Loading...

#3 Bagian Central Processing Unit (CPU) Komputer

Loading...
#3 Bagian central processing unit (cpu) komputer adalah pokok pembahasan materi pelajaran teknologi informasi komunikasi (TIK) yang akan diuraikan pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai pengertian CPU dan bagian-bagian CPU komputer yang akan dijelaskan yakni antara lain sebagai berikut :

1. Definisi central processing unit (CPU).
2. Storage (Main Memory).
3. Control unit (CU).
4. Aritmetic and logic unit (ALU).

Pengertian central processing unit (CPU)

Central processing unit atau yang lebih familiar dikalangan masyarakat disebut dengan CPU adalah suatu pusat atau inti pemproses data sistem yang ada pada komputer dimana, CPU ini merupakan otak dari sebuah perangkat komputer.
Bagian Central Processing Unit (CPU) Komputer
Central Processing Unit (CPU)

Adapun didalam CPU terdiri dari 3 bagian-bagian, dibawah ini merupakan cpu komputer dan komponennya yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Bagian-bagian central processing unit (CPU)

Dibawah ini terdapat 3 bagian-bagian yang ada pada suatu central processing unit (CPU) pada komputer yang diantaranya adalah seperti storage, control unit dan aritmetic and logic unit yang dapat disebutkan dan dijelaskan fungsinya satu persatu sebagai berikut.

1. Storage (Main Memory)
Storage atau main memory adalah sebuah memory yang ada pada central processing unit (CPU) yang berfungsi untuk menyimpan program atau data yang merupakan sebuah elektronik filling kabinet pada suatu sistem komputer. Contoh storage atau main memory adalah seperti Random Access Memory (RAM).

2. Control unit (CU)
Control unit atau disingkat dengan CU adalah sebuah alat yang ada pada central processing unit (CPU) yang berfungsi untuk mengendalikan serta mengkoordinir seluruh kegiatan program-program komputer yang sedang dikerjakan / dimasukkan kedalam komputer. Jika terjadi sebuah kesalahan, maka pada monitor akan muncul pemberitahuan.

3. Aritmetic and logic unit (ALU)
Aritmetic and logic unit (ALU) adalah sebuah alat yang ada pada central processing unit (CPU) yang berfungsi sebagai sarana mengolah data yang masuk dan hitung-menghitung baik itu data yang berupa aritmetik maupun data yang berupa logika.

Demikian pembahasan mengenai #3 bagian central processing unit (cpu) komputer, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui definisi central processing unit (CPU), storage (main memory), control unit (CU) serta aritmetic and logic unit (ALU).
Loading...
Loading...