Pengertian, Ciri-Ciri Tumbuhan Berbiji

Pengertian, ciri-ciri tumbuhan berbiji adalah pembahasan utama materi pelajaran biologi yang akan dijelaskan secara lengkap pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai apa itu tumbuhan berbiji, apa itu biji, karakteristik tumbuhan berbiji dan ciri-ciri tumbuhan berbiji yang akan diuraikan yakni antara lain sebagai berikut :

1. Definisi tumbuhan berbiji.
2. Definisi biji.
3. Ciri-ciri tumbuhan berbiji.

Pengertian tumbuhan berbiji

Tumbuhan berbiji adalah bagian dari kelompok tumbuhan yang hidup di daerah darat dan biasanya tumbuhan biji tertinggi berupa pohon dengan memiliki ketinggian melebihi 100 meter, misalnya adalah seperti pohon conifer (Sequoiaadendron gitanteum).
Pengertian, Ciri-Ciri Tumbuhan Berbiji
Tumbuhan Berbiji

Pengertian biji

Biji adalah suatu alat yang ada pada tumbuhan tertentu yang berfungsi untuk melestarikan keturunan dari tumbuhan yang bersangkutan tersebut. Biasanya biji dihasilkan oleh berbagai macam tumbuhan-tumbuhan yang berbunga.

Selain fungsinya untuk perkembangbiakan dan pelestarian keturunan suatu tumbuhan, biji juga menjadi sebuah tempat penyimpanan cadangan makanan yang digunakan oleh organisme lain guna memenuhi kebutuhan akan makanannya.

Ciri-ciri tumbuhan berbiji

Perlu diketahui bahwa pada jenis tumbuhan berbiji, terdapat ciri-ciri atau karakteristik yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah tumbuhan berbiji atau tidak. Adapun tumbuhan berbiji memiliki ciri-ciri umum adalah antara lain sebagai berikut :

1. Telah memiliki akar, batang dan daun.
2. Memiliki daun sejati serta berkas pengangkut sehingga termasuk kedalam kelompok tumbuhan Trakheophyta.
3. Alat perkembangbiakan jelas antara jantan dan betina yang yang berupa bunga atau strobilus dan dalam reproduksinya akan menghasilkan biji yang didalamnya terdapat embrio.

Baca ini : Alat Reproduksi Tumbuhan Berbiji Dan Proses Reproduksinya

4. Generasi sporofitnya berupa tumbuhan.
5. Generasi gametofitnya berupa bunga.

Kesimpulan
Setelah dijelaskan mengenai makna tumbuhan berbiji, makna biji dan ciri-ciri serta karakteristik tumbuhan berbiji seperti yang telah diuraikan diatas maka dapat disimpulkan bahwa tumbuhan berbiji adalah tumbuhan yang hidup didaratan dan tingginya bisa melebihi 100 meter.


Sedangkan biji adalah bagian dari tumbuhan yang berfungsi untuk melestarikan keturunan dari tumbuhan tersebut, kemudian ciri-ciri tumbuhan berbiji adalah memiliki akar, batang dan daun serta berbunga.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri tumbuhan berbiji, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi kalian dalam mencari apa itu tumbuhan berbiji, apa itu biji, karakteristik tumbuhan berbiji dan ciri-ciri tumbuhan berbiji pada tumbuhan.