Loading...

Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Pasal 33 Uud 1945

Loading...

Jenis Sumber Daya Alam dan Persebarannya


Pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia (manfaat sumber daya alam). Negara Indonesia memiliki kekayaan akan sumber daya alam yang pemanfaatan nya telah diatur dalam pasal 33 uud 1945. Kekayaan alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Marauke.

A. Jenis-jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat di golongkan menjadi 2 yaitu, sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Untuk lebih jelas dapat kita lihat bagan di bawah ini:
Jenis-jenis Sumber Daya Alam

B. Persebaran Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia 

Persebaran SDA di Indonesia tidak merata. Adapun berbagai macam SDA yang tersebar diseluruh Indonesia sebagai berikut :
=> Persebaran SDA terbarukan di Indonesia
Perhatikan tabel dibawah ini, hasil bumi di Indonesia yaitu sebagai berikut :
Hasil Pertanian

No.
Hasil Pertanian
Pulau / Daerah penghasil
 1.
Padi (beras)
Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara
 2.
Jagung
Sulawesi, Nusa Tenggara
 3.
Kelapa
Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi
 4.
Kacang dan Kedelai
Sumatera, Jawa

Hasil perkebunan
No.
Hasil Perkebunan
Pulau / Daerah Penghasil
 1.
Kopi
Sumatera, Jawa, Sulawesi
 2.
Teh
Sumatera, Jawa
 3.
Lada
Sumatera, Kalimantan
 4.
Cengkeh
Sulawesi, Maluku
 5.
Cokelat
Sumatera, Jawa
Hasil hutan
No.
Hasil Hutan
Pulau / Daerah Penghasil
 1.
Rotan
Kalimantan, Jawa, Sulawesi
 2.
Kayu jati
Jawa Tengah
 3.
Kayu cendana
Nusa Tenggara Timur (NTT)
 4.
Kayu meranti
Kalimantan, Sulawesi dan Papua
 5.
Kayu akasia
Jawa Barat
Hasil laut
No.
Hasil Laut
Pulau / Daerah Penghasil
 1.
Kerang
Lombok, Kepulauan Riau
 2.
Berbagai jenis ikan
Sumatera, Jawa, Sulawesi, Papua
 3.
Udang
Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua

Hubungan Sumber Daya Alam dengan Kegiatan Ekonomi


Kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya disebut dengan kegiatan ekonomi. Sumber daya alam berkaitan dengan Kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi memanfaatkan keberadaan sumber daya alam. Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berbagai bentuk kegiatan ekonomi masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam yaitu sebagai berikut :

  a. Pertanian
Pertanian adalah usaha mengolah sumber daya tanah menjadi lahan pertanian. Hasil pertanian terutama bahan makanan, seperti padi, jagung, dan sebagainya.
  b. Pariwisata
Pariwisata adalah keindahan alam Indonesia bisa dikembangkan menjadi daerah wisata. Kegiatan pariwisata dapat mendatangkan pendapatan bagi masyarakat setempat dan pemerintah.
  c. Perikanan
Perikanan yakni kegiatan perikanan yang dilakukan di Indonesia meliputi perikanan darat dan laut.
  d. Perkebunan
Perkebunan yakni kegiatan perkebunan juga memanfaatkan kesuburan tanah. Perkebunan yang ada di Indonesia diusahakan oleh perorangan dan pemerintah. Hasil perkebunan di Indonesia berupa kopi, teh, kelapa sawit, tebu, karet, kopra, dan sebagainya. 
  e. Kerajinan
Kerajinan adalah usaha membuat suatu barang dengan keterampilan tertentu. Contoh kerajinan yaitu kerajinan gerabah, bambu, daun, batu dan sebagainya. 
  f. Peternakan
Peternakan adalah suatu usaha memelihara hewan untuk dikonsumsi atau dijual. Jenis hewan ternak di Indonesia antara lain sapi, kerbau, kambing, ayam, burung dan sebagainya. Hewan ternak tersebut umumnya menghasilkan daging, susu, telur, kulit dan sebagainya.
  g. Pertambangan 
Pertambangan adalah usaha ekoonomi mengambil sumber daya alam. Jenis barang tambang yang terdapat di Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, emas, perak, bauksit, bijih besi dan sebagainya.

Wilayah Indonesia memiliki kenampakan alam yang beranekaragam. Ada yang berupa dataran rendah, dataran tinggi, dan pantai. Suhu udaranya juga bermacam-macam, ada yang panas ada yang sejuk. Kondisi alam tersebut memengaruhi kegiatan ekonomi penduduk. Perhatikan tabel berikut:

No
Kondisi Alam
Pemanfaatan Sumber Daya untuk kegiatan ekonomi
1
Dataran rendah
Daerah dataran rendah banyak di aliri sungai, tanahnya gembur, dan suhu udaranya yang panas. Pada umumnya, penduduk di pedesaan melakukan kegiatan pertanian dengan cara bersawah, budidaya ikan dan beternak itik. Sedangkan di bagian perkotaan sebagian besar melakukan kegiatan perdagangan dan industry.
2
Dataran tinggi
Daerah dataran tinggi berupa tanah pegunungan dan berbukit-bukit. Penduduk yang berada di pedesaan bekerja di perkebunan. Mereka menanam tanaman industry seperti teh, kopi, kakau dan kina. Selain itu juga ada yang menanam sayuran dan bermacam-macam bunga. Karena udaranya sejuk dan segar, banyak penduduk di wilayah perkotaan mendirikan usaha perhotelan dan tempat peristirahatan. 
3
Daerah pantai
Daerah pantai berdekatan dengan laut. Penduduk desa daerah pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Mereka pergi melaut menangkap ikan. Daerah pantai banyak di gunakan oleh sebagian penduduk untuk usaha tambak ikan, tambak udang, tambak garam, dan sawah pasang surut. Ada bagian pantai yang digunakan untuk pelabuhan kapal, kawasan industry dan perdagangan.

Demikian pembahasan mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi
Loading...
Loading...