Loading...

Pengertian Administrasi Negara Dan Perspektif Administrasi Negara Menurut Para Ahli

Pengertian administrasi negara dan perspektif administrasi negara adalah materi yang akan di bahas di bawah ini yang mana, akan di uraikan serta akan dijelaskan mengenai apa saja pengertian dan definisi dari administrasi negara atau bisa juga disebut dengan administrasi publik dan bagaimana perspektif administrasi negara menurut para ahli. Berikut penjelasannya.


Definisi dan teori serta konsep administrasi negara


Perspektif Administrasi Publik menempatkan administrasi negara sebagai pendekatan teori dengan alasan, administrasi negara secara implementatif banyak mengkaji aspek-aspek yang berkenaan dengan tugas-tugas negara/pemerintah dalam rangka untuk mencapai tujuan negara. Administrasi negara sebagai pendekatan teori karena dalam kajiannya banyak menyinggung masalah-masalah yang berkenaan dengan proses kegiatan negara banyak menyinggung tentang :
a. Perilaku birokrasi
b. Manajemen sumber daya manusia
c. Tata laksana pemerintahan
d. Segala sesuatu yang berkaitan dengan implementasi kebijakan pemerintah
Dan kesemua akan hal-hal tersebut bermuara kepada tujuan dari negara.

Orientasi administrasi negara adalah public service tentunya kebijakan yang dibuat kebijakan yang mengatur kegiatan negara untuk mencapai tujuan, tentunya lebih diarahkan kepada kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Dewasa ini kebutuhan masyarakat cukup menonjol dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti pelayanan. Berkaitan dengan pelayanan, negara merupakan organisasi pemerintah dalam proses pemberian layanan kepada masyarakat selalu di warnai oleh berbagai kegiatan mulai dari :
a. Perencanaan
b. Pelaksanaan
c. Pegawasan
d. Evaluasi tidak terlepas dari fungsi administrasi negara.

Pengertian Administrasi Negara / Administrasi Publik

=> Menurut Waldo (1991:26) Administrasi publik adalah organisasi dan manajemen dari manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah. Dalam mencapai tujuan tersebut, manajemen digunakan sebagai strategi untuk memadukan berbagai aspek sumber daya organisasi  untuk menghasilkan hasil yang seoptimal mungkin. Manajemen merupakan suatu fungsi yang menerapkan seperti :
1. Azas keterpaduan
2. Azas partisipasi
3. Azas keadilan,
4. Azas komunikasi dua arah dan beriorentasi pada tujuan (Kristiadi, 1994:83).
Sedangkan organisasi yang di maksud adalah negara yang merupakan organisasi pemerintah, dalam proses pencapaian tujuan yang selalu di warnai dengan berbagai macam kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi tidak terlepas dari fungsi administrasi publik.

=> Sedangkan menurut Chander dan Plano (dalam Pasolong, 2007: 7) mengatakan bahwa Administrasi Negara adalah proses dimana sumber daya dan personel publik diorganisir dan dikoordinasikan untuk :
a. Memformulasikan
b. Mengimplementasikan dan
c. Mengelola (manage) keputusan – keputusan dalam kebijakan publik.
Dalam definisi ini lebih menekankan aspek keterlibatan personil dengan memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah publik atau pemerintah.
Pengertian Administrasi Negara Dan Perspektif Administrasi Negara Menurut Para Ahli
Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa administrasi negara / administrasi  publik adalah kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang atau lembaga dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan publik secara efesien dan efektif melalui penyelenggaran pelayanan publik demi tercapainya tujuan negara. Demikian pembahasan mengenai Pengertian Administrasi Negara Dan Perspektif Administrasi Negara Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka :
* Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
* Teori pada buku yang di terbitkan oleh Waldo pada tahun 1991
* Teori pada buku yang di terbitkan oleh Kristiadi pada tahun 1994