Loading...

Organisasi | Definisi Organisasi Menurut Para Ahli

Loading...
Organisasi atau definisi organisasi menurut para ahli adalah uraian yang akan saya bahas pada penjelasan hari ini. Semoga bagi kalian yang sedang membutuhkan artikel ini untuk sebagai syarat melengkapi tugas sekolah, tugas kuliah bahkan untuk tugas akhir/ skripsi agar dapat bermanfaat sebagai referensi anda.

Pengertian organisasi adalah suatu sistem yang terdiri dari subsistem atau sub bagian-bagian yang saling berkaitan (terkait) antara satu sama lainnya dalam melakukan aktivitasnya, dapat juga dikatakan bahwa organisasi itu merupakan sebuah kumpulan dari bagian-bagian kecil yang terbentuk ke dalam satu bentuk dan memiliki kegiatan yang berpola dan telah direncanakan sesuai dengan tujuan yang telah di tentukan.

Organisasi sebagai suatu sistem adalah yakni sistem terbuka, yang dimana batas dari organisasi adalah lentur dan menganggap bahwa faktor lingkungan sebagai input. Organisasi selalu peka dan berupaya untuk selalu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada faktor lingkungan eksternal. Faktor lingkungan eksternal yang dimaksud seperti :

a. Teknologi
b. Sosial politik
c. Penduduk
d. Sosial budaya, dan lain-lain sebagainya yang selalu berubah-ubah.
Baca juga Definisi Koordinasi Di Dalam Objek Organisasi Menurut Para Ahli
Dan organisasi yang terbuka akan selalu berusaha untuk menyesuaikan diri akan terhadap perubahan-perubahan tersebut. Namun setiap organisasi memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam beradaptasi dengan perubahan.

==> Organisasi atau definisi organisasi menurut para ahli
=> Menurut Stephan P. Robbins (1994:5) menyebutkan bahwa organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat di identifikasikan, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
=> Selanjutnya Chester I. Bernard (dalam sutarto 1991:22), organisasi adalah suatu sistem tentang aktivitas-aktivitas kerjasama dari dua orang atau lebih sesuatu yang tidak berwujud dan bersifat pribadi, sebagian besar mengenai hubungan-hubungan.

=> Sedangkan Oliver Sheldon (dalam sutarto 1991:22), organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas sedemikian rupa, memberikan saluran yang terbaik untuk pemakaian efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.
=> Lebih lanjut Jhon D. Millet (dalam Sutarto 1991:23), organisasi adalah orang-orang yang berkerja sama dan dengan demikian mengandung ciri-ciri dari hubungan-hubungan manusia yang timbul dalam aktifitas kelompok.

=> Kemudian Baddudu Zain (1994:967), organisasi adalah susunan, aturan atau perkumpulan dari kelompok orang tertentu dengan latar belakang dasar ideologi yang sama.
=> Menurut sondang P. Siagian (1980:68), menerangkan apa itu organisasi dengan melihat dari sisi hakikat organisasi, yaitu bahwa organisasi dapat ditinjau dari tiga sudut pandang, yaitu :
1. Organisasi dipandang sebagai wadah
2. Organisasi dipandang sebagai proses
3. Organisasi sebagai kumpulan orang

=> Menurut Dydiet Hardjito (1995:5), organisasi adalah kesatuan sosial yang di koordinasikan secara sadar, yang memungkinkan anggota mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai melalui tindakan individu secara terpisah. Keefektifan organisasi merupakan kunci dimana kita harus menggunakan teknik pengorganisasian. Apabila organisasi tidak efektif atau keadaan organisasi dalam keadaan gawat, maka satu-satunya jawabannya adalah teknik pengorganisasian harus digunakan untuk menemukan cara menanggulanginya.

Dan adapun kemudian komponen-kompenen dari Organisasi adalah meliputi sebagai berikut :
1. Struktur
2. Tujuan
3. Manusia
4. Hukum 
5. Prosedur pengoprasian
6. Teknologi 
7. Lingkungan 
8. Kompleksitas
9. Spesialisasi
10. Kewenangan
11. Pembagian tugas

Dari beberapa komponen-komponen tersebut sangat berperan dalam keberhasilan suatu organisasi itu sendiri. Dan juga kelemahan pada salah satu atau beberapa komponen-komponen tersebut sangat berpengaruh sekali terhadap keberhasilan organisasi. Organisasi mempunyai dua prinsip penting, yaitu sebagai berikut:

1. Bertahan hidup (survive)
Organisasi harus bertahan hidup, organisasi harus mempertahankan keberadaannya, kalau tidak organisasi tidak memiliki eksistensi. 
2. Berkembang (develop)
Koordinasi dan keefektifannya merupakan kunci sebuah organisasi, koordinasi juga merupakan menempati urutan pertama untuk dilihat, apakah koordinasi sudah berjalan dengan baik.

Koordinasi perlu dilihat dalam konteks organisasi sendiri, maupun koordinasi dengan pihak-pihak terkait diluar organisasi. Jika koordinasi tersebut ternyata lemah, maka perlu ada reaksi tanggap untuk menanganinya. Keefektifan organisasi merupakan urutan kedua untuk dilihat. Apakah keefektifan organisasi sudah terwujud. 
Baca juga Definisi Struktural Dan Fungsional Di Dalam Organisasi
Dari beberapa uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah suatu sistem tentang aktivitas-aktivitas kerjasama dari dua orang atau lebih sesuatu yang tidak berwujud dan bersifat pribadi, sebagian besar mengenai hubungan-hubungan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dan didalamnya terdapat komponen-komponen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya dan memiliki ketergantungan dan apabila salah satu sub bagian tidak baik maka akan membuat sub bagian lainnya pun tidak berjalan dengan baik. Itulah yang dapat saya sampaikan di dalam Organisasi atau definisi organisasi menurut para ahli dan apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan serta semoga pembahasan tersebut dapat anda jadikan sebagai referensi anda didalam kehidupan dan dalam persoalan yang anda sedang hadapi.



Sumber Data/ Daftar Pustaka:
*Stephan P.Robbins. 1994. Teori organisasi, Terjemahan, Edisi 3, Peneribit Arcan, Jakarta
*Sutarto, 1991. Dasar-dasar Organisasi, Gajah Mada University Press, Jogjakarta
*Badudu,Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
*Sondang P. Siagian. 1980. Filsafat Administrasi, Gunung Agung, Jakarta
*Dydiet Hardjito. 1995. Teori Organisasi Dan Teknik Pengorganisasian, Edisi 1, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Loading...
Loading...