna dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut.

Minuman ada yang berkhasiat bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat sendiri, bisa dibuat dari sayuran dan buah-buahan yang di blender dan menghasilkan jus. Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan, dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

Minuman yang hanya menghilangkan rasa haus juga banyak beredar, seperti air putih dalam kemasan yang diminum dalam keadaan haus atau minuman kemasan yang tidak mengandung vitamin dan serat. Minuman banyak warnanya, pewarna yang digunakan ada yang alami ada juga yang buatan.

Pewarna alami adalah pewarna yang mengandalkan bahan-bahan yang tersedia di alam, misalnya seperti kunyit yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang berkhasiat bagi tubuh, contohnya biasanya digunakan pada jamu.

Pewarna buatan adalah pewarna yang terbuat dari bahan kimia ataupun bahan alami yang diproses secara kimiawi, seperti pewarna tartrazin yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang di produksi secara massal di pabrik, misalnya minuman-minuman yang di jual di supermarket.

Minuman yang beredar, ada yang di produksi secara massal di pabrik ada juga yang di buat di industri rumahan. Minuman produksi pabrik jika dilihat dari tampilannya, kemasan yang digunakan lebih menarik, terdapat nama pabrik dan kode produksinya, terdapat tanggal kadaluarsa, dan terdapat bar kode untuk penjualan di supermarket.

Sedangkan minuman produksi rumahan, kemasan yang digunakan sederhana, tidak ada bar kode yang digunakan untuk penjualan di supermarket, dan jarang mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

Kupu-kupu
Kupu-kupu masuk kedalam kingdom Animalia. Artinya kupu-kupu adalah hewan. Kingdom Animalia adalah kingdom yang anggota-anggotanya terdiri dari berbagai macam hewan. Di dunia ini ada berbagai macam kingdom mahluk hidup, diantaranya adalah seperti Protista, Jamur (Fungi), Monera, dan Animalia.

Dari kingdom Animalia, kupu-kupu masuk kedalam filum Arthropoda. Arthropoda adalah filum yang anggotanya adalah hewan yang berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku. Kupu-kupu merupakan hewan yang cukup beruntung karena masuk ke dalam filum yang merupakan filum hewan paling besar dalam jumlah maupun daerah distribusinya. Arthropoda dibagi menjadi 4 kelas lagi yakni Crustacea, Insecta, Arachnida, dan Myrrapoda. Kupu-kupu masuk ke dalam kelas Insecta.

Kupu-kupu merupakan hewan Insecta yang bersayap (Pterygota). Sayap kupu-kupu sangat indah, terdapat berbagai macam motif. Sayap kupu-kupu termasuk jenis sayap yang bersisik (Lepidoptera). Banyak orang yang terkagum-kagum dengan uniknya sayap kupu-kupu hingga mengawetkannya untuk dijadikan hewan koleksi. Salah satu dari fungsi sayap kupu-kupu adalah untuk membedakan jenis-jenisnya.

Dalam perkembangan menuju kedewasaan, Pterygota mengalami metamorfosis. Metamorfosis pada Pterygota dapat dibedakan menjadi dua yakni Hemimetabola dan Holometabola . hemimetabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Sedangkan Holometabola yaitu serangga yang mengalami metamorfisis sempurna. Kupu-kupu termasuk dalam golongan Holometabola karena mengalami metamorfosis sempurna dari ulat menjadi kupu-kupu dengan tahapan yakni telur, larva(ulat), pupa dan imago.

Di balik keindahan nya, kupu-kupu juga mempunyai fungsi dalam ekosistem. Salah satunya adalah untuk membantu tumbuhan melakukan penyerbukan. Bahkan ada juga kupu-kupu yang menghasilkan benang-benang sutra, yaitu kupu-kupu Bombix Mori namanya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan

Sampah
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau degradable. Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan lain sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos.

Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan lain sebagainya. Sampah anorganik di daur ulang oleh industri rumahan untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha.

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia dan radioaktif.

Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga misalnya seperti sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Sampah organik dan anorganik termasuk sampah padat. Sampah ini dapat dibedakan berdasarkan kemampuan diurai oleh alam atau biodegrability menjadi sampah padat biodegradable (sampah yang dapat diuraikan oleh proses biologi) dan sampah padat non-biodegradable (tidak dapat diuraikan oleh suatu proses biologi. Sampah padat non-biodegradable ada dua jenis yaitu recyclable (dapat diolah kembali) dan non-recyclable (tidak dapat diolah kembali).

Sampah cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi, misalnya seperti limbah. Limbah adalah sampah cair yang dihasikan dari aktivitas industri. Limbah dapat dibagi menjadi dua yaitu limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitam adalah sampah cair yang mengandung patogen berbahaya yang berasal dari toilet, sedangkan limbah rumah tangga adalah sampah cair yang dihasilkan dari dapur, kamar mandi, dan tempat cucian.

Sampah alam adalah sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah manusia adalah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin. Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Sampah konsumsi adalah sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang tidak melebihi jumlah sampah industri. Limbah radioaktif adalah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium.

Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia karena menghasilkan radiasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu sampah nuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi untuk melakukan aktivitas, tempat-tempat yang dituju biasanya bekas tambang garam atau dasar laut.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah

SMAN 1 Samboja
SMAN 1 Samboja adalah sekolah menengah atas yang terletak di jalan gunung pasir kelurahan kampung lama kecamatan Samboja kabupaten Kutai Kartanegara. Didalam area lingkungan SMAN 1 Samboja terdiri atas 2 jenis lingkungan yaitu diantaranya adalah lingkungan hidup atau benda hidup (biotik) dan lingkungan tidak hidup atau benda mati (abiotik).

Lingkungan benda hidup terdiri dari berbagai tanaman-tanaman hias dan pohon-pohon yang besar. Sedangkan lingkungan benda mati terdiri atas berbagai peralatan belajar, gedung-gedung sekolah serta properti milik sekolah. Lingkungan benda hidup yang dimulai dari halaman depan sekolah dan taman-taman kecil yang ada didepan kelas dengan ditumbuhi rumput-rumput yang hijau dan tanaman-tanaman hias.

Tanaman-tanaman hias juga terdapat di depan kantor kepala sekolah, disudut ruang guru dan disudut depan ruang kelas siswa. Tanaman hias yang ada di lingkungan SMAN 1 Samboja bemacam-macam jenisnya, yang diantaranya adalah seperti bunga melati, bunga mawar, bunga kembang sepatu, bunga anggrek, bunga gelombang asmara dan bunga antorium.

Dari jenis pepohonan yang ada di dalam lingkungan SMAN 1 Samboja diantaranya adalah seperti pohon mangga, pohon rambutan, pohon nangka, bambu kecil, pohon cemara, pohon jeruk dan pohon jambu. Di halaman belakang ruang kelas ada sisa pekarangan yang kecil yang digunakan dan di manfaatkan untuk menanam beberapa tumbuhan perkebunan seperti , lombok, daun sereh, singkong, jagung pepaya, sayur-sayuran, bawang, daun soup, dan pohon tomat.

Selain sering digunakan dan difungsikan untuk keperluan praktikum mata pelajaran Biologi, hasilnya juga dapat dikonsumsi bersama-sama disaat adanya kegiatan eksra kulikuler seperti pramuka dan kegiatan lainnya. Disebelah lahan kebun kecil, ada juga kolam kecil yang berisikan dengan ikan sepat, ikan gabus/haruan, ikan mas dan ikan gurame. Disamping kolam ikan juga ada kandang kecil tempat memelihara kelinci.

Selanjutnya lingkungan benda mati berupa gedung sekolah yang terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha (TU), rumah guru, ruang kelas, perpustakaan, musholla, lab komputer, lab bahasa ruang UKS, ruang koperasi, gudang, dan kamar mardi. Berikutnya peralatan sekolah seperti meja, kursi, papan tulis, lemari buku, penggaris besar, globe, layar LCD proyektor, rak buku, buku, komputer dan lain sebagainya.

Kemudian ada juga peralatan olahraga seperti bola kaki, bola basket, bola tenis, bola voli, bola takraw jaring voli, jaring takraw, jaring bulu tangkis, jaring tenis meja, dan jaring tenis bola. Lapangan terdiri dari lapangan upacara, lapangan bola, lapangan futsal, lapangan voli, lapangan basket, lapangan tenis dan lapangan takraw.

Demikian hasil laporan observasi tentang lingkungan SMAN 1 Samboja berkenaan dengan jenis lingkungan yang ada di sekolah berupa lingkungan benda hidup dan lingkungan benda mati. Keduanya adalah satu kesatuan yang selalu menjadikan sekolah kami asri, indah dan tentram. Kami selalu sadar akan kebermanfaatan semua yang ada disekolah dengan bersama-sama menjaga dan merawat dengan teliti dan tekun.

Demikian pembahasan mengenai #5 contoh teks laporan hasil observasi dengan tema alam, benda, hewan, lingkungan serta sekolah.
Loading...
Loading...