Loading...

Gagasan Kreativitas Dan Inovasi Dalam Tindakan Ekonomi

Loading...
Gagasan kreativitas dan inovasi dalam tindakan ekonomi adalah pokok pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel dibawah. Hal-hal yang akan dijabarkan didalam pembahasan tentang Kreativitas dan Inovasi didalam materi pelajaran Ips-Ekonomi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian kreativitas.
2. Pengertian inovasi.
3. Perbedaan inovasi dan kreativitas.
4. Ciri-ciri kreativitas.
5. Cara memunculkan gagasan kreatif.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui pengertian kreativitas, pengertian inovasi, perbedaan antara kreativitas dan inovasi, ciri-ciri kreativitas dan cara memunculkan gagasan kreatif serta dapat menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Gagasan Kreatif Dalam Tindakan Ekonomi

Pengertian kreativitas

Definisi kreativitas (creativity) adalah kemampuan seseorang dalam mengembangkan, mencipta dan berkreasi untuk menghasilkan ide kreatif dan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang (thinking new things). Ada #2 unsur yang terkandung di dalam kreativitas, unsur tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Keterampilan menunjukkan kemampuan menghasilkan sejumlah gagasan pemecahan masalah secara lancar dan cepat.
2. Keluwesan yang mengacu pada kemampuan menemukan gagasan yang berbeda dan luar biasa dalam memecahkan suatu masalah.

Apa yang dimaksud dengan inovasi (innovation) ? dan apa perbedaan antara kreatifitas dengan inovasi ?

Seringkali kita bingung membedakan antara inovasi dan kreativitas. Pengertian inovasi dapat didefinisikan/diartikan sebagai sebuah hasil dari kreativitas yang sudah diterima oleh masyarakat atau bernilai secara ekonomis.

Sudah jelas sekali bukan, apa perbedaan antara inovasi dan kreativitas. Kreativitas adalah jantung dari sebuah inovasi. Tanpa adanya suatu kreativitas, maka tidak akan ada inovasi. Dan sebaliknya, dengan semakin tingginya suatu kreativitas, maka jalan menuju ke arah suatu inovasi juga akan semakin lebar.

Inovasi dan manfaatnya dalam kehidupan

Suatu inovasi akan membawa manfaat besar bagi masyarakat, adapun manfaat inovasi dalam kehidupan antara lain sebagai berikut :
1. Dapat mengembangkan kegiatan ekonomi.
2. Menemukan cara yang baru dan lebih baik untuk memecahkan masalah.
3. Dapat meningkatkan pengetahuan.

Ciri-ciri kreativitas

Untuk menjadi orang yang kreatif, tidak perlu memiliki bakat khusus karena kreativitas seseorang merupakan kekuatan yang mengarahkan manusia kepada pengungkapan dirinya menjadi seorang yang kreatif. Orang yang kreatif biasanya memilki ciri-ciri yakni sebagai berikut seperti yang akan dijelaskan dibawah.

Ciri-ciri orang kreatif

Dibawah ini adalah terdapat #7 ciri-ciri orang yang kreatif, yakni antara lain sebagai berikut :
1. Memiliki keinginan untuk mengetahui sesuatu hal dengan cara meneliti dan mengamati.
2. Memiliki pemikiran yang jauh ke masa depan.
3. Tanpa pamrih dan pantang menyerah.
4. Terbuka terhadap pengalaman baru.
5. Berani mengemukakan pendapat yang lebih rasional dan inovatif.
6. Berfikir fleksibel, semangat, aktif dan berdedikasi dalam melaksanakan tugas dan berani.
7. Belajar dengan kegagalan dan pengalaman orang lain.

Cara-cara memunculkan gagasan kreatif

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memunculkan gagasan kreatif, yaitu dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut:

a. Kuantitas gagasan
Teknik-teknik kreatif dalam berbagai tingkatan, keseluruhannya bersandar pada pengembangan sejumlah gagasan. Kecendrungan manusia mendapatkan gagasan, pemecahan atau penjelasan merupakan kerugian besar bagi proses kreativitas.

Jika masalahnya kecil, seperti makanan apa yang dihidangkan untuk makan siang, pendekatannya mungkin tepat. Akan tetapi, jika masalahnya besar, ketika seseorang perlu mendapatkan pemecahan baru dan orisinal, maka ia membutuhkan banyak gagasan untuk dipilih.

b. Teknik brainstorming
Teknik brainstorming adalah salah satu cara yang banyak digunakan, tetapi juga merupakan teknik pemecahan kreatif yang tidak banyak dipahami. Teknik brainstorming adalah kegiatan menghasilkan gagasan dan berusaha mengatasi segala hambatan dan kritik.

c. Memfokuskan pada tujuan akhir
Dr. Maxwell dalam bukunya psycho cybernetics menguraikan sebuah metode untuk mencapai hasil yang diharapkan secara kreatif. Buku tersebut menguraikan pengalaman membentuk pola reaksi baru yang otomatis melalui imajinasi. Caranya, berbuat seolah-olah apa yang diinginkan akan terjadi besok atau telah terjadi saat ini. Jika proses itu dilakukan secara berulang-ulang, pikiran anda akan terpusat kearah tujuan yang dicapai.


Kreativitas dan inovasi dalam kehidupan ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu inti masalah ekonomi adalah adanya keterbatasan sumber daya ditengah banyaknya kebutuhan manusia. Inti masalah ekonomi ini dikenal dengan istilah kelangkaan (scarcity) karena adanya kelangkaan tersebut mendorong seseorang untuk kreatif dan inovasi dalam menentukan pilihannya.

Dalam melakukan kegiatan ekonomi, manusia sebagai pelaku ekonomi dibagi menjadi tiga macam, #3 pelaku ekonomi yaitu seperti berikut :

1. Ada yang bertindak sebagai produsen
Seorang produsen yang ingin eksis ditengah persaingan yang ketat, ia harus mampu berfikir kreatif dan bertindak inovatif, baik ketika mendapatkan faktor-faktor produksi maupun dalam menciptakan produk barang atau jasa yang berkualitas.
Baca ini Kegiatan Produksi Dalam Ekonomi
2. Ada yang bertindak sebagai distributor
Begitu pun dengan seorang distributor, ia harus kreatif dan inovatif dalam mendistribusikan produk hasil produsen supaya sampai kepada konsumen sebanyak-banyaknya sehingga meraih keuntungan.
Baca ini Kegiatan Distribusi Dalam Ekonomi
3. Ada yang bertindak sebagai konsumen
Seorang konsumen pun harus kreatif dan inovatif dalam memilih barang dan jasa yang murah dan berkualitas sehingga selain kebutuhannya terpenuhi, ia pun dapat efisien dalam pengeluarannya.
Baca ini Kegiatan Konsumsi Dalam Ekonomi
Demikian pembahasan mengenai gagasan kreativitas dan inovasi dalam tindakan ekonomi.
Loading...
Loading...