Loading...

Teks Eksplanasi | Definisi, Pengertian, Ciri, Struktur Serta Kaidah Kebahasaan

Loading...

Struktur, Ciri, Definisi, dan Contoh Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah salah satu cabang pelajaran bahasa Indonesia yang akan dibahas pada uraian dibawah. Di dalam materi belajar pelajaran teks eksplanasi ini yang akan di uraikan satu persatu adalah yakni pengertian atau definisi teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi dan kaidah kebahasaan di dalam teks eksplanasi. Dari semua pembahasan itu akan dijelaskan dan di rincikan dengan bahasa yang mudah di mengerti serta sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Dan berikut penjelasannya.

Definisi Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisikan mengenai proses sebab (mengapa) dan akibat (bagaimana) suatu kejadian-kejadian ilmu pengetahuan, sosial, budaya, alam, serta kejadian lainnya yang bisa terjadi. Kejadian-kejadian yang terjadi yang ada di sekitar kita, baik itu kejadian sosial, kejadian budaya dan atau kejadian alam, pasti adanya proses saling keterkaitan dan berhubungan antara kejadian tersebut yang mana ada penyebab dan ada pula akibatnya.

Oleh karena itu, setiap ada kejadian yang terjadi di sekitar kita, bukan hanya dapat kita lihat dan kita amati serta dapat kita rasakan saja, namun dapat pula kita mempelajari kejadian tersebut seperti dari sudut pandang ”mengapa” dan “bagaimana” kejadian itu dapat terjadi.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Di dalam teks eksplanasi terdapat tiga (3) ciri-ciri yang bisa kita ingat dengan mudah, agar kita bisa dengan mudah membedakan yang mana Teks Eksplanasi dan yang mana teks lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri teks eksplanasi :
1. Strukturnya yang terdiri atas pernyataan-pernyataan umum, berurut dengan sebab (mengapa) dan akibat (bagaimana) serta interpretasi.
2. Memuat dan berisikan dengan informasi / berita yang berdasarkan dengan fakta / faktual / nyata.
3. Fakta / faktual / kenyataan tersebut memuat dan berisikan dengan informasi / berita yang sifatnya ilmiah atau dengan dasar keilmuan misalnya sains dan lain sebagainnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Didalam Teks Eksplanasi, terdapat struktur yang terdiri atas pernyataan-pernyataan umum, yang kemudian di lanjutkan dengan sebab (mengapa) akibat (bagaimana) yang secara berurut serta yang di akhiri dengan interpretasi (penafsiran/penyimpulan). Dan di bawah ini merupakan penjelasan dari ketiga struktur teks eksplanasi, berikut penjelasannya :
1. Pernyataan umum
Yakni berisikan dengan pernyataan (statement) yang secara umum/luas mengenai sebuah topik yang akan di jelaskan serta di uraikan atas proses keberadaan nya, proses bagaimana terjadinya dan atau proses bagaimana terbentuk nya.
2. Urutan sebab-akibat
Yakni berisikan mengenai rincian penjelasan dari proses keberadaan dan atau penjelasan bagaimana proses terjadinya yang di jelaskan dengan cara berurutan dan bertahap mulai dari yang paling pertama (paling awal) hingga dengan yang paling terakhir.
3. Interpretasi
Yakni berisikan mengenai kesimpulan atau penafsiran mengenai topik pembahasan atau proses-proses yang di jelaskan.

Kaidah kebahasaan di dalam Teks Eksplanasi

Adapun di dalam Teks Eksplanasi terdapat ciri-ciri bahasa yang pada umumnya sebagai berikut ini :
1. Biasanya di mungkinkan memakai istilah-istilah ilmiah
2. Menggunakan kalimat yang pasif
3. Teks Eksplanasi terfokus kepada hal-hal yang umum / generic dan tidak juga atas partisipan manusia atau non human participants contoh hujan, banjir, gempa bumi dan sebagainya.
4. Kata kerja yang banyak di gunkan adalah kata kerja aktif / kata kerja material serta relasional atau yang berkaitan.
5. Lebih banyak menggunakan kata / konjungsi waktu serta kausal, contoh : kata kemudian, sehingga, jika, sebelum, pertama dan apabila.
6. Dan kemudian Teks Eksplanasi di tulis dengan tujuan untuk membuat justifikasi atas sesuatu yang di jelaskan dengan secara kausal tersebut yakni benar ada nya.
Demikian pembahasan Teks Eksplanasi, Definisi, Pengertian, Ciri, Struktur Serta Kaidah Kebahasaan
Loading...
Loading...