Loading...

Soal + Jawaban Materi Perlawanan Setelah Tahun 1800

Loading...
Soal + jawaban materi perlawanan setelah tahun 1800 merupakan pembahasan yang akan dijelaskan dan dipaparkan pada materi pelajaran sejarah tentang perlawanan rakyat Indonesia masa kolonialisme dan imperialisme yang dapat anda pelajari dan dapat anda jadikan sebagai materi belajar dirumah maupun disekolah.

Adapun pembahasan pada artikel ini menjelaskan secara detail dan lengkap mengenai soal soal pelajaran sejarah yang dilengkapi dengan #kunci jawaban. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda semua dalam mengetahui jawaban essay soal materi sejarah.

Kumpulan Soal + Jawaban Mengenai Perlawanan Sesudah Tahun 1800

Masa Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia
Soal + jawaban materi perlawanan setelah tahun 1800
Materi sejarah perlawanan setelah tahun 1800

1. Sebutkan penyebab Perang Tapanuli !

Jawaban : Tahun 1878 meletuslah Perang Tapanuli atau Perang Batak yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut :

→ Raja Si Singamangaraja XII menentang dan menolak daerah kekuasaannya di Tapanuli Selatan dikuasai oleh Belanda.
 Belanda ingin mewujudkan Pax Netherlandica (menguasai seluruh Hindia Belanda).

2. Jelaskan tentang serangan Belanda terhadap Aceh pada 9 Desember 1873 !

Jawaban : Dalam pertempuran yang terjadi di Masjid Raya, Jenderal Kohler tewas dan serangan Belanda pertama mengalami kegagalan. Tanggal 9 Desember 1873, Belanda kembali melancarkan serangan di bawah pimpinan Jenderal Van Swieten dan berhasil keluarganya telah melarikan diri ke Leungbata.

3. Apakah sebab khusus Perang Diponegoro ?

Jawaban : Penyebab khusus dalam Perang Diponegoro adalah pemasangan tiang pancang untuk membuat jalan menuju Magelang.

4. Sebutkan penyebab perlawanan rakyat Maluku !

Jawaban : Perlawanan rakyat Maluku tahun 1817, dipimpin oleh Thomas Matulesi (Pattimura) yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut :

→ Terjadinya kegelisahan, ketakutan dan kekecewaan rakyat Maluku terhadap Belanda yang kembali berkuasa setelah Inggris.
→ Peredaran uang kertas yang membingungkan.
 Didudukinya benteng Duurstede oleh Belanda.

5. Sebutkan kerajaan-kerajaan yang ada di Bali !

Jawaban : Pada abad ke-19, di Bali terdapat banyak sekali kerajaan yang masing-masing mempunyai kekuasaan tersendiri. Kerajaan-kerajaan tersebut adalah antara lain sebagai berikut :

 Buleleng.
 Karangasem.
 Klungkung.
 Gianyar.
 Badung.
 Tabanan.
→ Mengwi.
→ Bangli dan.
→ Jembrana.

Demikian pembahasan mengenai contoh soal + jawaban materi perlawanan setelah tahun 1800, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi kalian dalam mencari kunci jawaban materi pendidikan sejarah tentang perlawanan rakyat Indonesia pada masa kolonialisme dan imperialisme di negara Republik Indonesia.
Loading...
Loading...