Loading...

Materi Sejarah : Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Sutoyo Siswomiharjo

Loading...
Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Sutoyo Siswomiharjo
Halo teman-teman dan sahabat Materi Belajar (MB) dimana pun kalian berada. Pada artikel dibawah ini saya akan memberikan materi sejarah tentang biografi pahlawan nasional Indonesia yang bernama Sutoyo Siswomiharjo.

Sutoyo Siswomiharjo adalah seseorang yang salah satu dari para tokoh pejuang yang mempertahankan harkat dan martabat serta keutuhan bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1948 sampai 1965. Semoga bagi kalian yang sedang membutuhkan artikel ini untuk sebagai syarat melengkapi tugas sekolah, tugas perkuliahan bahkan untuk tugas akhir atau skripsi agar dapat bermanfaat. Berikut ini adalah penjelasannya.
Materi Sejarah : Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Sutoyo Siswomiharjo

Sutoyo Siswomiharjo

Pahlawan Sutoyo Siswomiharjo lahir di Kebumen pada tanggal 23 Agustus 1922. pernah menempuh pendidikan di Hollandsch Inlandsche School (HIS) dan Algemeene Middelbare School (AMS). Di saat pada era pendudukan jepang, Sutoyo Siswomiharjo memperoleh pendidikan di Jakarta tepatnya pada Balai Pendidikan Pegawai Tinggi dan kemudian setelah Sutoyo Siswomiharjo menyelesaikan pendidikan nya, beliau di angkat menjadi seorang pegawai negeri pada kantor kabupaten di purworejo hingga pada tahun 1944.

Setelah itu Sutoyo Siswomiharjo memulai untuk terjun pada kegiatan militer dan ikut bergabung bersama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada bagian kepolisian dan selanjutnya berkembang serta berubah nama menjadi Corps Polisi Militer (CPM). Di dalam karir Sutoyo Siswomiharjo, beliau juga pernah menjabat suatu posisi menjadi seorang ajudan Komandan Divisi V Kolonel Gatot Subroto dan tepat di bulan juli tahun 1948, Sutoyo Siswomiharjo di angkat sebagai Kepala Staf Corps Polisi Militer (CPM) Yogyakarta dan saat dua (2) bulan kemudian beliau menjadi seorang Komandan Corps Polisi Militer (CPM) Detasemen II Surakarta.

Dan selanjutnya, adapun jabatan Sutoyo Siswomiharjo yang terakhir yakni menjabat sebagai Inspektur Kehakiman / Oditur Jenderal Angkatan Darat dengan pangkatnya adalah sebagai Brigadir Jenderal. Sutoyo Siswomiharjo merupakan salah satu seseorang yang termasuk menolak rencana dari Partai Komunis Indonesia (PKI) yang mempunyai rencana untuk membentuk angkatan 5 (lima).
Baca ini Peristiwa Gerakan 30 September Atau Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI)
Sehingga dengan demikian, Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia memberikan dan menganugerahi Sutoyo Siswomiharjo gelar sebagai Pahlawan Revolusi atas dasar dari Surat Keputusan (SK) oleh Presiden Nomor 111/KOTI/1965 pada tanggal 05 Oktober 1965. Itulah pembahasan Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Sutoyo Siswomiharjo
Loading...
Loading...