Loading...

Pengertian Perusahaan, Jenis Perusahaan Serta Faktor Pendirian Perusahaan

Loading...
Perusahaan adalah adalah pokok pembahasan utama yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan tentang perusahaan yang akan dibahas didalam materi pelajaran Ekonomi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian perusahaan.
2. Syarat-syarat perusahaan.
3. Jenis dan type perusahaan.
4. Faktor-faktor dalam pendirian perusahaan.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui pengertian perusahaan, syarat-syarat perusahaan, jenis-jenis perusahaan dan type model perusahaan serta faktor-faktor dalam mendirikan perusahaan yang wajib diketahui  dan menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Pengertian Perusahaan Dan Jenis Perusahaan Serta Faktor Pendirian Perusahaan
Perusahaan

Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah suatu organisasi atau lembaga yang menggabungkan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang atau jasa. Berdasarkan dari arti perusahaan tersebut maka dapat dijelaskan bahwa suatu organisasi disebut perusahaan apabila memenuhi syarat-syarat yang diantaranya seperti yang akan dijelaskan berikut dibawah.

Syarat-Syarat Perusahaan

Suatu organisasi dapat dikatakan perusahaan apabila telah memenuhi akan syarat-syarat dari sebuah perusahaan. Berikut ini adalah syarat-syarat perusahaan yakni seperti :

1. Bentuk kepemilikan yakni dapat dimiliki satu orang atau beberapa orang.
2. Ada pengolahan atau penggabungan faktor-faktor produksi.
3. Ada tempat yang berupa pabrik, bengkel dan atau sebidang tanah.
4. Bertujuan menghasilkan barang dan atau jasa.

Jenis-Jenis Perusahaan

Didalam suatu perusahaan terdapat bermacam-macam jenis dan type perusahaan sesuai dengan bidang yang dikerjakan. Berikut ini akan di jelaskan jenis-jenis perusahaan dan type perusahaan sesuai dengan bidang yang dikerjakan, yakni seperti berikut :

1. Perusahaan Ekstraktif
Perusahaan ekstraktif adalah suatu perusahaan yang bergerak pada bidang pencarian bahan yang disediakan oleh alam.

2. Perusahaan Agraris
Perusahaan agraris adalah suatu perusahaan yang proses kegiatannya mengolah tanah untuk memproduksi hasil-hasil bumi yang berguna bagi masyarakat.

3. Perusahaan Perdagangan (Perniagaan)
Perusahaan perdagangan atau disebut juga dengan perusahaan perniagaan adalah suatu perusahaan yang bergerak pada bidang tukar-menukar dan atau jual-beli barang.

4. Perusahaan Industri
Perusahaan industri adalah suatu perusahaan yang mengubah bentuk bahan mentah dan kemudian mengolah bahan mentah tersebut menjadi barang jadi atau barang setengah jadi.

5. Perusahaan Jasa
Perusahaan jasa adalah suatu perusahaan yang bergerak pada bidang pelayanan jasa (service) kepada konsumen, klien, dan atau langganan dengan memiliki tujuan agar dapat memperoleh pendapatan berupa imbalan jasa.

Faktor-Faktor Dalam Pendirian Perusahaan

Dibawah ini adalah beberapa faktor-faktor yang harus di pertimbangkan sebelum mendirikan sebuah perusahaan. Adapun faktor-faktor tersebut yakni sebagai berikut :

1. Badan hukum dan badan usaha yang akan dipilih.
2. Jenis usaha yang akan dijalankan.
3. Sarana produksi.
4. Pemasaran hasil produksi.
5. Lokasi badan usaha.

Demikian pembahasan mengenai pengertian perusahaan, syarat-syarat berdirinya sebuah perusahaan, jenis-jenis dan type perusahaan serta faktor-faktor yang harus diperhatikan sebelum mendirikan sebuah perusahaan.
Loading...
Loading...