Loading...

Model Pembelajaran Klasikal Dengan Pendekatan Saintifik

Model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik adalah pokok pembahasan materi pelajaran Psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Model / Metode Pembelajaran Klasikal berdasarkan Pendekatan Saintifik didalam belajar pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Definisi pembelajaran klasikal.
2. Pembelajaran klasikal menurut ahli / pakar.
3. #5 langkah metode pembelajaran klasikal.

Pengertian pembelajaran klasikal

Didalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) arti klasikal didefinisikan secara bersama-sama di kelas. Berdasarkan pengertian tersebut maka model pembelajaran klasikal adalah suatu model pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa yang secara bersama-sama melakukan kegiatan diskusi (tanya jawab) dalam kelompok besar yaitu semua siswa yang ada dalam kelas.
Model Pembelajaran Klasikal Dengan Pendekatan Saintifik
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran
Pada model pembelajaran klasikal, guru mendominasi dan menentukan seluruh proses kegiatan pembelajaran antara lain seperti :
1. Banyaknya materi yang akan diajarkan.
2. Urutan materi pelajaran.
3. Kecepatan guru mengajar.

Dan lain sebagainya sehingga seluruh kegiatan didalam proses pembelajaran sepenuhnya berada di tangan guru.

Pembelajaran klasikal menurut ahli

Pembelajaran klasikal menurut Aunurrahman (2009: 147) yang menyatakan bahwa model pembelajaran klasikal lebih menitikberatkan pada peran guru dalam memberikan informasi melalui materi pelajaran yang disajikan. Model pembelajaran klasikal menggunakan pembelajaran kelas dalam proses pembelajaran.

Adapun menurut Dimyati dan Mudjiono (2006:69) yang menyatakan bahwa pembelajaran kelas yaitu melaksanakan dua kegiatan sekaligus, yaitu antara lain :
1. Pengelolaan kelas.
2. Pengelolaan pembelajaran.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, model / metode pembelajaran klasikal tidak sepenuhnya berpusat kepada guru saja, akan tetapi peran siswa juga dituntut secara aktif pada proses kegiatan belajar mengajar.

#5 langkah metode pembelajaran klasikal

Berikut ini adalah #5 langkah model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Mengamati
Kegiatan belajar yang dilakukan yakni siswa membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat).

2. Menanya
Kegiatan belajar yang dilakukan yakni siswa mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati.

3. Mengumpulkan informasi
Kegiatan belajar yang dilakukan yakni siswa melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek atau kejadian, aktivitas wawancara dengan nara sumber.

4. Mengasosiasi (menalar)
Kegiatan belajar yang dilakukan yakni siswa mengolah informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.

5. Mengkomunikasikan
Kegiatan belajar yang dilakukan yakni siswa menyampaikan hasil pengamatan dan menyampaikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis atau media lainnya.
Demikian pembahasan mengenai model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik.

Daftar pustaka

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.