Loading...

Pengertian Teori Dan Konsep Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian teori dan konsep adalah pokok pembahasan yang akan dijelaskan secara rinci pada artikel berikut ini. Definisi #teori dan #konsep biasanya sering ditemui pada bab 2 skripsi maupun makalah yang menjelaskan suatu teori konsep yang relevan dengan judul yang diangkat sebagai dasar acuan penelitian. Teori dan konsep juga dapat dikatakan sebagai sebuah #landasan teori pada suatu penelitian.

Pengertian Landasan Teori

Arti landasan teori adalah rujukan suatu masalah yang akan anda teliti, dengan kata lain yakni sebuah artikel atau paragraf yang berbentuk sebuah teks informasi (bisa berupa catatan) yang mendasari suatu eksperimen atau penelitian.

Landasan adalah tempat atau wadahnya penelitian dan sedangkan arti teori adalah berupa pendapat dari para ahli mengenai apa yang sedang anda teliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa landasan teori bisa diartikan sebagai pemahaman para ahli akan sebuah teorinya yang terkait dengan penelitian yang sedang anda lakukan.

Adapun fokus pembahasan yang akan di uraikan berdasarkan judul yakni seperti berikut :

1. Pengertian Teori.
2. Pengertian Konsep.

Semoga pembahasan ini dapat menambah akan pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui #pengertian teori dan #pengertian konsep menurut para ahli/pakar serta menjadi portal referensi tugas maupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
Pengertian Teori Dan Konsep Menurut Para Ahli
Pengertian Teori Dan Konsep Menurut Para Ahli
Penelitian dilakukan agar memperoleh penjelasan dan jawaban atas suatu permasalahan serta memberikan alternatif bagi kemungkinan yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah. Penjelasan dan jawaban tersebut memerlukan data untuk di olah agar menemukan alternatif yang sesuai dengan permasalahan tersebut.

Setelah masalah dalam penelitian telah dirumuskan, maka proses selanjutnya adalah mencari teori-teori yang berhubungan dengan penelitian. Teori diperlukan agar peneliti mengerti dan memahami cara menjelaskan atau menganalisis fenomena yang terjadi berdasarkan sebuah alur pikir teori penelitian tertentu.

Sehingga antara teori dan penelitian tidak dapat dipisahkan karena fenomena tersebut dapat dianalisis atau dijelaskan melalui alur pikir teori yang relevan, oleh karena itu peneliti harus paham tentang pengertian teori.

Dengan demikian seorang penulis harus memiliki dasar-dasar teori dan konsep sebagai panduan serta landasan penulisan lebih lanjut. Landasan teori ini perlu ditegakkan agar penelitian mempunyai dasar yang kokoh, dan bukan sekedar perbuatan coba-coba. Adanya landasan teoritis ini merupakan ciri bahwa penelitian itu merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data. (Sumadi Suryabrata,1990 (dalam Sugiono, 2010:52)).

Pengertian Teori Menurut Para Ahli/Pakar

Menurut pendapat Emory Cooper (dalam Umar, 2004:50) mengatakan teori adalah suatu kumpulan konsep, definisi, proposisi, dan variabel yang berkaitan satu sama lain secara sistematis dan telah digeneralisasi sehingga dapat menjelaskan dan memprediksi suatu fenomena (fakta-fakta) tertentu.

Kemudian menurut Siswoyo (dalam Mardalis, 2003:42) bahwa teori diartikan sebagai seperangkat konsep dan definisi yang saling berhubungan yang mencerminkan suatu pandangan sistematik mengenai fenomena dengan menerangkan hubungan antar variabel, dengan tujuan untuk menerangkan dan meramalkan fenomena

Selanjutnya menurut Hoy & Miskel (dalam Sugiyono, 2010:55) teori adalah seperangkat konsep, asumsi, dan generalisasi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan dan menjelaskan perilaku dalam berbagai organisasi.

Menurut situs Wikipedia Indonesia yang menyatakan arti serta definisi teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.

Teori dapat membatasi jumlah fakta yang perlu di pelajari, dapat memberi pedoman pada cara-cara mana yang dapat memberi hasil yang terbaik dan dapat dipakai untuk memprediksi fakta-fata lebih lanjut yang harus dicari.

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli/Pakar

Konsep adalah sejumlah ciri yang berkaitan dengan suatu objek dimana konsep diciptakan dengan menggolongkan dan mengelompokkan objek-objek tertentu yang mempunyai ciri yang sama.

Menurut Tan (dalam Koentjaraningrat, 1997:32) mengatakan bahwa konsep atau pengertian adalah unsur pokok di dalam suatu penelitian, kalau masalah dan kerangka teorinya sudah jelas, biasanya sudah diketahui pula fakta mengenai hal yang menjadi pokok perhatian dan suatu konsep yang sebenarnya adalah definisi secara singkat dari sekelompok fakta atau gejala itu.

Sedangkan menurut Umar (2004:51) konsep adalah sejumlah teori yang berkaitan dengan suatu objek. Konsep diciptakan dengan menggolongkan dan mengelompokkan objek-objek tertentu yang mempunyai ciri-ciri yang sama.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa #teori dan konsep merupakan serangkaian pernyataan yang saling berhubungan yang menjelaskan mengenai sekelompok kejadian/peristiwa dan merupakan suatu dasar atau petunjuk didalam melakukan suatu penelitian, dimana teori dan konsep tersebut dapat memberikan gambaran secara sistematis dari suatu fenomena.

Daftar Pustaka

Sugiyono Prof, Dr. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Bandung : Cv. Alfa Beta.
Umar, Husein. 2004. Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mardalis, 2003. Metode Penelitian Kualitatif (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta : Bumi Aksara.
Koentjarajingrat. 1997. Metode-metode Penelitian Masyarakat/Redaksi Koentjaraningrat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Loading...
Loading...