Loading...

Definisi Perubahan Sistem Nilai Budaya Dan Masalah Kemanusiaan

Loading...
Sistem nilai budaya adalah pembahasan yang akan di jelaskan dibawah ini, yang mana materi kali ini menyangkut kedalam materi pelajaran seni dan budaya. Dan yang akan di jelaskan berikut ini adalah pengertian sistem nilai budaya, alasan perubahan sistem nilai budaya, dampak dari perubahan sistem nilai budaya dan masalah kemanusiaan dalam kehidupan. Semoga pembahasan ini dapat memberikan anda pengetahuan dan bermanfaat untuk anda.

Definisi Perubahan Sistem Nilai Budaya Dan Masalah Kemanusiaan

A. Perubahan Sistem Nilai Budaya
1. Pengertian Sistem Nilai Budaya
Sistem nilai budaya adalah sebuah konsep tentang nilai yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar anggota masyarakat dan berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi sikap mental, cara berfikir, dan tingkah laku mereka. Sehingga system nilai budaya adalah hasil pengalaman hidup yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama, sehingga menjadi kebiasaan yang berpola. Sistem nilai budaya yang berpola merupakan gambaran sikap dan tingkah laku anggota masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk sikap dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat.

2. Alasan Mengenai Perubahan Sistem Nilai Budaya
Ada beberapa alasan mengapa terjadi pergeseran dan perubahan tentang system nilai budaya menurut Munandar Sulaiman, antara lain:
a. Jarak komunikasi antar etnis
b. Pelaksanaan pembangunan
c. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

3. Dampak Dari Perubahan Sistem Nilai Budaya
Apabila terjadi sebuah perubahan pada system nilai budaya maka akan terjadi juga perubahan sikap mental, pola pikir, dan pola tingkah laku anggota masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Aspek kehidupan manusia dapat dibedakan menjadi dua yakni:

1. Manusiawi, merupakan kehidupan manusiawi diungkapkan sesuai dengan system nilai budaya sebagai pandangan hidup, melalui sikap saling menyayangi, melindungi, menghargai, dan lainnya yang dirasakan sebagai keindahan hidup.
2. Tidak manusiawi, merupakan kehidupan tidak manusiawi diungkapkan melalui sikap dan perbuatan yang merugikan, menggelisahkan, dan menjadikan manusia menderita. Ungkapan berbagai aspek kehidupan akan dijabarkan menjadi beberapa tema pengkajian ilmu sosial budaya dasar.

B. Masalah Kemanusiaan Dalam Kehidupan
1. Hakikat Manusia Sama
Manusia diciptakan Tuhan sama, mempunyai cipta, rasa, dan karsa. Sebagai makhluk budaya manusia selalu menginginkan yang benar, baik dan bermanfaat. Sifat ini disebut manusiawi. Sebab manusia memang diciptakan sama dan universal. Namun dalam menghadapi lingkungan alam dan sosial budaya manusia tidak saja menunjukkan kesamaan, tetapi juga perbedaan dan ketidak seragaman, maka dari itu manusia berupaya untuk menciptakan kesatuan pandangan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak manusiawi.
Baca juga Definisi Kebudayaan, Peradaban, Dan Sistem Nilai Budaya Manusia

2. Manusia sebagai Subjek dan Objek
Dalam mengkaji masalah kemanusiaan, manusia menempati posisi ganda yaitu, tidak hanya sebagai subjek tetapi juga menjadi objek. Tema masalah dari kemanusiaan diarahkan kepada;
a. Diri manusia nilai-nilai kemanusiaan
Maksudnya adalah hubungan manusia dengan manusia, dengan alam, dan dengan Tuhan
b. Tema Kajian Masalah Manusia

Adapun tema-tema yang menjadi kajian pokok ilmu sosial budaya antara lain sebagai berikut:
1. Keindahan dan keburukan
2. Kasih sayang dan kebencian
3. Tanggung jawab dan ketidak pedulian
4. Keadilan dan kesewenang-wenangan
5. Kegelisahan dan ketentraman
6. Penderitaan dan kebahagiaan
7.Harapan dan keberhasilan

Itulah yang dapat saya berikan mengenai Definisi Perubahan Sistem Nilai Budaya Dan Masalah Kemanusiaan. Semoga bermanfaat.
Loading...
Loading...