Loading...

Pengertian Pendekatan Inkuiri Menurut Para Ahli / Pakar

Loading...
Pengertian pendekatan inkuiri (enquire atau enquirymenurut para ahli adalah pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Arti pendekatan yang dimaksud adalah suatu konsep dasar yang mewadahi atau menempatkan, menginsipirasi, menguatkan, dan serta melatari (background) metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.

Adapun pokok utama yang akan di bahas didalam materi psikologi belajar tentang pendekatan inkuiri yakni sebagai berikut :

1. Pengertian Inkuiri.
2. #3 Asumsi Dasar Model Inkuiri.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui Pengertian Pendekatan Inkuiri Menurut Para Ahli / Pakar Dan #3 Asumsi Dasar Model Inkuiri, serta menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Pengertian Pendekatan Inkuiri Menurut Para Ahli / Pakar

Pengertian Inkuiri

Kata inkuiri berasal dari bahasa inggris yakni "to inquire". Adapun makna inkuiri didalam Oxford Dictionary yakni "enquire atau enquiry" yang berarti ask somebody for about something, request for information about something, investigation, dan atau act of asking question or collecting information about something or somebody".

Sehingga arti inkuiri didefinisikan sebagai suatu proses kegiatan bertanya dan kemudian mencari tahu bagaimana jawaban atas pertanyaan ilmiah yang telah diajukan.
Baca ini #5 Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli / Pakar
Model pendekatan inkuiri awalnya dikembangkan oleh Richard Suchman pada tahun 1962, ia memandang bahwa hakikat belajar yakni sebagai suatu latihan berpikir dengan melalui pertanyaan-pertanyaan. Beliau juga mengemukakan bahwa inti dari ide model pendekatan inkuiri terdapat tiga model.

Adapun #3 model pendekatan inkuiri menurut Richard Suchman (dalam Sitiatava Rizema Putra, 2013: 84)  adalah sebagai berikut :

a. Siswa akan bertanya (inquire) jika dihadapkan dengan suatu masalah yang dapat membingungkan, kurang jelas, dan atau kejadian-kejadian aneh (discrepant event).
b. Siswa memiliki kemampuan untuk menganalisis strategi berpikirnya.
c. Strategi berpikir dapat diajarkan dan ditambahkan kepada siswa, serta inkuiri dapat lebih bermakna dan efektif apabila dilakukan dalam konteks kelompok.

Adapun definisi inkuiri menurut pendapat Schmidt (dalam Amri dan Ahmadi 2010) yang mengartikan bahwa, inkuiri adalah suatu proses untuk mendapatkan informasi dengan cara melakukan observasi dan atau eksperimen guna mencari jawaban maupun memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis.

Kemudian berdasarkan pengertian inkuiri dari National Science Education Standards /NSES (dalam Sitiatava Rizema Putra, 2013: 85-86) mendefinisikan arti inkuiri adalah sebagai aktivitas beraneka ragam yang meliputi Observasi, Membuat pertanyaan dan memeriksa buku-buku atau sumber informasi lain untuk melihat sesuatu yang telah diketahui, Merencanakan investigasi, Memeriksa kembali sesuatu yang sudah diketahui menurut bukti eksperimen, Menggunakan alat untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data, mengajukan jawaban, penjelasan, dan prediksi, serta mengomunikasikan hasil.

Lebih lanjut pendapat mengenai penggunaan metode inkuiri oleh Blosser (dalam Sitiatava Rizema Putra 2013: 91) yang mengemukakan bahwa alasan rasional penggunaan metode inkuiri yaitu siswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai sains, dan lebih tertarik terhadap sains jika dilibatkan secara aktif dalam “melakukan” sains. Adapun investigasi yang dilakukan oleh siswa merupakan tulang punggung metode inkuiri. Investigasi ini difokuskan untuk memahami konsep-konsep sains dan meningkatkan keterampilan proses berpikir ilmiah siswa. Dan, diyakini bahwa pemahaman konsep merupakan hasil dari proses berpikir ilmiah tersebut.

Pengajaran berdasarkan metode pendekatan inkuiri adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa dimana kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan di dalam suatu prosedur dan struktur kelompok yang digariskan secara jelas (Oemar Hamalik, 2012:63).

Dari beberapa pengertian inkuiri tersebut, dapat disimpulkan bahwa inkuiri merupakan suatu proses untuk memperoleh informasi melalui observasi atau eksperimen untuk memecahkan suatu masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis. Alasan penggunaan metode inkuiri adalah dengan menemukan sendiri tentang konsep yang dipelajari, siswa akan lebih memahami ilmu, dan ilmu tersebut akan bertahan lama. 

#3 Asumsi Dasar Model Inkuiri

Apa yang dimaksud dengan model pembelajaran ?
Pengertian model pembelajaran adalah suatu bentuk/macam pembelajaran yang sifatnya ter-gambar mulai awal hingga akhir yang selanjutnya disajikan oleh guru di kelas dengan cara khas/tertentu. Pada model pembelajaran berisikan dengan hal-hal seperti :

a. Strategi pencapaian kompetensi peserta didik dengan pendekatan
b. Metode
c. Teknik pembelajaran

Kemudian yang dimaksud dengan teknik adalah suatu cara yang sifatnya kongkret yang digunakan pada saat proses kegiatan pembelajaran (belajar-mengajar) sedang berlangsung. Dalam hal ini, seorang guru boleh untuk menggonta-ganti teknik walau masih berada pada koridor jenis/metode yang sama. Sehingga satu metode bisa untuk di aplikasikan dengan berbagai teknik pembelajaran.
Baca juga Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Dibawah ini adalah asumsi-asumsi yang mendasari model inkuiri adalah sebagai berikut :

1. Keterampilan berpikir kritis dan berpikir deduktif sangat diperlukan pada waktu mengumpulkan evidensi yang dihubungkan dengan hipotesis yang telah dirumuskan oleh kelompok.
2. Keuntungan para siswa dari pengalaman-pengalaman kelompok dimana mereka berkomunikasi, berbagi tanggung jawab, dan bersama-sama mencari pengetahuan.
3. Kegiatan-kegiatan belajar yang disajikan dalam semangat berbagi inkuiri dan diskoveri menambah motivasi dan memajukan partisipasi aktif. (Oemar Hamalik, 2012:64).

Baca juga ini Tujuan Belajar Menurut Para Ahli / Pakar

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Pendekatan Inkuiri Menurut Para Ahli / Pakar Dan #3 Asumsi Dasar Model Inkuiri.

Daftar Pustaka

Amri, Sofyan dan Ahmadi, Lif Khoiru. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.
Sitiatava, Rizema Putra. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Oemar, Hamalik. 2012. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Loading...
Loading...