Loading...

Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya

Loading...
Sungai dan danau adalah pokok pembahasan utama yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan tentang sungai dan danau yang akan di bahas didalam materi pelajaran Geografi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian sungai.
2. Jenis-jenis sungai.
3. Manfaat sungai.
4. Pengertian danau.
5. Jenis-jenis danau.
6. Manfaat danau.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui pengertian sungai dan danau, apa saja jenis-jenis sungai dan danau serta manfaat sungai dan danau serta menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya
Sungai

Pengertian Sungai


Sungai yaitu aliran air alami yang membawa air dari pegunungan ke lautan. Sungai dapat mengubah permukaan daratan serta mengukir lembah dan jurang sepanjang lapisan batuan yang dilewatinya. Sungai mengalir secara perlahan dan berkelok-kelok membentuk meander. Ketika mencapai laut, sungai melepaskan endapannya yang terakhir disepanjang delta.

Jenis-Jenis Sungai

Berdasarkan keadaan airnya, sungai dibedakan menjadi 2 jenis yakni sebagai berikut :
1. Sungai permanen
Sungai permanen adalah sungai yang airnya mengalir terus-menerus sepanjang tahun, biasanya tidak terpengaruh oleh pergantian musim.
2. Sungai periodik
Sungai periodik adalah sungai yang airnya hanya mengalir ketika musim hujan. Jadi, sungai ini sangat dipengaruhi oleh pergantian musim.

Berdasarkan sumber airnya, sungai dibedakan menjadi 3 jenis yakni sungai hujan, sungai gletser, dan sungai campuran.
1. Sungai hujan
Sungai hujan adalah sungai yang bersumber airnya berasal dari air hujan. Di Indonesia sebagian besar sungainya adalah sungai hujan karena curah hujan di indonesia sangat tinggi.
2. Sungai gletser
Sungai gletser adalah sungai yang sumber airnya berasal dari es yang mencair. Sungai gletser ini biasanya banyak terdapat di daerah kutub.
3. Sungai campuran
sungai campuran adalah sungai yang sumber airnya berasal dari campuran air hujan dan salju yang mencair.

Manfaat Sungai

Sungai sangat berguna bagi kehidupan seluruh makhluk hidup dimuka bumi. Adapun manfaat dan fungsi sungai diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Untuk perikanan dan juga tambak air tawar.
2. Irigasi untuk pertanian sawah dan sebagainya.
3. Dapat berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
4. Sarana transportasi air.
5. Dapat juga digunakan sebagai sarana rekreasi atau hiburan.

Danau

Pengertian Danau

Danau adalah genangan air yang luas dan dikelilingi daratan. Beberapa danau sangat besar sehingga dinamakan laut pedalaman. Air danau biasanya segar dan tidak asin. Namun di beberapa danau, banyak air yang menguap ketika terkena panas matahari sehingga air yang tersisa terasa sangat asin. Danau pedalaman yang paling asin adalah Danau Laut Mati.

Jenis-Jenis Danau

Danau erosi terbentuk apabila air terkumpul dalam sebuah lubang yang terbentuk karena pengikisan batu oleh gletser maupun karena gesekan angin di gurun. Sementara, danau kawah terbentuk ketika air hujan terkumpul di puncak gunung berapi yang telah mati.

Selain itu, sebuah danau terbentuk ketika lava menghalangi aliran sungai, Contohnya Laut Galillee di israel. Danau juga dapat terbentuk di daerah lapisan kerak bumi merekah dan air mengalir ke dalamnya.

Berdasarkan proses terjadinya, danau dibedakan menjadi 6 yakni sebagai berikut :
1. Danau tektonik
Danau tektonik adalah danau yang terjadi akibat proses tektonisme. Contoh danau tektonik adalah danau Towuti dan danau Tempe.

2. Danau Vulkanik
Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk akibat proses vulkanisme atau terjadinya letusan gunung berapi. Contoh danau vulkanik adalah danau Gunung Kelud dan danau Gunung Lamongan.

3. Danau Tektovulkanik
Danau tektovulkanik adalah danau yang terbentuk akibat proses tektonisme dan vulkanisme. Contoh danau tektovulkanik adalah danau Toba.

4. Danau Kast
Danau kast adalah danau yang terbentuk pada daerah batuan kapur.

5. Danau Glasial
Danau glasial adalah danau yang terbentuk akibat proses pengikisan permukaan bumi oleh salju yang mencair.

6. Danau Buatan
Danau buatan adalah danau yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan tertentu. Contoh danau buatan adalah Waduk Jati Luhur.

Manfaat Danau

Danau juga memiliki fungsi yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Adapun manfaat dan fungsi danau, adalah sebagai berikut :

1. Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
2. Untuk irigasi atau pengairan pertanian masyarakat.
3. Untuk perikanan atau tambak air tawar.
4. Bisa juga dimanfaatkan untuk sarana rekreasi atau hiburan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, jenis serta manfaat dari sungai dan danau.
Loading...
Loading...