Loading...

Materi Sejarah : Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Yos Sudarso

Materi Sejarah tentang Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Yos Sudarso

Halo teman-teman dan sahabat Materi Belajar (MB) dimana pun kalian berada. Pada artikel dibawah ini saya akan memberikan materi sejarah tentang biografi pahlawan nasional Indonesia yang bernama Yos Sudarso.

Yos Sudarso adalah seseorang yang salah satu dari para tokoh pejuang yang mempertahankan harkat dan martabat serta keutuhan bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1948 sampai 1965. Semoga bagi kalian yang sedang membutuhkan artikel ini untuk sebagai syarat melengkapi tugas sekolah, tugas perkuliahan bahkan untuk tugas akhir atau skripsi agar dapat bermanfaat. Berikut ini adalah penjelasannya.

Materi Sejarah : Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Yos Sudarso

Yos Sudarso
Pahlawan Yos Sudarso lahir di Salatiga provinsi Jawa Tengah pada tanggal 24 November 1925. Setelah Yos Sudarso menyelesaikan pendidikan tingkat dasarnya, beliau kemudian meneruskan pendidikan nya ke kweekschool (sekolah pendidikan guru) Kolese Xaverius di Muntilan.

Akan tetapi disaat Yos Sudarso masih dalam proses masa pendidikan dan tidak sempat menyelesaikan pendidikannya (tidak tamat) saat para tentara jepang menduduki Nusantara (Indonesia). Sehingga membuat Yos Sudarso pindah sekolah di Semarang tepatnya di Sekolah Tinggi Pelayaran dan kemudian Yos Sudarso mulai mengikuti kegiatan pendidikan opsir pada Giyu Usama Butai. Pada saat era kemerdekaan, Yos Sudarso mulai mengikuti dan bergabung bersama BKR-Laut, kemudian BKR-Laut mengalami perubahan pada nama yang berubah menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI).

Bermacam posisi jabatan yang terdapat di Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pernah di jabat oleh Yos Sudarso adalah sebagai berikut :
==> Komandan Kapal Perang Republik Indonesia 
a. Kapal Republik Indonesia (KRI) Gajah Mada
b. Kapal Republik Indonesia (KRI) Rajawali
c. Kapal Republik Indonesia (KRI) Alu
d. Kapal Republik Indonesia (KRI) Pattimura
Dan kemudian juga Yos Sudarso mengikuti bermacam-macam operasi militer (opmil) dalam rangka untuk memadam dan meredamkan aksi pemberontakan yang terjadi pada berbagai daerah-daerah di Nusantara.
Baca ini Peristiwa Gerakan 30 September Atau Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI)
Di saat pemerintah mengumumkan Tiga Komando Rakyat atau TriKoRa tepatnya pada bulan Desember 1961 dengan tujuan dan usaha untuk membebaskan Irian Barat dari genggaman Belanda, Yos Sudarso menghadapi tugas yang sangat berat sebagai Deputi Operasi. Kemudian Yos Sudarso mengadakan dan melakukan patroli di wilayah perbatasan seperti Laut Aru dan membawa 3 (tiga) kapal yang berjenis MTB yakni sebagai berikut
1. Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Tutul
2. Kapal Republik Indonesia (KRI) Harimau
3. Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Kumbang

Dan kegiatan patroli yang dilakukan oleh Yos Sudarso ini terjadi tepat pada tanggal 15 Januari 1962. Akan tetapi, kegiatan patroli yang dilakukan oleh Yos Sudarso ini diketahui oleh pihak Belanda sehingga dua kapal dari pihak Belanda melakukan penyergapan terhadap ketiga Kapal Republik Indonesia (KRI) tersebut. Saat kejadian itu, Yos Sudarso sedang berada di Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Tutul dan Beliau memerintahkan untuk melakukan perlawanan dan penyerangan.

Dua Kapal Republik Indonesia (KRI) yang lain yakni Kapal Republik Indonesia (KRI) Harimau dan Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Kumbang dapat meloloskan diri dari peristiwa penyergapan yang dilakukan kapal Belanda tersebut. Dengan kejadian tersebut Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Tutul beserta seluruh awak kapal yang termasuk juga Yos Sudarso tenggelam dan gugur.

Sehingga dengan demikian, Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia memberikan dan menganugerahi Yos Sudarso gelar sebagai Pahlawan Nasional atas dasar dari Surat Keputusan (SK) oleh Presiden Nomor 088/TK/1973 pada tanggal 06 November 1973. Materi Sejarah tentang Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Yos Sudarso