Loading...

Pengertian Warga Negara Dan Masyarakat

Loading...
Pengertian warga negara dan masyarakat adalah pokok pembahasan materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan (Pkn) yang akan diuraikan pada artikel berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai arti masyarakat dan warga negara yang akan dijelaskan yakni :

1. Definisi warga negara.
2. Definisi masyarakat.

Pengertian warga negara

Warga negara adalah keanggotaan seseorang didalam satuan politik tertentu (dalam suatu negara) dan memiliki hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik. Seseorang dikatakan sebagai warga negara jika sudah disahkan dan diakui oleh negara yang ditinggalinya dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh negara tersebut.
Pengertian Warga Negara Dan Masyarakat
Warga Negara Dan Masyarakat

Contoh seorang Warga Negara Indonesia (WNI) adalah merupakan orang yang sudah sah dan diakui oleh undang-undang sebagai salah satu warga negara Republik Indonesia (RI). Seseorang yang telah sah dan diakui tersebut kemudian akan diberi sebuah Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai kartu identitas dirinya.

Adapun pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) tersebut diterbitkan atau dikeluarkan berdasarkan oleh kabupaten atau kota pada suatu provinsi, dimana tempat seseorang tersebut terdaftar sebagai seorang penduduk atau warga.

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian penduduk, untuk mengetahui apa itu penduduk, pengertian penduduk dan apa yang membedakan antara penduduk dengan warga negara, rakyat maupun masyarakat, dapat kalian temukan pada link halaman berikut ini.


Pengertian masyarakat

Masyarakat (society) adalah sekumpulan orang atau sekelompok orang yang membentuk seperti sebuah sistem, dimana orang-orang tersebut saling berhubungan atau terjadi komunikasi antara satu dengan yang lainnya dan kemudian membentuk kelompok yang lebih besar.

Kata masyarakat menurut Wikipedia berasal dari bahasa Arab yakni Musyarak. Adapun pada biasanya kata masyarakat sering dimaknai dengan sekelompok orang atau kumpulan orang-orang yang hidup bersama dan teratur oleh adat didalamnya pada suatu wilayah.

Definisi masyarakat lainnya adapula yang menyebutkan bahwa masyarakat adalah sekelompok orang yang memiliki norma, kebudayaan, peraturan, ketentuan dan hidup bersama di kawasan tertentu dalam waktu yang cukup lama.


Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian warga negara dan masyarakat, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi belajar didalam mengetahui definisi warga negara dan masyarakat serta perbedaan masyarakat dan warga negara.
Loading...
Loading...