Loading...

Pengertian Stratifikasi Sosial, Dasar Pembentukan, Sifat-Sifat Dan Contohnya

Loading...
Pengertian stratifikasi sosial, dasar pembentukan, sifat-sifat dan contohnya adalah pokok pembahasan materi pelajaran sosiologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini yang masuk kedalam pelajaran sosiologi. Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial adalah suatu tingkatan yang ada didalam suatu masyarakat.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar stratifikasi sosial yakni apa itu yang dimaksud dengan stratifikasi sosial, pengertian stratifikasi social, arti stratifikasi sosial, makna stratifikasi sosial, konsep stratifikasi sosial, dasar pembentukan stratifikasi sosial, sifat stratifikasi sosial dan contoh stratifikasi sosial yang tentu saja mudah untuk difahami.

Definisi stratifikasi sosial

Stratifikasi sosial adalah pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara vertikal yang diwujudkan dengan adanya tingkatan masyarakat mulai yang paling tinggi hingga yang paling rendah.

Pengertian Stratifikasi Sosial, Dasar Pembentukan, Sifat-Sifat Dan Contohnya
Pengertian Stratifikasi Sosial Dan Contohnya

Dasar pembentukan stratifikasi sosial

Secara umum, pembentukan stratifikasi sosial dalam masyarakat didasari oleh beberapa kriteria seperti berikut ini yang diantaranya adalah :

1. Ukuran ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan berguna sebagai ukuran stratifikasi sosial disuatu masyarakat yang menghargai ilmu pengetahuan alam. Hal yang terpenting adalah tingkatan ilmu yang dimiliki oleh seseorang akan menentukan tingkat lapisan sosialnya.

2. Ukuran kekayaan
Golongan lapisan atas adalah mereka yang termasuk dalam kategori mempunyai kekayaan yang paling banyak. Adapun kekayaan yang dimiliki berupa bentuk dan mobil atau rumah, mobil pribadi, cara berpakaian, cara berbelanja hingga cara bergaya saat ditempat makan.

3. Ukuran kekuasaan
Ukuran kekuasaan banyak dijumpai pada masyarakat tradisional. Bagi mereka yang memiliki wewenang terbesar maka akan menempati golongan lapisan atas. Perlu diketahui bahwa didalam masyarakat tradisional, orang memiliki jabatan yang tinggi bahkan orang pernah memiliki kekuasaan penuh dalam masyarakat yang bersangkutan maka dialah yang dapat dikatakan sebagai orang yang berkuasa.

4. Ukuran kehormatan
Orang yang disegani dan dihormati dalam suatu masyarakat, tentu ia akan menempati golongan tua atau lapisan tertinggi. Ukuran kehormatan terlepas dari ukuran kekayan serta ukuran kekuasaan.

Sifat-sifat stratifikasi sosial

Didalam ilmu sosiologi, stratifikasi sosial dapat dibedakan menjadi 3 yakni diantaranya adalah :

1. Stratifikasi bersifat tertutup
Stratifikasi bersifat tertutup adalah suatu kemungkinan berpindahnya seseorang dari satu lapisan ke lapisan lainnya baik itu ke golongan lapisan atas maupun lapisan bawah. Satu-satunya jalan untuk menjadi anggota dalam stratifikasi sosial tertutup adalah kelahiran.

2. Stratifikasi terbuka
System stratifikasi social dikatakan terbuka jika setiap anggota warga masyarakatnya mempunyai peluang dalam berpindah status (mobilitas social). Pada umumnya system stratifikasi terbuka ini memberi pengaruh yang lebih besar kepada setiap anggota nya untuk dijadikan landasan pembangunan masyarakat.

3. Stratifikasi campuran
Stratifikasi campuran inilah dapat dijelaskan sebagai adanya kemungkinan perpindahan lapisan sosial pada bagian tertentu, akan tetapi tidak dapat berpindah ke lapisan yang lain. Sebagai contohnya, setiap warga diberi kesempatan untuk berpindah ke lapisan politik yang lainnya, akan tetapi dalam dibidang agama tidak.


Demikian pembahasan tentang pengertian stratifikasi sosial, dasar pembentukan, sifat-sifat dan contohnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca serta dapat dijadikan sebuah referensi informasi yang dapat membantu pembaca dalam mengetahui apa yang dimaksud dengan stratifikasi sosial, pengertian stratifikasi social, makna stratifikasi sosial, definisi stratifikasi sosial, arti stratifikasi sosial, konsep stratifikasi sosial, dasar pembentukan stratifikasi sosial, sifat stratifikasi sosial dan contoh stratifikasi sosial.
Loading...
Loading...