Loading...

Materi Pelayanan Publik : Standar Pelayanan Publik Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) Nomor 63/KEP/7/2003

Loading...
Materi Pelayanan Publik tentang Standar Pelayanan Publik Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) Nomor 63/KEP/7/2003

Halo sahabat Materi Belajar (MB) dimana pun kalian berada, di bawah ini saya akan memaparkan mengenai sebuah Materi Pelayanan Publik yang berisikan dengan standar pelayanan publik Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) Nomor 63/KEP/7/2003.

Di dalam pelayanan publik, Arti dari pelayanan publik itu sendiri pernah di bahas pada artikel sebelumnya dimana pengertian pelayanan publik berbunyi “Pelayanan publik adalah sebagai pemberian layanan keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan”.

Semoga bagi kalian yang sedang mencari dan membutuhkan artikel mengenai pelayanan publik di dalam standar pelayanan publik dan kualitas pelayanan publik untuk sebagai syarat melengkapi tugas sekolah, tugas kuliah bahkan untuk tugas akhir/ skripsi agar dapat bermanfaat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai standar pelayanan publik dan kualitas pelayanan publik.
Materi Pelayanan Publik : Standar Pelayanan Publik Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) Nomor 63/KEP/7/2003
==> Standar Pelayanan Publik
Setiap penyelenggaraan pelayanan publik menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) Nomor 63/KEP/7/2003 yakni harus memiliki standar pelayanan dan dipublikasikan sebagai jaminan serta kepastian bagi penerima pelayanan. 

Standar pelayanan merupakan suatu ukuran yang dilakukan dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang wajib ditaati oleh pemberi dan ataupun penerima pelayanan. Standar pelayanan, sekurang-kurangnya wajib meliputi beberapa point sebagai berikut di bawah ini:
1. Prosedur Pelayanan
Prosedur pelayanan dilakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan termasuk pengaduan.
2. Waktu Penyelesaian
Waktu penyelesaian yang ditetapkan sejak saat pengajuan permohonan sampai dengan penyelesaian pelayanan termasuk pengaduan.
Baca juga Teori Pelayanan Publik Menurut Para Ahli
3. Biaya Pelayanan
Biaya/tarif pelayanan termasuk rinciannya yang ditetapkan dalam proses pemberi pelayanan.
4. Produk pelayanan
Produk pelayanan yang akan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
5. Sarana dan prasarana
Penyediaan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai oleh penyelenggara pelayanan publik
6. Kompetensi petugas pemberi pelayanan
Kompetensi petugas pemberi pelayanan harus ditetapkan dengan tepat berdasarkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap, dan prilaku yang dibutuhkan.
Baca juga Jenis Pelayanan Publik Dan Asas Pelayanan Publik
Oleh karena itu, ke enam point diatas mengenai standar pelayanan di dalam pelayanan publik wajib memperhatikan dan menerapkan ke enam point tersebut karena point-point tersebut merupakan standar pelayanan yang harus di dapatkan oleh para penerima pelayanan agar mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Apabila keenam poin tersebut tidak di terapkan, maka sudah pasti penerima pelayanan akan menilai pelayanan buruk dan lamban serta mereka tidak puas.
Baca juga Indikator Kualitas Pelayanan Publik
Catatan : Artikel berikutnya akan saya sajikan mengenai Kualitas Pelayanan Publik yang mana kualitas pelayanan publik merupakan salah satu kerangka teori yang paling banyak orang-orang gunakan didalam penulisan skripsi ataupun tugas akhirnya pada jenjang pendidikan perkuliahan. Di dalam artikel berikutnya akan saya jabarkan mengenai pengertian kualitas, pengertian kualitas pelayanan publik, indikator kualitas pelayanan publik dan model kualitas pelayanan publik. Itulah yang dapat saya berikan mengenai standar pelayanan di dalam pelayanan publik, lebih ataupun kurangnya mohon dimaafkan. Itulah Materi Pelayanan Publik tentang Standar Pelayanan Publik Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) Nomor 63/KEP/7/2003

Sumber Data / Daftar Pustaka :
*Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelayanan Publik
Loading...
Loading...