Loading...

Sejarah Kerajaan Kutai (Kerajaan Pertama Dan Tertua Di Indonesia)

Loading...
Kerajaan Kutai adalah pokok pembahasan utama yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel dibawah ini. Dan pertama-tama yang harus anda ketahui bahwa kerajaan kutai adalah kerajaan Hindu yang tertua di negara Republik Indonesia ini. Adapun sub pembahasan tentang sejarah kerajaan kutai yang dibahas didalam materi pelajaran Sejarah yakni sebagai berikut :

1. Sejarah Kerajaan Kutai.
2. Raja-raja Kerajaan Kutai.
3. #14 Benda Bersejarah Peninggalan Kerajaan Kutai.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui sejarah kerajaan kutai, nama-nama raja di kerajaan kutai serta benda bersejarah peninggalan kerajaan kutai  dan menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Sejarah Kerajaan Kutai (Kerajaan Pertama Dan Tertua Di Indonesia)

Sejarah Kerajaan Kutai

Kerajaan kutai berdiri sekitar tahun 400-500 M. Kerajaan kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan ini terletak di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Informasi mengenai kerajaan ini diperoleh dari 7 prasasti yang disebut Yupa.

Berbentuk Menhir atau Tiang Batu yang ditemukan di Muarakaman tepi Sungai Mahakam. Tujuh prasasti atau yang disebut dengan Prasasti Yupa ini menggunakan bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa yang diperkirakan ditulis pada 400 M.

Yupa adalah tugu batu untuk upacara persembahan penganut animisme. Dari ke 7 prasasti (prasastu Yupa) tersebut dapat diketahui tentang silsilah, tempat sedekah dan macam-macam sedekah yang lain, seperti wijen, malai bunga, lampu dan lain-lain.

Raja-raja Kerajaan Kutai

Raja pertama yang memerintah Kutai bernama Kudungga. Raja Kudungga memiliki putra bernama Aswawarman. Aswawarman memiliki putra yang bernama Mulawarman. Dilihat dari nama, Kudungga bukanlah nama Hindu, tetapi nama Indonesia asli. 

Nama Aswawarman dan Mulawarman adalah nama-nama berbau Hindu. Warman berarti pakaian perang. Penambahan nama itu diberikan dalam upacara penobatan raja secara agama Hindu. Keluarga Kudungga melakukan upacara Vratyastoma, yaitu upacara Hindu untuk penyucian diri sebagai syarat masuk pada kasta Kesatria. 

Berdasarkan nama dan gelar yang disandangnya, kerajaan Kutai yang bercorak Hindu berawal dari pemerintahan Aswawarman. Sedangkan agama yang dianut oleh Mulawarman adalah Hindu aliran Syiwa.

Hal tersebut dapat diketahui dari salah satu Prasasti Yupa yang menyebut tempat dalam tanah yang sangat suci yang diberi nama Waprakeswara. Waprakeswara adalah suatu tempat suci untuk memuja Dewa Syiwa.

#14 Peninggalan Kerajaan Kutai

Berikut ini adalah barang-barang peninggalan kerajaan kutai yang masih ada hingga saat ini. Adapun #14 peninggalan benda bersejarah kerajaan Kutai yakni sebagai berikut :

1. Prasasti Yupa.
2. Ketopong Sultan.
3. Kalung Ciwa.
4. Kalung Uncal.
5. Kura-kura Emas.
6. Pedang Sultan Kutai.
7. Tali Juwita.
8. Keris Bukit Kang.
9. Kelambu Kuning.
10. Singgasana Sultan.
11. Meriam.
12. Tombak Kerajaan Majapahit.
13. Keramik Kuno Tiongkok.
14. Gamelan Gajah Prawoto.

14 benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan Kutai itulah hingga saat ini dapat di temui pada museum Tenggarong (disebut Tangga Arung).

Demikian pembahasan mengenai sejarah Kerajaan Kutai, kerajaan pertama dan kerajaan Hindu tertua di Indonesia.
Loading...
Loading...