Loading...

Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer

Loading...
Atmosfer adalah pokok pembahasan utama yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan tentang atmosfer yang akan di bahas didalam materi pelajaran Geografi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian Atmosfer.
2. Sifat Fisik Atmosfer.
3. Manfaat Atmosfer.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui apa itu atmosfer, apa saja sifat fisik atmosfer dan apa manfaat dari atmosfer serta menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer

Pengertian atmosfer

Bumi yang sedang kita tempati ini tidak hanya terdiri atas lapisan-lapisan yang membentuk permukaan bumi, akan tetapi juga dikelilingi dan diselubungi oleh lapisan-lapisan gas. Lapisan-lapisan gas tersebutlah yang dinamakan dengan Atmosfer. Sehingga definisi atmosfer adalah gabungan dari berbagai gas yang berlapis-lapis dan tidak berwarna.

Fungsi atmosfer bukan hanya penting sebagai penyedia oksigen yang berguna untuk pernafasan makhluk hidup, melainkan juga sangat penting untuk sarana transportasi udara, komunikasi, mempengaruhi keadaan cuaca dan iklim, serta menjadi pelindung bumi dari benda-benda luar angkasa.

Sifat-sifat fisik atmosfer

Unsur gas utama pembentuk atmosfer terdiri atas oksigen dan nitrogen. Secara umum, terdapat tiga jenis gas yang membentuk atmosfer. Adapun #3 jenis gas yang membentuk atmosfer yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Udara kering
Udara kering adalah gas tanpa air dan aerosol yang mencakup 96% dari volume atmosfer. Adapun didalam udara kering ini kemudian dibagi lagi menjadi dua macam jenis yaitu gas utama dan gas penyerta.

2. Uap air yang kandungannya dalam atmosfer berbeda disetiap wilayah di muka bumi.
3. Aerosol
Aerosol adalah partikel halus dari bahan padat di bumi yang memiliki massa ringan, sehingga dapat tertiup naik ke lapisan atmosfer. Bahan-bahan aerosol tersebut adalah antara lain yakni seperti :

a. Debu
b. Garam
c. Abu
d. Asap dan
e. Mikroorganisme

Manfaat atmosfer

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari atmosfer yakni sebagai berikut :

1. Menjaga temperatur bumi.
2. Menyaring sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet yang dapat berbahaya bagi makhluk di muka bumi.
3. Melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi karena tarikan gaya gravitasi.
4. Sebagai sumber gas dan uap air pembuat hujan.
5. Sebagai pemantul gelombang radio yang digunakan dalam proses telekomunikasi.
6. Penyedia oksigen di alam yang berfungsi sebagai sumber gas untuk pernafasan makhluk hidup.

Lapisan atmosfer mengandung banyak gas yang mana, kandungan gas tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan. Adapun gas yang dimaksud adalah seperti :

1. Nitrogen (N2) dimana jumlahnya paling banyak yaitu hampir empat per lima bagian atmosfer.
2. Oksigen (O2).
3. Karbon Dioksida (CO2).

Menurut perubahan suhu dan ketinggiannya, atmosfer kemudian dikelompokan menjadi empat lapisan utama. Adapun #4 lapisan utama pada atmosfer adalah yakni sebagai berikut :

1. Troposfer
Lapisan troposfer adalah lapisan terbawah dari atmosfer.

2. Stratosfer
Lapisan stratosfer adalah lapisan yang terletak diatas troposfer. Stratosfer dikenal sebagai lapisan yang mengandung Ozon (O3) yang berperan sangat penting dalam melindungi makhluk hidup dari radiasi gelombang pendek matahari (ultraviolet) yang berbahaya.

Ozon (O3) adalah gas yang sangat aktif dan merupakan bentuk lain dari oksigen. Gas ozon ini terdapat pada ketinggian antara 20 km sampai 30 km. Ozon dapat menyerap radiasi ultraviolet yang mempunyai energi besar dan berbahaya bagi tubuh manusia.

3. Mesosfer
Lapisan mesosfer adalah lapisan yang terletak diatas stratopause sampai ketinggian 80 km. Pada bagian puncaknya, suhu bisa mencapai -900 derajat Celcius dan kebanyakan meteor terbakar pada lapisan ini.

4. Termosfer (Ionosfer)
Lapisan termosfer atau disebut juga ionosfer adalah lapisan dengan konsentrasi elektron bebas. Ionosfer dikenal sebagai lapisan yang mampu memantulkan gelombang radio sehingga penting bagi komunikasi radio jarak jauh.
Loading...
Loading...