Loading...

Definisi Kebudayaan, Peradaban, Dan Sistem Nilai Budaya Manusia

Loading...
Definisi Kebudayaan, Peradaban, Dan Sistem Nilai Budaya Manusia
* Kebudayaan
    A. Konsep Kebudayaan
Menurut Koentjaraninggrat (1981, halaman 5) mengemukakan bahwa kebudayaan merupakan perkembangan dari bentuk jamak budi daya, artinya daya dari budi. Menurutnya kebudayaan memiliki tiga wujud yakni:

1. Keseluruhan ide, gagasan, nilai, norma, peraturan, dan sebagainya
2. Keseluruhan aktivitas kelakuan berpola dari dalam masyarakat yang disebut dengan sistem sosial.
3. Benda-benda hasil karya manusia yang disebut kebudayaan fisik.

    B. Nilai-nilai Insani (manusiawi)
Kebudayaan dalam kaitannya dengan ilmu sosial budaya dasar adalah penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai insani, tercakup didalamnya usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan, baik fisik maupun sosial. Nilai-nilai ditetapkan atau dikembangkan sehingga sempurna. Tidak memisahkan dalam membudayaan alam, memanusiakan hidup, dan menyempurnakan hubungan insani. Manusia memanusiakan dirinya dan memanusiakan lingkungan dirinya.

* Peradaban
    A. Konsep Peradaban
Manusia adalah sama karena dibekali Tuhan dengan cipta, rasa, dan karsa, yang membedakan adalah perwujudan budaya karena lingkungan yang berbeda menurut keadaan, waktu dan tempat. Perwujudan budaya yang hanya menekankan pada akal(ratio) saja akan berlainan dengan perwujudan budaya yang didasarkan pada akal, nurani, dan kehendak.

Perwujudan budaya yang mengedepankan akal, maka akan timbul peradaban yang berbeda, karena peradaban akan diukur dari tingkat berfikir manusia, maka akan muncul istilah peradaban tinggi bukan lagi kebudayaan tinggi. Berbeda dengan yang menekankan ketiga unsur, (rasa, cipta, karsa) maka akan muncul kebudayaan-kebudayaan yang bernilai tinggi.
Baca juga Definisi Perubahan Sistem Nilai Budaya Dan Masalah Kemanusiaan 
    B. Perbedaan Antara Kebudayaan dan Peradaban
Menurut Koentjoroningrat (1082, halaman 9-10) membedakan antara kebudayaan dan peradaban. Kebudayaan adalah segala daya dan usaha manusia untuk mengubah alam atau keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar, beserta keseluruhan hasil budi dan kerjanya itu.

Sedangkan peradaban menurutnya dapat disejajarkan dengan istilah inggris yaitu civilation, yang dipakai untuk bagian-bagian dan unsur kebudayaan yang halus dan indah. Peradaban sering dipakai untuk menyebut kebudayaan yang mempunyai system teknologi, seni bangunan, seni rupa, dll. Peradaban hanya menekankan pada unsur nurani di dalam budaya timur, mengapa perbedaan ini terjadi, dikarenakan sudut pandang antara orang Timur dan orang Barat yang sama sekali berbeda.

    C. Nilai Manfaat
Kebudayaan dipandang dari sisi manfaatnya, jelaslah tidak sama antar satu kebudayaan dengan kebudayaan yang lain. Manusia hakikatnya sama yaitu universal tetapi dari sisi kebudayaannya berbeda. Dalam hubungan ini setiap manusia menilai, mempertimbangkan dan menentukan nilai dan manfaat suatu budaya dan kebudayaan akan berbeda-beda.

* SISTEM NILAI BUDAYA
A. Konsep Nilai Sistem Budaya
Menilai berarti memberi pertimbangan untuk menentukan apakah itu bermanfaat atau tidak, baik atau buruk, salah atau benar. Menurut Perry nilai adalah segala sesuatu yang menarik bagi manusia sebagai subjek. Sedangkan Popper nilai adalah segala sesuatu tentang yang baik dan yang buruk.

Sedangkan menurut Alvin L Bertrand nilai adalah perasaan tentang apa yang diinginkan ataupun yang tidak diinginkan, atau tentang apa yang boleh dan tidak boleh. Konsep-konsep tentang nilai yang hidup dalam pikiran sebagian masyarakat akan membentuk system nilai budaya.

B. Mempengaruhi kehidupan manusia yaitu hidup manusia, karya manusia pengembangan sistem nilai budaya. Terdapat lima masalah pokok yang terdapat didalam system nilai budaya, Kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, Hubungan manusia dengan alam, Hubungan manusia dengan sesamanya.

System nilai budaya yang berorientasi pada lima masalah pokok ini, dapat dikembangkan dan dijabarkan menjadi beberapa pokok bahasan ilmu sosial budaya dasar, seperti manusia dan kebutuhan, kebutuhan dan peradaban, system nilai budaya, perubahan system nilai budaya, manusia dan pandangan hidup, manusia dan tanggung jawab serta nilai-nilai.

Demikian pembahasan mengenai Definisi Kebudayaan, Peradaban, Dan Sistem Nilai Budaya Manusia
Loading...
Loading...